Cintamobil TV: Mobil Kesukaan Mama Muda yang Mulai Terjangkau, Honda HR-V 1.8 Prestige 2016

17/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Honda HR-V 1.8 Prestige menjadi mobil yang semakin menjadi favorit para mama muda di Indonesia. Berikut ini adalah tips membeli HR-V 1.8 prestige untuk Anda.

HR-V 1.8 prestige merupakan jenis mobil yang saat ini makin naik daun karena disukai oleh para mama muda. Kerennya model HR-V, menggeser posisi Honda Jazz sebagai jenis mobil favorit anak muda. Tidak hanya modelnya yang keren, mobil HR-V bekas juga memiliki harga yang terjangkau.

Dengan kisaran harga Rp 200 hingga 270 juta rupiah, HR-V menjadi salah satu mobil yang diincar anak muda bahkan mama muda sebagai salah satu jenis mobil dengan tampilan menarik. Selain itu, performa HR-V juga cukup bagus. Hal ini terbukti ketika awal HR-V masuk ke Indonesia, mobil tersebut cukup booming dan langsung diminati banyak orang.

Spesifikasi Honda HR-V 1.8 Prestige

Honda HR-V 1.8 prestige dibekali mesin 1.799 cc 4 silinder. Desain HR-V prestige juga cukup futuristik sehingga sampai saat ini, tampilan Honda HR-V masih tetap terlihat keren. Jadi jika ANda membeli mobil HR-V bekas, maka desain mobil Anda bisa dijamin tidak terlalu kuno.

Tampilan interior dari Honda HR-V 1.8 prestige juga tidak kalah menarik. Saat pertama diluncurkan, tampilan interiornya sangat futuristik. Hingga saat ini, tampilan Honda HR-V tetap terlihat futuristik meskipun dibandingkan dengan mobil lain keluaran terbaru. Di bagian tengah akomodasi depan juga terdapat console floating yang memiliki banyak tempat penyimpanan sehingga jika Anda memiliki beberapa barang penting, Anda bisa menyimpan  barang Anda dengan rapi dan tidak berserakan.

Honda HRV 2016

Honda HR-V warna hitam 

Interior lain yang mendukung tampilan HR-V 1.8 prestige adalah adanya panoramic sunroof yang membuat mobil terlihat lebih keren. Bahkan fitur inilah yang disukai oleh banyak pengemudi HR-V di Indonesia. Selain itu pengaturan AC di mobil HR-V ini merupakan pengaturan AC digital yang menambahkan nilai futuristik pada mobil ini.

Selain fitur yang futuristik, fitur keamanan juga sangat dipertimbangkan pada mobil HR-V 1.8 prestige. Fitur airbag terdapat tidak hanya di depan tetapi juga di samping yang menyerupai tirai. Akomodasi dari HR-V Prestige juga luas. Sehingga mobil tetap nyaman digunakan berkendara jarak jauh saat travelling.

Kapasitas bagasi dari HR-V Prestige cukup luas. Anda bisa memuat koper dan beberapa tas dalam bagasinya. Tetapi jika Anda menginginkan ruang yang lebih besar untuk menyimpan barang, Anda bisa melipat kursi bagian belakang sehingga ruang untuk bagasi bisa jauh lebih luas. Kemampuan bagasi dari HR-V prestige memang salah satu yang terbaik di kelas mobil compact SUV. Jadi keuntungan tersebut bisa memudahkan untuk membawa banyak barang saat bepergian.

>>> Cintamobil TV: Servis Mobil di Bengkel Resmi atau di Bengkel Umum?

Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V 1.8 Prestige

Sama seperti mobil lain, kelebihan dan kekurangan HR-V 1.8 Prestige juga bisa dilihat dan dirasakan. Salah satu kelebihan yang pertama adalah ground clearance yang cukup tinggi. Hal ini akan mengurangi terjadinya gesekan bagian bawah mobil ketika Anda melewati jalanan yang tidak rata dan juga polisi tidur yang cukup tinggi.

Honda HRV 1.8

Melihat desain eksterior Honda HR-V dari dekat 

Fitur-fitur mengemudi pada HR-V Prestige juga cukup nyaman digunakan saat mengemudi sendiri. Terdapat fitur seperti traction control yang bisa menambahkan fitur keselamatan. Transfer tenaga dari HR-V prestige juga terasa halus karena menggunakan transmisi CVT. fitur parking brake hold juga akan sangat membantu ketika Anda mengemudi melalui kemacetan.

Sementara itu, kekurangan dari HR-V 1.8 Prestige adalah warna interiornya yang cerah. Warna interior yang cerah pada mobil akan cepat kotor dan cukup sulit untuk dibersihkan. Selain itu, untuk mobil dengan harga baru sebesar Rp 400 jutaan, material interior mobil kurang terasa mewah. 

honda HR-V

Honda HR-V tampak dari depan

Kekurangan selanjutnya adalah tidak adanya ventilator AC di area belakang HR-V prestige. Tentunya ini terasa kurang nyaman mengingat Anda akan mengemudi di negara tropis seperti Indonesia yang udaranya cukup panas. Kekurangan yang terakhir adalah harga. Untuk mobil bekas, HR-V 1.8 Prestige ini dijual dengan harga Rp 230 hingga 280 juta. Harga tersebut masih cukup mahal dibandingkan dengan mobil lain keluaran terbaru.

Dengan harga yang cukup mahal, road noise dari HR-V 1.8 Prestige tergolong cukup berisik. Suaranya terdengar keras hingga sampai ke dalam kabin. Ini akan mengganggu ketika Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi di jalan tol atau saat mengemudi dengan kondisi jalan yang buruk.

Tips Membeli Honda HR-V 1.8 Prestige

Jika Anda berencana membeli HR-V 1.8 Prestige, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah tips membeli Honda HR-V 1.8 Prestige agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Poin pertama yang perlu Anda perhatikan Adalah perhatikan body mobil. Jika Anda membeli bekas, pastikan tidak ada kerusakan, penyok, atau bahkan karat yang muncul di body mobil. Pastikan juga panel-panel masih terpasang dengan baik. Sehingga Anda tidak perlu melakukan perbaikan yang cukup mahal setelah membeli mobil. Selain eksterior, pastikan juga interior mobil. Pastikan tidak ada bagian yang sobek maupun pecah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah karet pintu. Ada beberapa kasus pada mobil HR-V saat baru dirilis bahwa karet pintunya pecah. Terutama karet pintu di bagian bawah. Hal ini akan sangat merugikan pembeli terutama jika Anda membeli mobil bekas.

Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memeriksa apakah mobil mendapatkan servis berkala di bengkel resmi. Hal ini untuk memastikan bahwa mesin terawat dengan baik dan tidak terdapat kerusakan yang fatal. Servis berkala juga membuat mesin lebih awet dan kondisi mesin lebih terjamin.

Honda HRV

Honda HR-V selalu memiliki tampilan yang elegan

Poin selanjutnya adalah perhatikan kaki-kaki dari HR-V. terdapat banyak kasus saat HR-V pertama kali rilis setelah menginjak 1.000 km. Kaki-kaki HR-V menimbulkan suara yang cukup mengganggu sehingga harus di recall untuk perbaikan ulang. Jika Anda berencana membeli HR-V, pastikan Anda melakukan test drive di jalanan yang tidak rata dan perhatikan kaki-kakinya. Jika mengeluarkan suara yang mengganggu, berarti terjadi masalah pada kaki-kaki tersebut.

Poin yang tidak kalah penting adalah periksa kemudi dari HR-V 1.8 Prestige. Pada mobil bekas, sering dijumpai engine stop yang macet dan juga kemudi atau setir yang tidak seimbang. Anda bisa melakukan tes dengan membelok-belokkan kemudi dan melakukan test drive. Jika kemudi terasa berat dan tidak nyaman, maka Anda perlu memeriksa kembali bagian kemudinya yang sepertinya mengalami masalah.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Honda HR-V 1.8 Prestige, kini Anda bisa menentukan apakah akan membeli mobil tersebut atau tidak. Dengan budget Rp 200 hingga 280 juta pada harga bekas, pastikan Anda memilih mobil HR-V 1.8 prestige yang dalam kondisi baik.

>>> Modal DFSK Glory 560 Bersaing Lawan Rush Hingga Honda HR-V

               

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top