Cintamobil TV: Servis Mobil di Bengkel Resmi atau di Bengkel Umum?

02/04/2021

Perawatan dan service

2 menit

Perawatan mobil perlu dilakukan agar mobil nggak mudah rusak dan tetap nyaman digunakan. Namun, sebaiknya melakukan perawatan mobil kesayangan harus di mana ya?

Hal yang penting saat Anda berencana membeli mobil, baik baru ataupun bekas adalah memperhatikan perawatan berkala agar mobil tetap awet dan nyaman digunakan. Beberapa komponen yang harus dicek atau diservice biasanya dilakukan sebulan sekali.

Dalam perawatan kendaraan, setiap orang memiliki preferensinya masing-masing, apakah melakukan service di bengkel resmi atau bengkel umum. Berbicara keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Kali ini tim Cintamobil TV akan menginformasikan kelebihan masing-masing.

>>> Coating Body Mobil: Cara Melindungi Kendaraan saat Musim Hujan

Kelebihan Bengkel Resmi

teknisi di bengkel resmi

Bengkel yang resmi memiliki pelayanan profesional

Kali ini tim Cintamobil TV akan melakukan perbandingan pada dua jenis mobil yang sama dengan tahun produksi berdekatan, serta melakukan perawatan setiap periode 5.000 km.

Pelayanan Profesional

Anda akan disambut oleh service advisor untuk berkonsultasi tentang komponen yang harus mendapatkan perhatian lebih. Mereka akan mencatat semuanya di buku service dan mencari solusi. Tenaga ahli di bengkel yang resmi juga diklaim kompeten karena menjalani pelatihan. Ada general repair, foreman general repair, dan service advisor.

Fasilitas Nyaman

Tentu saja menunggu mobil yang sedang diservice akan membuat bosan. Untuk bengkel yang resmi tersedia fasilitas ruang tunggu yang nyaman, bahkan beberapa bengkel menyediakan arena bermain anak yang dijaga kebersihannya.

Rekam Jejak Detail

Bengkel yang resmi akan menyediakan buku service dan mencatat jejak service secara detail. Hal ini selain bikin mobil tetap awet, juga bisa menjadi bukti perawatan yang terjaga saat Anda berencana menjual mobil.

Layanan Tambahan

Kelebihan lainnya dari bengkel yang resmi adalah adanya layanan tambahan seperti cuci mobil. Peralatan di bengkel juga terbilang lengkap.

>>> Sejarah & Modifikasi Ban Truk yang Inovatif

Kelebihan Bengkel Umum

mobil suzuki di bengkel

Bengkel umum bisa jadi alternatif untuk perawatan mobil

Bengkel umum memang menjadi alternatif untuk beberapa pemilik mobil. Lokasi yang dekat, harga yang lebih bersahabat, menjadi sebagian kecil alasannya. Nah, apa saja kelebihan bengkel umum?

  1. Bengkel umum menawarkan keleluasaan perawatan sesuai dengan budget, berbeda dengan bengkel resmi yang sudah dipatok. Dengan begitu Anda bisa memilih komponen apa saja yang akan diservice.
  2. Ada banyak jenis service pada mobil, termasuk juga mereknya. Nah, Anda bisa memiliki suku cadang dan oli yang sesuai dengan budget.
  3. Bengkel umum juga memiliki layanan tambahan. Mulai dari tune up, carbon cleaning, penambahan aksesoris, dan komponen pendukung lainnya. Jadi, jika Anda berencana untuk melakukan modifikasi pada mobil, di bengkel umum tersedia beragam aksesoris tambahan.

Berikut ini biaya yang Cintamobil TV keluarkan pada bengkel resmi dan bengkel umum:

Bengkel Resmi Bengkel Umum
Service Biaya Service Biaya
Jasa perawatan berkala 70rb km Rp 315.000 3 liter oli mobil super 2000 10/40 Rp 315.000    
Gasket oil drain plug Rp 5.909    
Filter oli Rp 31.818    
4 liter oli ecstar 5w30sn Rp 326.272    
Throttle body cleaner  Rp 86.364    
Ppn 10%  Rp 68.136    
Total Rp 749.499   Rp 315.000
 
Nah, tim manakah Anda? Tim service di bengkel resmi atau di bengkel umum? Apa pun pilihan bengkelnya, yang terpenting adalah jangan lupa untuk rutin merawat kendaraan, ya!

>>> Lihat informasi tips & trik lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.

 
back to top