Masih Ada 2 Tol Trans Sumatra yang Akan Beroperasi Tahun Ini

09/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Masih Ada 2 Tol Trans Sumatra yang Akan Beroperasi Tahun Ini
Menyusul beroperasinya jalan Tol Pekanbaru-Dumai, PT Hutama Karya (Persero) bakal mengoperasikan dua ruas baru Tol Trans Sumatra sebelum akhir tahun 2020.

Mega proyek jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) masih jauh dari kata selesai. Masih ada ribuan kilometer yang tengah dikerjakan. Namun demikian, progres yang dicapai terus menunjukkan peningkatan. Yang terbaru jalan Tol Pekanbaru-Dumai resmi beroperasi. Presiden Joko Widodo meresmikan buatan Hutama Karya tersebut secara virtual pada Jum’at 25 September 2020 dari Istana Kepresidenan Bogor.

2 Tol baru segera beroperasi

Peresmian Tol Pekanbaru-Dumai membuat Tol Trans Sumatra bertambah panjang 131,5 kilometer. Namun itu belum selesai. PT Hutama Karya (HK) menargetkan 2 tol lagi beroperasi sebelum akhir tahun. Yaitu Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) sepanjang 4 km dan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) sepanjang 16 km.

Foto saat Peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai secara virtual oleh Presiden Joko Widodo, 25 September 2020

Tol Pekanbaru-Dumai, jalan tol pertama di Provinsi Riau resmi beroperasi

"Proyek jalan tol Trans-Sumatra yang segera dioperasikan yakni ruas Medan-Binjai Seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia sepanjang 4 kilometer," tutur Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan kepada media, (7/10/2020).

>>> Fakta Menarik Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Tol Medan-Binjai

Jalan Tol Medan-Binjai salah satu jalan tol di Provinsi Sumatra Utara. Panjangnya mencapai 16,8 km membentang dari Kota Medan ke Kota Binjai. Di ujung barat tersambung dengan Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (disingkat Jalan Tol Belmera). Sedangkan di ujung timur keluar di Kota Binjai. Untuk memudahkan warga disediakan beberapa Simpang Susun (SS), yaitu SS Tanjung Mulia, Ramp Marelan, SS Helvetia, SS Semayang, dan SS Binjai.

Jalan tol ini beroperasi mulai 13 Oktober 2017 bersamaan dengan peresmian Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi oleh Presiden Joko Widodo. Meski demikian, belum sepenuhnya ruas beroperasi karena beberapa kendala. Untuk tol yang direncanakan beroperasi yaitu Seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) sepanjang 4 km.

Foto menunjukkan Gerbang Tol Binjai

Jalan Tol Medan-Binjai belum beroperasi seluruhnya

Tol Sigli-Banda Aceh

Tol Sigli-Banda Aceh jalan tol pertama di Provinsi Aceh. Panjangnya 74 km membentang dari Kota Sigli sampai Kota Banda Aceh. Proses pembangunannya terbagi menjadi 6 Seksi, yaitu:
Seksi 1 (Padang Tiji-Seulimeum) sepanjang 24,3 km, Seksi 2 (Seulimeum-Jantho) sepanjang 7,6 km, Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) sepanjang 16 km, Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) sepanjang 13,5 km, Seksi 5 (Blang Bintang-Kuta Baro) sepanjang 7,7 km, dan Seksi 6 (Kuta Baro-Baitussalam) sepanjang 5 km.

Pada 25 Agustus 2020 Presiden meresmikan ruas pertama jalan Tol Sigli-Banda Aceh, yaitu Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang. Sedangkan yang tengah disiapkan untuk beroperasi sebelum akhir tahun yaitu Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) sepanjang 16 km.

>>> Tinggal di Aceh, Cari dan temukan mobil favoritmu di sini!

Foto salah satu Simpang Susun Tol Sigli-Banda Aceh

Presiden Jokowi sudah meresmikan jalan Tol Trans Sumatra ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Mana Lebih Tua, Jalan Tol di Sumatra atau Tol di Jawa

12/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Banyak jalan tol baru dibangun dan diresmikan di berbagai wilayah di Indonesia. Lantas, mana yang lebih tua, jalan tol di Sumatra atau jalan tol di Jawa?

Lihat juga

Masih Ada 641 Km Tol Trans Sumatra Yang Tengah Digarap HK

27/09/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Hutama Karya sudah mengoperasikan 514,5 Km jalan tol Trans Sumatra. Dan sekarang masih ada 641 Km tol lagi yang tengah dalam tahap konstruksi. Ini daftarnya!

Lihat juga

Jalan Tol di Pulau Sumatra Sudah Beroperasi Sepanjang 648 Km

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat hingga akhir Agustus 2020 jalan tol di pulau Sumatra yang telah beroperasi mencapai 648 km.

Lihat juga

Progres Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B Capai 95,11%

06/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melaporkan progres pembangunan jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B (Jakabaring-Keramasan) telah mencapai 95,11 persen.

Lihat juga

Tata Tertib Berkendara di Jalan Tol Manado-Bitung

05/10/2020

Pengemudian

3 menit

Pengendara yang mau berkendara di jalan Tol Manado-Bitung sebaiknya memperhatikan dengan seksama ketentuan serta mekanisme pembayaran tarif tol yang berlaku.

Lihat juga
 
back to top