First Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021: Menjajal SUV Ladder Frame Terbaik Di Kelasnya

12/04/2021

Mobil baru

5 menit

First Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021: Menjajal SUV Ladder Frame Terbaik Di Kelasnya
Yes, akhirnya tim Cintamobil.com mendapat kesempatan untuk lompat ke balik kemudi Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021, lantas bagaimana impresinya?

Sebelumnya, Mitsubishi Pajero Sport adalah SUV ladder frame terbaik di kelasnya, ia hadir dengan mesin kencang, fitur lengkap, dan tampilan yang dinamis. Berkat kesempatan yang diberikan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, kini tim Cintamobil.com mendapat kesempatan untuk lompat ke balik kemudi Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021, lantas bagaimana impresinya?

Tampilan Kian Gagah

Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar Ultimate berpenggerak 4x2 lansiran 2021 ini mempertahankan bahasa desain yang bernama Advanced Dynamic Shield Concept. Yang mana konsep ini adalah perpaduan unik antara keamanan pengemudi dan pengguna jalan lain. Desain seperti ini diklaim lebih aman terhadap pejalan kaki. Dan dapat Anda temui pada mobil-mobil Mitsubishi kekinian seperti Xpander, New Triton, hingga Eclipse Cross.

Foto Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 AT 2021

Tampilannya kian gagah dan berkarakter

Insinyur di Mitsubishi begitu cerdik menyembunyikan postur mobil ini yang sebenarnya lebih panjang hingga 40 mm dari model sebelum facelift. Hal ini lantaran desain moncong mobil lebih maju karena mengadopsi bahasa desain Advanced Dynamic Shield Concept yang lebih aman terhadap pedestrian dan juga pengemudi yang mengemudikan mobil. Garis-garis bahu bodinya pun masih sama saja dengan yang lawas, dan hanya beda sedikit saja pada bagian depan.

Mesin Perkasa

Pesona Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021 ada pada mesinnya. Mesin berkode 4N15 tetap dipertahankan di mobil ini. Mesin ini punya karakter overstroke, yang artinya torsi mesin dapat diraih pada putaran mesin yang lebih rendah. Otomatis mobil akan jadi lebih efisien saat diajak melaju, baik di lalu lintas stop and go dalam kota, maupun high speed cruising pada lalu lintas luar kota.

Foto mesin 4N15 Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 AT 2021

Mesin berkode 4N15 yang perkasa tetap dipertahankan

Transmisi 8 percepatannya dirancang closed ratio dengan tujuan memperpanjang nafas mesin diesel yang secara alamiah punya nafas pendek-pendek dan rpm-nya yang tidak tinggi. Tenaga dan torsi SUV ladder frame ini merupakan yang terbesar dikelasnya, tercatat tenaga sebesar 181 PS atau sekitar 178,5 HP dan torsi 430 NM. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda belakang dan mampu membuat mobil berakselerasi dari diam ke 100 km/jam dalam 11,5 detik.

Foto paddle shift Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 AT 2021

Pindah gigi bisa pakai paddle shift berbahan magnesium di balik kemudi

Memang ia mampu unggul hingga 0,6 detik dari musuh bebuyutannya yakni Toyota Fortuner yang sama-sama menggendong mesin diesel. Tetapi, untuk konsumsi bahan bakar, Pajero Sport ini harus mengakui kedigdayaan Fortuner. Satu liter bahan bakar solar dengan cetane number 53 (Pertamina Dex) hanya mampu menempuh 10,2 kilometer dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, sementara untuk melaju di tol dengan average speed 90 km/jam konsumsi BBM-nya di 14,8 km/l.

Foto Mitsubishi Pajer Sport Dakar Ultimate 4x2 AT 2021

Pengendalian terasa baik dan cukup dinamis

Kendati demikian, suspensi yang digunakan Pajero Sport terbaru ini tetap proper. Konstruksi independent dual wishbone menjamin roda akan tetap lurus ketika mobil dipaksa bermanuver dengan ekstrim. Karena terlahir sebagai SUV 7 penumpang dengan sasis tangga. Pengendaliannya tidak akan sebaik SUV dengan sasis monokok yang lebih lentur secara alami. Namun, ia tetap menjadi yang terbaik di kelasnya.

Fitur Berlimpah

Kehadiran head unit touchscreen berukuran 8 inchi membuat infotaiment system dari mobil ini terasa memadai. Apalagi ia sudah mampu terkoneksi dengan sistem Smartphone-Link Display Audio (SDA). Sistem ini mampu bekerja untuk Apple CarPlay, sehingga jelas sistem ini memudahkan dan membuat makin intuitif. Plus kehadiran 6 speaker plus 2 tweeter seakan menjamin lantunan suara merdu dan menghibur sepanjang jalan.

Gambar head unit Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 AT 2021

Head unit sudah support Apple CarPlay®

Kemudahan kian terasa dengan adanya fitur Mitsubishi Remote Control. Fitur ini akan semakin memudahkan Anda dalam mengontrol mobil ini. Jika Anda mengunci mobil ini kurang dari 20 menit, kaca masih dapat dibuka melalui smartphone Anda. Selain itu Mitsubishi Remotre Control ini juga dapat menjadi pengingat dan juga merekam segala histori kendaraan Anda, mulai dari jarak tempuh, pengingat servis dan sebagainya. Ini adalah fitur mutakhir yang seharusnya ada di mobil manapun.

Gambar car finder Mitsubishi Pajer Sport Dakar Ultimate 4x2 AT 2021

Fitur Car Finder satu-satunya di kelasnya

Bicara soal keselamatan, keempat buah rem cakram di mobil ini juga dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS) yang akan menjaga ban mobil tidak mengunci saat pengereman dilakukan dengan keras. Sistem ini akan bekerja sama dengan Electronic Brake Fluid Distribution System akan mengatur tekanan minyak rem sehingga rem lebih pakem dan bersinergi dengan Brake Reinforcement System akan menambah kekuatan injakan terhadap pedal rem agar mobil dapat berhenti segera. Juga ada empat buah kamera di sekeliling mobil ini untuk mempermudah pengemudi dalam melakukan parkir.

Video mengenai Pajero Sport terbaru di Cintamobil TV

Tak hanya itu saja, sistem rem juga akan mengaktifkan fitur Hill Start Assist yang akan menjaga mobil tidak meluncur kebawah ketika di tanjakan, fitur Hill Descent Control akan aktif menjaga laju mobil tetap terkendali saat melewati jalan menurun curam. Juga sistem radar akan mengaktifkan beberapa fitur canggih seperti Blind Spot Warning akan memperingati Anda ketika hendak berpindah jalur dan ada kendaraan tidak terlihat, fitur Forward Collition Mitigation akan membuat mobil mengerem secara otomatis ketika jarak terlalu dekat, Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System akan menjaga mobil Anda terhindar dari kecelakaan beruntun.

Gambar kursi Mitsubishi Pajer Sport Dakar Ultimate 4x2 AT 2021

Enam buah kantung udara siap lindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan

Fitur Rear Cross Traffic Alert juga akan mempermudah Anda mendeteksi kendaraan lain saat keluar dari tempat parkir. Juga jangan lupa mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021 ini juga tetap dilengkapi dengan tujuh buah Airbags yang akan memberi keamanan Anda dan penumpang ketika terjadi kecelakaan plus bahan High Tensille Steel yang disebut oleh Mitsubishi sebagai konstruksi konstruksi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) digunakan sebagai bahan rangka demi kekuatan yang optimum tanpa melupakan handling.

>>> First Drive Mitsubishi Xpander Sport AT 2020: Bukan Tipe Nanggung

Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021

Gambar mobil Mitsubishi Pajer Sport Dakar Ultimate 4x2 AT 2021

Ada beberapa kelemahan yang terasa cukup mengganggu

Kekurangan dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021 ini ada pada konsumsi bahan bakarnya yang tidak seirit rival. Belum lagi hilangnya fitur sunroof yang sebelumnya ada di tipe ini membuat mobil terasa sedikit spec down. Apalagi harganya merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan rival-rival sekelasnya seperti Toyota Fortuner, Nissan Terra, dan Chevrolet Trailblazer.

Kesimpulan

Foto mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 AT 2021

Hasil tes membuktikan ia menjadi salah satu pemain terbaik di kelasnya

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 2021 ini tetap mempertahankan style tangguh dan kokoh khas Pajero Sport dari mulai awal meluncur di Indonesia tahun 2009. Pajero Sport terbaru ini juga hadir dengan fitur terlengkap di kelasnya yang membuatnya tak tertandingi rival-rival sekelasnya di Indonesia. Anda juga tak perlu khawatir dengan layanan purna jual Mitsubishi yang sudah tersebar hingga ke pelosol-pelosok daerah berkat nama besar truk FUSO di Indonesia.

>>> Mau beli Mitsubishi Pajero Sport bekas? Lihat beberapa pilihannya di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top