MPV Pintu Geser, Mana yang Anda Pilih Antara Freed vs Sienta?

29/08/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Antara Freed vs Sienta keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum Anda menemukan mana yang cocok, simak perbandingan keduanya.

Mobil segmen MPV masih menarik untuk kalangan keluarga Indonesia. Bagaimana tidak, mobil ini menawarkan kapasitas tempat duduk yang banyak, penyimpanan bagasi, fitur canggih berteknologi tinggi, dan yang tak kalah penting harga yang cukup terjangkau.

Untuk pasar mobil MPV pintu geser kelas menengah memang tak begitu banyak. Namun, untuk segmen mobil tersebut, Anda pastinya tak asing dengan Honda Freed dan Toyota Sienta. Keduanya memang kerap dibandingkan, antara Freed vs Sienta manakah yang paling baik diantara dua MPV  ini? Yuk, cari tahu!

Sejarah Honda Freed vs Toyota Sienta

Toyota Sienta pertama kali hadir diperkenalkan ke pasar otomotif Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta pada April 2016 silam. Saat itu, mobil ini diklaim memiliki banyak keunggulan sekaligus melengkapi line up segmen MPV menemani Kijang Innova dan New Avanza.

Freed vs Sienta

Mana yang lebih Anda pilih?

Sementara Honda Freed dibuat untuk pasar Jepang sejak tahun 2008 yang digunakan untuk menggantikan Honda Mobilio yang menggunakan dasar dari Honda Jazz. Honda Freed generasi pertama dipasarkan di Indonesia pada Maret 2009 dan diklaim memiliki kenyamanan setara sedan.

Sayangnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyetop penjualan mobil dengan desain boxy tersebut. Hingga akhirnya hanya Toyota Sienta yang masih dijual resmi di Indonesia saat ini.

>>> Harga Honda Freed Bekas Masih Tinggi, 'Nyerempet' Avanza Baru

Eksterior Honda Freed vs Sienta

Sebelumnya telah disinggung jika Honda Freed vs Sienta memiliki kemiripan dari sisi desain. Keduanya memiliki postur stylish & boxy dengan kombinasi pintu geser. Perbedaannya, jika Toyota Sienta diperkuat garis tajam pada body sehingga memiliki kesan elegan, sementara Honda Freed memiliki desain dan postur lebih simpel, sporty, dan dinamis.

Honda Freed

Honda Freed memiliki desain yang boxy

Sementara dari sisi dimensi, tidak ada perbedaan signifikan di antara kedua mobil ini. Hanya saja Sienta lebih panjang 2 cm, sedangkan Freed lebih lebar 0,5 cm dan lebih tinggi 6,5 cm daripada Sienta. Toyota Sienta memiliki panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.675 mm.

Sementara Honda Freed memiliki dimensi panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.740 mm. Itu artinya, Honda Freed lebih tinggi yang kemungkinannya headroom di kabinnya lebih lega.

Interior Freed vs Sienta

Beralih ke bagian interior Honda Freed vs Toyota Sienta. Honda Freed menawarkan kabin yang lapang berkat desain dashboard yang berlapis dan akses antara ruang kabin depan, tengah, dan belakang.

Bagi sebagian banyak orang, tuas transmisi Freed yang berada di dashboard mungkin terasa mengganggu meskipun letaknya terbilang praktis karena mudah dijangkau oleh pengemudi.

Jok Sienta

Bangku Sienta bukan captain seat

Perbedaan signifikan dari interior Freed dan Sienta adalah pada baris kedua. Honda Freed memiliki kursi Captain Seat, sedangkan Toyota Sienta memiliki jok layaknya kursi Avanza yang datar tanpa armrest di tengah dan door trim.

Untuk memasuki kursi baris ketiga, Sienta perlu melipat kursi baris kedua dengan tuas, sedangkan Freed bisa melalui ruang kosong di antara dua captain seat atau dengan men-sliding kursi kedua ke arah depan.

>>> Alternatif Mobil Bekas MPV, Pilih Nissan Grand Livina Atau Honda Freed?

Perbedaan Fitur Honda Freed vs Sienta

Fitur menjadi faktor penentu seseorang membeli sebuah kendaraan. Bukan hanya memiliki pintu geser dan lampu depan LED, Freed atau Sienta mengusung fitur berteknologi modern.

Beberapa fitur keselamatan yang dimiliki Sienta adalah airbag di kabin depan, Hill Start Assist (HAS) yang biasanya hadir untuk mencegah mobil mundur di tanjakan yang umumnya ada di segmen SUV.

Dashboard Sienta

Dashboard New Sienta

Selain itu, ada juga fitur Rear Parking Camera, Vehicle Stability Control, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution, dan BA. Untuk mencegah tindak pencurian, Sienta diperkuat dengan fitur Anti-Theft System. Dan yang tak kalah penting adalah Engine Immobilizer serta teknologi menghidupkan mesin dengan sentuhan tombol.

Fitur Honda Freed memprioritaskan keamanan saat berkendara. Honda Freed mengkombinasikan sistem pengereman ABS, EBD, dan ESS atau Emergency Stop Signal. Mobil ini juga diperkuat dengan teknologi Traction Control System (TCS) dan Vehicle Stability Assist seperti Sienta.

>>> Adu Mobil Keluarga 7-Seater: Honda BR-V Vs Toyota Sienta

Honda Freed vs Toyota Sienta dari Sisi Mesin

Lalu bagaimana perbedaan mesin Freed dan Sienta? Keduanya sama-sama memiliki mesin berkapasitas 1.5 L. Namun, untuk urusan tenaga Honda Freed masih lebih dijagokan daripada Sienta.

Mesin Sienta

Sienta menggunakan mesin 2NR-FE Series Dual VVT-i

Freed menggunakan mesin 1.5 L 4-silinder segaris 16 katup DOHC berteknologi i-VTEC dan i-DCD. Dengan mesin tersebut, mobil mampu meraih tenaga maksimum 117 hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 146 Nm pada 5.000 rpm.

Sedangkan dari sisi mesin, Toyota Sienta menggunakan 2NR-FE Series Dual VVT-I dipadu dengan transmisi CVT berkapasitas 1.500 cc. Mesin mampu mengeluarkan tenaga sebesar 105 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.200 rpm.

Harga Bekas Sienta vs Freed

Tak lengkap rasanya jika tidak membandingkan mobil dari sisi harga. Meskipun sudah disuntik mati sejak tahun 2016, Honda Freed masih memiliki harga jual bekas yang cukup stabil. Tak heran mengingat Freed terjun lebih dulu dan menjadi primadona untuk kelasnya, apalagi Freed tahun 2013 hingga 2015 karena sudah mengalami pembaruan di sistem double blower.

Untuk harga, saat ini Honda Freed tertinggi buatan tahun 2015 berkisar di angka Rp 180-190 jutaan. sementara, harga Sienta bekas tahun 2017 tipe Q dijual lebih rendah, yaitu Rp 165 -170 jutaan. Harga berbeda tergantung dari tahun dan juga kondisi mobil.

Itulah perbedaan Freed vs Sienta. Bisa disimpulkan jika untuk dari sisi desain dan irit bahan bakar, Toyota menjadi pemenangnya. Namun, Freed menjadi mobil MPV yang cukup ideal jika Anda mencari mobil yang terjangkau dengan lebih banyak fitur dan performa lebih tinggi. Semuanya kembali lagi kepada Anda, mobil mana yang akan Anda pilih, Freed atau Sienta?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Mana yang lebih baik Freed atau Sienta?
Baik Freed atau Sienta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, dari sisi mesin, Freed lebih unggul.
Berapa harga bekas Honda Freed?
Saat ini Honda Freed tertinggi buatan tahun 2015 berkisar di angka Rp 180-190 jutaan
Berapa harga bekas Toyota Sienta?
Harga Sienta bekas tahun 2017 tipe Q dijual dengan harga Rp 165-170 jutaan
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top