Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016: Transmisi Manualnya Menyenangkan

26/09/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Tidak hanya mobil keluaran terbaru yang kami tes jalan secara lengkap, mobil yang statusnya sudah used alias bekas juga kami ulas secara mendalam. Tentunya agar Anda sebagai pembaca memahami betul mobil yang Anda incar. Ini adalah salah satu MPV andalan Toyota yang nyaris tak punya rival sebanding di kelasnya, inilah Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016

PENGANTAR Toyota Sienta 2016

Gambar menunjukkan Toyota Sienta 1.5 V MT 2016 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Inilah Toyota Sienta trim tertinggi yang dilengkapi dengan transmisi manual 6 percepatan

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016 - Toyota Sienta lahir di bumi Indonesia tahun 2016. Kehadirannya kala itu bisa dibilang sebagai salah satu most wanted car di Indonesia. Maklum saja, ia hadir dalam paket lengkap. Format MPV, kapasitas kursi 3 baris, pintu geser, fitur melimpah, dan juga pilihan trim yang lengkap dari E hingga Q. Namun, dari sekian banyak trim yang dihadirkan PT Toyota Astra Motor terhadap Sienta. Hanya trim V saja yang hadir sebagai trim termewah dan punya pilihan transmisi manual. So, inilah ulasan kami mengenai Toyota Sienta tipe V dengan transmisi manual tahun 2016.

EKSTERIOR Toyota Sienta 2016

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampilan depan Toyota Sienta 1.5 V MT 2016 berwarna putih

Tampilan depan dari Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016 ini menarik untuk dilihat

Meski versi terbarunya sudah muncul awal bulan September 2019 ini, namun Toyota Sienta sebelum facelift ini tetap masih enak untuk dilihat. Tak heran, karena desain yang terinspirasi dari sepatu kets ini memang timeless. Grill depan memang terlihat seperti muka orang yang cemberut, namun desain seperti itu malah membuat Sienta V ini terlihat unik. Oh ya, lampu depan mobil ini belum mengusung LED headlight seperti tipe Q yang merupakan top of the line.

Gambar menunjukkan Headlamp Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Headlamp Toyota Sienta tipe V ini sudah mengusung proyektor meski masih pakai bohlam halogen biasa

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016  : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampilan samping Toyota Sienta 1.5 V MT 2016 berwarna putih

Melongok ke sisi samping Sienta V ini, aura unik dan tidak biasa semakin mencuat

Lanjut ke bagian samping eksterior Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016 ini, Anda akan semakin menemukan aura unik dan tidak biasa pada mobil ini. Hal tersebut lantaran ukuran pintu yang tidak sama antara pintu depan dengan pintu belakang, lantas dipadukan dengan guratan-guratan membulat di pintu belakang  membuat aura semakin unik mencuat. Pintu geser elektrik ini mampu dibuka hanya melalui sentuhan ringan dari dalam kabin. Nice.

Gambar menunjukkan Ban dan pelek Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Ketebalan dinding ban di Sienta tipe V ini lebih tipis dari tipe G bahkan Q membuat handlingnya lebih menawan

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016  : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang Toyota Sienta 1.5 V MT 2016 berwarna putih

Memang desain bagian buritan Sienta V ini bukan seleras semua orang, namun kami menyukainya

Pada bagian buritan alias bagian belakang dari Toyota Sienta tipe V ini memang bukan selera semua orang. Karena desainnya yang kelewat nyentrik (meski tidak se-ekstrim Nissan Juke). Desain seperti ini dapat menimbulkan pro dan kontra semacam perasaan hate or love. Meski lampu belakangnya tak dilengkapi bohlam LED seperti di tipe Q, namun kami tetap menyukai tampilan belakang dari Toyota Sienta tipe V ini.

Gambar menunjukkan Stoplamp belakang Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Stoplamp belakang untuk tipe V ini mirip dengan tipe lain dibawahnya, karena belum dilengkapi LED seperti tipe Q

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Sienta 2016

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Layout dasbor Sienta tipe V ini selayaknya trim lain yang lebih mahal dan amat praktis

Layout interior adalah salah satu yang menjadi favorit kami. Karena begitu unik desainnya, namun tetap tidak meninggalkan unsur kepraktisan. Ambil contoh seperti glove box yang ada dua buah terletak di depan, lalu ada coin tray di depan tuas transmisi, dan dua buah cup holder yang sanggup menggenggam botol minum 1,5 liter. Tapi, ia hadir bukan tanpa kelemahan, semua bahan dasbor masih full plastik keras dengan motif jahitan plastik yang mengurangi aura kemewahan.

Gambar menunjukkan Kepraktisan kabin Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Laci dengan penutup dua tingkat membuat kepraktisan mobil ini begitu baik

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016  : Kursi

Gambar menunjukkan Kursi Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Kursi baris kedua dan ketiga dengan konsep theatrical seat membuat penumpang tidak terbatas pengelihatannya ke depan

Hal inilah yang membuat Toyota Sienta cukup digemari pada pasar mobil Indonesia. Karena mobil MPV kompak ini sekarang tidak lagi punya rival sebanding dan memiliki kursi 3 baris dengan konsep theatrical seat, dimana bangku baris kedua dan ketiga posisinya lebih tinggi dari kursi depan. Sehingga penumpang di belakang tidak akan merasa kesempitan dan tak terkungkung dalam ruangan. Apalagi sistem pelipatan bangkunya sudah dive in seat membuat ia tetap praktis.

Gambar menunjukkan Dive In Seat Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Sistem pelipatan bangku dive in seat membuatnya praktis ketika hendak digunakan full load

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016  : Bagasi

Gambar menunjukkan Bagasi Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Meski bangku baris ketiga dalam keadaan tegak, namun air kemasan galon dapat dengan mudah masuk ke dalam

Meskipun Sienta V ini memiliki dimensi yang kompak, namun ia mampu menyediakan cukup ruang di bagasi untuk membawa barang yang agak besar. Ambil contoh di Toyota Sienta yang kami gunakan ini, ia mampu membawa air minum dalam kemasan galon saat kursi baris ketiga ditegakkan. Kapasitas bagasinya sudah cukup baik mengingat dimensinya yang kompak.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Sienta 2016

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016  : Pintu Geser Elektrik

Gambar menunjukkan pintu geser elektronik Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Proses keluar masuk penumpang menjadi lebih mudah berkat adanya fitur pintu geser elektrik di Sienta V ini

Fitur pintu geser elektrik ini juga jadi salah satu daya tarik Toyota Sienta di pasar mobil tanah air, tak terkecuali tipe V yang kami sedang coba ini. Sebab ia hadir dengan pintu belakang model geser dan khusus untuk tipe Q, V, dan G sudah dilengkapi dengan tombol buka dan tutup pintu secara elektris. Bedanya, untuk tipe Q dan V kedua pintu belakang sudah bisa digeser secara otomatis, namun tipe G hanya pintu penumpang belakang sebelah kiri saja yang dapat dibuka secara elektrik.

Gambar menunjukkan tombol pintu geser elektrik Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Anda tinggal menekan tombol ini saja ketika hendak membuka atau menutup pintu geser elektriknya

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016  : Push Start Stop Engine Button

Gambar menunjukkan Push Start Stop Engine Button Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Menyalakan dan mematikan mesin menjadi lebih mudah dengan hanya menekan tombol ini

Hidup Anda menjadi lebih mudah sebab tidak harus ribet dengan anak kunci ketika hendak masuk kedalam mobil. Serta untuk menyalakan mesin Anda tinggal perlu menekan pedal kopling saja dan tekan tombol push start stop engine button yang tersedia di bawah kisi AC pengemudi. Maka mesin akan langsung berputar dan Anda tinggal berjalan. Oh ya untuk Sienta yang bertransmisi CVT Anda hanya perlu menginjak pedal rem terlebih dahulu.

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016  : Head Unit

Gambar menunjukkan Head unit Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Head unit yang diusung Toyota Sienta V ini sama persis dengan Toyota Sienta tipe Q 

Head unit yang diusung oleh Toyota Sienta tipe V ini sama persis dengan tipe diatasnya. Dan memiliki kemampuan untuk miracast, memutar file dari USB, iPhone dan Android, menangkap sinyal radio dan input AUX, serta koneksi Bluetooth. Asyiknya, kualitas reproduksi suara yang tersedia dari 6 speaker di mobil ini cukup baik dan suara vokal serta dentuman basnya cukup terasa (dengan setup audio yang tepat tentunya).

>>> Ramai Diperbincangkan, Inikah Spesifikasi Toyota Sienta Facelift di Indonesia?

OPERASI Toyota Sienta 2016

Gambar menunjukkan Mesin 2NR-FE Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Mesin yang sama juga akan Anda temui di Toyota Yaris dan Toyota Vios

Sebelumnya kami sudah pernah mencoba Toyota Sienta dengan transmisi CVT, dan memang terasa halus serta cukup menyenangkan, namun sayangnya kurang menggugah bagi pengemudi antusias. Lantas pada Toyota Sienta yang dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan ini, kami merasa sangat terhibur ketika di jalan. Rasio giginya begitu closed, serta injakan koplingnya enteng, plus pergerakan tuasnya ringan dan presisi membuat ia menyenangkan saat digunakan. Transmisi seperti ini menguntungkan untuk menjaga putaran mesin, karena rasionya rapat-rapat sehingga tenaga dapat terus terjaga optimal. 

Gambar menunjukkan tuas transmisi manual 6 percepatan Toyota Sienta 1.5 V MT 2016

Transmisi manual 6 percepatan di mobil ini begitu menyenangkan!

Namun, bukan semuanya berita baik, di jalan tol, Sienta manual ini lebih boros, karena hanya dapat memperoleh angka 15,9 km/l di tol. Hal itu disebabkan karena rasio gigi yang tergolong closed itu tadi dan bukan berjenis overdrive, maka putaran mesin cenderung tinggi. Bahkan ketika berjalan konstan di kecepatan tinggi. Saat kami melajukan Sienta tipe V ini pada kecepatan 100 km/jam, putaran mesin sudah mencapai 3.000 rpm, coba bandingkan dengan yang menggunakan transmisi CVT, paling putaran mesinnya ada di 2.000 rpm.Tapi, positifnya adalah, akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dapat tuntas dengan 11,8 detik saja.

>>> Komunitas Toyota Sienta Ajarkan Cara Berkendara Aman

spesifikasi Toyota Sienta 2016

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016.

Mesin Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016

Seri Mesin

 2NR-FE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Jumlah Katup

 16 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)

Tenaga Maksimum

 105,5 Hp (107 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 140,24 Nm (14,3 Kgm) @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

 1.496 cc

Bore X Stroke

 72,5 mm X 90,6 mm

Tipe Transmisi

 Manual 6 Percepatan, FWD

Rangka Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.235 mm X 1.695 mm X 1.695 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.750 mm

Jumlah Tempat Duduk

 7 seat

Radius Putar

 N/A

Kapasitas Tangki BBM

 45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut with coil spring & Torsion Beam with coil spring

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Solid Disc 15 inch

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Semi Monokok, B-Segment

Pelek

 Machining Alloy, 16 inchi

Jenis Ban

 Bridgestone Turanza, 195/60 R16

kelebihan & kekurangan Toyota Sienta 2016

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016, yang bisa Anda simak di tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan Lebih Segar

Desain Bukan Selera Semua Orang

Performa Dan Kehematan Baik

Radius Putar Buruk

Kepraktisan Kabin Baik

Tidak Ada Fitur Toyota Safety Sense 

daftar harga Toyota Sienta 2016

Untuk masalah harga, berikut Cintamobil.com melampirkan daftar harga Toyota Sienta terbaru 2019 di setiap tipenya baik dalam kategori maupun bekas.

Tipe Mobil

Harga Toyota Sienta Baru

(OTR)

Harga Toyota Sienta Bekas

Harga Toyota Sienta 1.5 E M/T

IDR. 237.050.000

IDR. 195.000.000 (2017)

Harga Toyota Sienta 1.5 E CVT

IDR. 255.050.000

IDR. 170.000.000 (2017)

Harga Toyota Sienta 1.5 G M/T

IDR. 249.050.000

IDR. 190.000.000 (2017)

Harga Toyota Sienta 1.5 G CVT

IDR. 267.050.000

IDR. 182.500.000 (2017)

Harga Toyota Sienta 1.5 V M/T

IDR. 264.050.000

IDR. 215.000.000 (2016)

Harga Toyota Sienta 1.5 V CVT

IDR. 282.050.000

IDR. 219.000.000 (2016)

Harga Toyota Sienta 1.5 Q Limited CVT

-

IDR. 235.000.000 (2017)

Harga Toyota Sienta 1.5 Q CVT

IDR. 302.850.000

IDR. 230.000.000 (2016)

*Harga per bulan September 2019

>>> Cek harga dan test drive mobil Toyota Sienta dengan gratis di sini

Video Toyota Sienta 2016

KESIMPULAN Toyota Sienta 2016

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Sienta 1.5 V MT 2016 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

So, is this car for you?

Tidak ada alasan kami untuk berkata tidak, ia cukup hemat di dalam kota, kencang, transmisinya menyenangkan dan asyik untuk dikemudikan. Tapi Anda harus kompromi terhadap konsumsi BBM tolnya yang tidak sehemat transmisi CVT-nya. Juga radius putarnya yang tergolong kurang baik untuk mobil sekompak ini. Apalagi kini harga bekasnya sudah cukup terjangkau.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil