Bukan Hanya Panther! Mesin Mitsubishi Juga Layak Jadi Rajanya Diesel

20/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Gelar 'rajanya diesel' menurut kami juga layak disematkan ke mesin diesel Mitsubishi, berikut ini sejarah panjang mesin diesel racikan tiga berlian ini...

Gelar 'rajanya diesel' memang sudah lekat dengan merek Isuzu terutama di Isuzu Panther yang sekarang sudah pensiun. Tapi menurut tim Cintamobil.com ternyata gelar ini juga layak disematkan ke mesin diesel Mitsubishi, mengapa demikian? Berikut ini sejarah panjang mesin diesel racikan tiga berlian ini...

50 Tahun Menemani...

Mitsubishi Motors sudah hadir di Indonesia selama 50 tahun. Tentunya selama itu pula, sudah banyak model-model kendaraan Mitsubishi Motors yang menjadi andalan, baik kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga ringan.

Mitsubishi L300 2021

Mesin 4D56 sudah 'akrab' di L300

Sejarah Mitsubishi di Indonesia tentunya tidak bisa dipisahkan dari kuatnya mesin diesel yang kuat dan tahan banting. Bukan hanya pada produk truk maupun kendaraan komersial lho ya! Tapi juga mesin diesel Mitsubishi untuk kendaraan penumpang.

Kisah Si Tangguh Mesin Diesel Mitsubishi 4D56

Mitsubishi memiliki banyak rangkaian mesin diesel, namun di Indonesia yang dikenal kuat dan tahan banting ini adalah mesin diesel berkode 4D56. Mesin diesel ini sudah hadir di kendaraan legendaris Mitsubishi yaitu L300 sejak 1988 silam, dan hebatnya hingga saat ini masih digunakan di Mitsubishi Pajero Sport Exceed.

Mesin 4D56 Mitsubishi Triton

Tidak rewel dan manja jadi karakteristik mesin 4D56 Mitsubishi

Mesin 4D56 (terutama versi turbo diesel) menjadi salah satu mesin turbo diesel favorit yang digunakan pada berbagai mobil penumpang di pasar Jepang. Selain untuk Jepang, mesin 4D56 juga digunakan secara meluas pada SUV, MPV, dan pick-up Mitsubishi yang beredar di pasar global.

Mesin Mitsubishi 4D56 Pajero Sport Exceed

Mesin yang sama juga dipakai di Pajero Sport

Mesin diesel 4D56 ini masuk dalam keluarga mesin Mitsubishi Astron yang berkapasitas 2.500 cc dengan empat silinder segaris. Mesin diesel 4D56 ini selain terkenal bandel, tangguh, dan mudah diperbaiki juga mampu menaklukkan banyak medan di Indonesia yang memiliki kontur bervariasi. 

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 2019

Inilah penampakan Mitsubishi Pajero Sport pre-facelift

Seiring perjalanan waktu, performa mesin 4D56 terus disempurnakan dengan penerapan berbagai teknologi diesel modern seperti turbo VGT dan sistem common rail direct injection sehingga tetap up-to-date dan mampu menjawab tuntutan kebutuhan. Itu sebabnya selain digunakan di L300, mesin diesel 4D56 ini juga disematkan pada Mitsubishi Triton dan Mitsubishi Pajero Sport, dengan versi yang menggunakan turbocharger. 

Mitsubishi Strada Triton 2002

Mitsubishi Strada L200 yang 'beken' di Indonesia di tahun 2002

Pada Mitsubishi Triton yang pertama kali dipasarkan di Indonesia tahun 2002, yaitu Strada L200 dengan mesin yang sama mampu menghasilkan hingga 100 PS dengan torsi 245 Nm. Sementara Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua yang mulai dijual di Indonesia pada tahun 2009, saat itu, dilengkapi mesin 4D56 2.5L DOHC Common Rail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 PS dan torsi maksimum 324 Nm.

>>> 20 Mobil Terlaris Juli 2021, Xpander Ngegas Nyaris 7 Ribu Unit

Mesin Diesel Mitsubishi 4D56 Mengalami Penyempurnaan

Kemudian dua tahun berselang, Mitsubishi Motors memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 4D56 2.5-liter DI-D Common Rail ini agar lebih tangguh dan bertenaga namun tetap efisien bahan bakar. Sehingga dari awalnya tenaga hanya 136 PS menjadi 178 PS (tersemat di Mitsubishi Pajero Sport Dakar)

Turbo Mitsubishi 4D56

Turbo di mesin diesel Mitsubishi 4D56 sudah disematkan VGT

Namun, seiring waktu juga popularitas mesin diesel 4D56 ini juga harus memasuki masa-masa akhir. Perlahan Mitsubishi Motors mulai menggantikan dengan mesin yang lebih ramah lingkungan dan juga lebih irit bahan bakar. 

Era MIVEC Diesel

Setelah era 4D56, Mitsubishi Motors kemudian menghadirkan mesin diesel baru berteknologi MIVEC dengan kapasitas yang sedikit lebih kecil. Tidak hanya model kendaraan penumpang yang berbahan bakar bensin saja yang dilengkapi dengan teknologi mesin MIVEC, mobil diesel Mitsubishi Motors juga dibekali mesin dengan teknologi tersebut yang mampu meminimalisir konsumsi bahan bakar juga gas buang yang lebih ramah lingkungan. 

Mesin Mitsubishi 4N15

Mesin Mitsubishi 4N15 punya tenaga dan torsi lebih besar

Teknoloogi MIVEC Mitsubishi ini dikembangkan oleh Mitsubishi untuk mendapatkan tenaga yang optimum di jalanan perkotaan maupun di jalan bebas hambatan. Teknologi MIVEC Mitsubishi ini secara teori menyerupai prinsip kerja katup variabel di mesin merek lainnya. Namun bedanya, jika VTEC di noken as, maka MIVEC mengatur lift camshaft di rocker arm, hal ini membuat teknologi MIVEC Mitsubishi ini punya jarak main katup hingga 10 mm di atas putaran mesin tertentu.

Grafik tenaga Mitsubishi Pajero

Tenaga dan grafik torsi ikut terkerek

Mesin diesel Mitsubishi berkode 4N15 ini awalnya digunakan pada kendaraan penumpang seperti Pajero Sport sejak 2015. Di Indonesia Pajero Sport yang mendapat mesin ini meliputi varian Dakar 4x4, Dakar Ultimate, dan Dakar 4x2 dengan mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga besar mencapai 181PS / 3,500rpm dan dilengkapi dengan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang mampu mengoptimalkan kinerja turbin sehingga mesin semakin prima dan tangguh. 

Test Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Cintamobil

Tentu tak sekadar menulis saja, tim kami tentu sudah coba sendiri 'nikmatnya' mesin diesel ini

Selain Pajero Sport, New Triton yang baru saja diluncurkan di Indonesia pada tahun 2019 lalu juga dibekali teknologi MIVEC dengan mesin 4N15 DI MIVEC DOHC 16 valve Direct Diesel Injection, Intercooled & Turbocharged untuk tipe Ultimate dan juga Exceed. Dengan mesin ini, New Triton mampu menghasilkan tenaga maksimum 181 PS pada 3.500rpm dan torsi maksimum 430 Nm di 2.500rpm, sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2.

>>> First Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021: Menjajal SUV Ladder Frame Terbaik Di Kelasnya

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top