Di NTB, Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Bisa Lewat WhatsApp

24/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Di NTB, Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Bisa Lewat WhatsApp
Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan inovasi baru berupa aplikasi SamsatApps untuk memudahkan warga membayar pajak kendaraan bermotor via Whatsapp.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) punya cara baru dalam mendorong kesadaran dan memudahkan warganya membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Lalu Lintas Bhayangkara ke 65, Tim Pembina Samsat Provinsi NTB bersama Polda NTB meluncurkan aplikasi SamsatApps, yaitu pembayaran pajak kendaraan bermotor memanfaatkan layanan pesan instan WhatsApp (WA).

"Harus kita cari cara meningkatkan kualitas pelayanan, dan SamsatApp serta go-sim adalah jawabannya", tutur Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, di acara peresmian yang dilakukan di Polda NTB, Selasa (22/9/2020).

>>> Bayar PKB Disarankan Lewat Online

Foto menunjukkan Peluncuran aplikasi SamsatApps di NTB 22/9/2020

Pembayaran PKB dengan melalui aplikasi SamsatApps

Bayar pajak kendaraan bermotor via WA

Dengan aplikasi Samsat Apps ini para wajib pajak tidak perlu datang ke kantor Samsat untuk mengurus pajak kendaraannya. Caranya cukup mudah, sebagaimana dijelaskan di laman resmi Bappenda Pemprov NTB;

Wajib pajak cukup mengirim pesan dengan mengetikkan INFOPKB untuk mengetahui jumlah pajak kendaraan dan kirim ke nomor WhatsApp 081138000300. Setelah itu wajib pajak bakal menerima balasan otomatis dari aplikasi.

Ketik ORDER (untuk melakukan pembayaran) dan kirim ke nomor WA tersebut. Setelah itu akan menerima balasan otomatis agar wajib pajak mengirimkan dokumen identifikasi yang berisi nomor kontak, foto KTP, STNK dan ‘notice’ pajak. Kirim lagi ke nomor WA tersebut.

Setelah itu, permohonan yang memenuhi syarat di proses oleh petugas, untuk kemudian dikirimkan informasi balasan tentang jumlah pembayaran wajib pajak tersebut.

Selanjutnya wajib pajak dapat memilih pembayaran melalui transfer rekening atau ‘Cash On Delivery’ (COD) / pembayaran di tempat saat diantar oleh petugas. Pembayaran kemudian diproses dan diverifikasi oleh Samsat untuk pencocokan identitas pada KTP dan STNK.

Langkah selanjutnya, setelah dokumen cocok dan disetujui, wajib pajak akan diminta peta lokasi rumah untuk diantar oleh petugas. Proses pembayaran pajak pun selesai.

>>> Bayar Pajak Tak Perlu Repot dengan Samsat Online

Foto Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah saat peluncuran aplikasi SamsatApps

Pemerintah Provinsi NTB mendorong kesadaran masyarakat membayar pajak kendaraannya

Hanya melayani pajak atas nama sendiri

Satu hal penting yang harus diperhatikan aplikasi Samsat Apps hanya melayani PKB atas nama sendiri. Jika masih atas nama orang lain, maka wajib melakukan BBN2/ balik nama dan mutasi kendaraan.

"Karena yang dilayani di WhatsApp ini wajib pajak yang atas namanya sendiri," jelas Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Iswandi, M. Si yang juga hadir dalam peresmian.

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Bebas Pajak Bikin Penjualan Mobil di Malaysia Lebih Baik dari Indonesia

21/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pembebasan pajak mobil di Malaysia yang berlaku hingga 31 Desember 2020 membuat penjualan mobil di Malaysia bulan Agustus mengungguli penjualan Indonesia.

Lihat juga

Toyota Kritisi Skema Pajak Mobil yang Tinggi di India

17/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Tingginya pajak mobil di India membuat Toyota gerah. Hal ini tentunya juga membuat kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19 di India tak kunjung membaik.

Lihat juga

Bayar Pajak Tak Perlu Repot dengan Samsat Online

16/09/2020

Jual beli

3 menit

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di tengah pandemi seperti saat ini tentunya cukup mengkhawatirkan. Tetapi tenang saja Anda cukup mengakses Samsat Online.

Lihat juga

Cara Bayar Pajak di Aplikasi Si Ondel dari Samsat Online Jakarta

24/09/2020

Jual beli

2 menit

Samsat online Jakarta melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akhirnya meluncurkan aplikasi Samsat Online Delivery untuk memudahkan membayar pajak.

Lihat juga

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil di Leasing atau Kantor Samsat

15/09/2020

Pengemudian

8 menit

Berikut ini adalah beberapa contoh surat kuasa pengambilan BPKB di kantor Samsat, leasing, atau dealer tempat Anda membeli mobil tersebut.

Lihat juga
 
back to top