Gegara Main HP, Dump Truck Banting Setir dan Lindas Kepala Patwal

28/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebuah kecelakaan nahas baru saja terjadi melibatkan sebuah dump truck yang diduga main HP membanting setir hingga melindas kepala petugas pengawalan.

Kecelakaan nahas baru saja dialami oleh polisi pengamanan dan pengawalan saat sedang bertugas. Dalam informasi yang beredar melalui aplikasi pesan singkat, petugas polisi anggota pengawalan motor Iptu Dwi Setiawan mengalami kecelakaan hingga kepalanya terlindas oleh ban belakang dump truck

>>> Mantan Bos Garansindo Tanggapi Investigasi Jeep Grand Cherokee Miliknya

Sopir Dump Truck Diduga Main HP

Diakui kenek dump truck, kejadian bermula saat ada kendaraan yang tiba-tiba mengurangi laju kecepatan di lajur 3. Saat kejadian, sopir dump truck yang diduga sedang main HP kemudian refleks banting setir ke arah kanan dan menabrak petugas pengawalan hingga akhirnya terjatuh. Kepala dari petugas pengawalan itu pun dilindas oleh ban bagian kanan belakang truck. 

kepala Patwal terlindas

Tampak Patwal sudah dalam kondisi telungkup

Adapun dari kecelakaan tersebut, petugas pengawalan lah yang menjadi korban. Dalam foto yang beredar, tampak petugas pengawal sudah tergeletak dengan posisi tubuh telungkup dan motor terjatuh. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui lebih lanjut sanksi apa yang bakal dikenakan kepada sopir dump truck. 

Tapi satu hal yang perlu digaris bawahi, bermain HP saat sedang menyetir memang amat membahayakan. Sejatinya main HP sambil berkendara memang dilarang sesuai dengan UU No.22 tahun 2009 Pasal 106 ayat 1 yang mengharuskan pengendara menjaga konsentrasinya.

Kalau melanggar ada ancaman denda paling banyak Rp 750.000 atau pidana kurungan paling lama 3 bulan. Sedangkan bila pelanggaran tersebut mengakibatkan kecelakaan dengan korban jiwa maka bisa dikenakan sanksi kurungan maksimal 5 tahun dan denda maksimal Rp 10.000.000.

>>> Setiap Hari Kecelakaan Terjadi di Tol Cipali, Ini Penyebabnya

Bermain HP saat Nyetir Membahayakan

Mengutip laman Nissan Indonesia, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Governors Highway Safety Association (GHSA) Amerika Serikat menyebutkan bahwa menggunakan HP, termasuk seperti menelepon dan SMS, menjadi salah satu penyebab terbesar terjadinya kecelakaan di jalan raya di Amerika Serikat.

Gambar menunjukan wanita menggunakan ponsel saat berkendara

Dibutuhkan konsentrasi penuh saat menyetir

Sebuah penelitian lain juga mengungkapkan bahwa penggunaan HP saat mengendarai mobil menjadi satu dari empat penyebab kecelakaan lalu lintas yang umumnya terjadi di dunia.

Bahkan mengemudi sambil menggunakan HP ini disebut lebih berbahaya daripada menyetir dalam kondisi mabuk. Itu belum termasuk kegiatan menelepon selagi mengemudi yang menyebabkan hingga 23% kecelakaan terjadi

Sebuah penemuan dari beberapa penelitian menyebutkan, kondisi otak ketika mengemudi sambil berkendara jadi lamban, seperti kondisi otak manula berusia 70 tahun. Respon terhadap kondisi sekitar kendaraan pun jadi lamban dan tidak efektif. Padahal, kesigapan adalah kunci keamanan selama berkendara.

>>> Wadaw! Ada Toyota Avanza Terbalik di Depan Rumah Makan Padang

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top