Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Terbaik Di Kelasnya

22/02/2021

Share this post:

Mitsubishi Pajero Sport 2021

Editor rate:

Rp 733.700.000

Update/ Pembaruan harga mobil Mitsubishi Pajero Sport Terbaru Lihat promo

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga, setelah meluncur di Thailand tahun 2019, kini saatnya kami melakukan Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Terbaik Di Kelasnya
Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Terbaik Di Kelasnya
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Pajero Sport 2021

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur semakin lengkap

SUV 4x4 ladder frame tercanggih di kelasnya

Mesin bertenaga dan transmisi 8-speed

Kekurangan

Harga tinggi

Konsumsi BBM tidak sebaik rivalnya

Desain tidak terlalu banyak ubahan

Foto launching New Mitsubishi Pajero Sport 2021

Akhirnya meluncur juga di Indonesia

Mobil terbaik di kelasnya akhirnya datang juga. Setelah mendapatkan penyegaran di Thailand tahun 2019 lalu, akhirnya 2 tahun berselang PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendatangkan juga Mitsubishi Pajero Sport facelift. Alasan MMKSI saat itu tak langsung memasukkan Pajero terbaru ini ke Indonesia adalah karena belum masuk di timeline perusahaan yang bermarkas di Pulomas, Jakarta Timur itu. 

Foto tampilan depan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Masih yang terbaik di kelasnya?

Unit Mitsubishi Pajero Sport facelift yang akan kita bahas kali ini adalah varian 4x4 yang menjadi top of the line Mitsubishi Pajero Sport di Tanah Air. Musuh bebuyutan dari Toyota Fortuner VRZ Tetradrive 4x4 ini memiliki sejumlah keunggulan yang tak dimiliki oleh produk geng Sunter itu. Lantas seberapa menarik mobil ini untuk Anda miliki? Sebelum memesannya ke dealer terdekat simak dulu review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 yang berpotensi jadi yang terbaik di kelasnya.

Eksterior Mitsubishi Pajero Sport 2021

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Tampilan Depan

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini mempertahankan bahasa desain yang bernama Advanced Dynamic Shield Concept. Yang mana konsep ini adalah perpaduan unik antara keamanan pengemudi dan pengguna jalan lain. Desain seperti ini diklaim lebih aman terhadap pejalan kaki. Dan dapat Anda temui pada mobil-mobil Mitsubishi kekinian seperti Xpander, New Triton, hingga Eclipse Cross.

Gambar tampilan depan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Lampu didominasi bohlam LED (Light Emitting Diode)

Hal baru yang bisa Anda temukan dan terlihat dari Mitsubishi Pajero Sport termahal ini adalah adanya tiga buah lampu yang disusun bertumpuk pada bemper depan. Yaitu lampu sein, LED Active Cornering Lamp, dan LED Foglamp. Active Cornering Lamp ini merupakan lampu yang akan otomatis menyala saat mobil menikung. Tujuannya tentu demi memberikan pandangan lebih baik kepada pengendara, utamanya ketika di malam hari atau kondisi jalan minim penerangan.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Tampilan Samping

Insinyur di Mitsubishi begitu cerdik menyembunyikan postur mobil ini yang sebenarnya lebih panjang hingga 40 mm dari model sebelumnya. Hal ini lantaran desain moncong mobil lebih maju karena mengadopsi bahasa desain Advanced Dynamic Shield Concept yang lebih aman terhadap pedestrian dan juga pengemudi yang mengemudikan mobil. Garis-garis bahu bodinya pun masih sama saja dengan yang lawas, dan hanya beda sedikit saja pada bagian depan. 

Foto tampilan samping Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Velg pakai motif baru yang lebih menarik untuk dilihat

Masih di bagian eksterior samping, fitur baru yang juga terdapat pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 adalah adanya shark fin antenna. Model antena radio berbentuk sirip hiu ini selain punya desain yang lebih baik dan aerodinamis. Meskipun sederhana namun antena model ini juga menambah kesan sporty meskipun biasanya untuk penerimaan sinyal radio tidak sebaik antenna model konvensional.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Tampilan Belakang

Satu hal yang agak disayangkan pada Pajero Sport termahal ini, adalah minimnya ubahan untuk tampilan belakangnya. Sejak dulu, menurut kami kelemahan desain dari mobil ini adalah stoplamp belakangnya yang kurang menarik. Bahkan menurut kami mirip orang yang menangis darah. Meski secara fungsi lampu belakang yang dilengkapi dengan bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) ini menyala terang dan punya visibilitas baik sehingga dengan mudah dipantau kendaraan lain di belakang.

Gambar tampilan belakang Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Meski stoplamp baru, tapi tak terlalu banyak ubahan di bagian buritan

Namun itu hanya masalah selera saja, tetap ada beberapa hal baru yang ada pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini, seperti desain bumper belakang anyar yang tetap tersedia empat buah sensor parkir yang membantu Anda saat harus parkir mundur serta terdapat kamera parkir yang memperluas visibilitas. O ya, spoiler belakang plus ornamen di bumper memperkuat kesan sporty pada SUV ladder frame ini.

>>> Simak juga review mobil Mitsubishi lainnya di sini:


Interior Mitsubishi Pajero Sport 2021

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Layout dashboard sama dengan versi sebelumnya

Sebenarnya layout dashboard yang disajikan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini masih sama saja dengan versi sebelum mendapat penyegaran. Dan masih menjadi salah satu layout dashboard paling menarik di kelasnya, sebab kombinasi warna yang diusungnya bikin kesan elegan kian mencuat. Belum lagi pemilihan materail berkualitas yang seakan mempertegas ia layak dibanderol hingga Rp 700 jutaan.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Kursi

Gambar kursi belakang Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Kursi belakang nyaman diduduki

Satu hal major improvement yang dipertahankan adalah di kursi bagian belakang Pajero Sport termewah ini adalah, kini penumpang belakang tidak akan merasakan sakit pinggang lagi. Sebab, di Mitsubishi Pajero Sport generasi sebelumnya (yang beredar tahun 2009 hingga 2014) duduk di kursi baris kedua dan paling belakang merupakan hal yang tidak menyenangkan. Untunglah kelemahan ini diperbaiki di Pajero Sport All New pada tahun 2016. Dan terus berlanjut hingga model terbaru ini.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Setir

Gambar setir Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Setir mantap digenggam

Lingkar kemudi dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 adalah salah satu yang paling nyaman di kelasnya. Bukan hanya bisa diatur tinggi-rendah (tilt) dan jangkauannya (telescopic). Tetapi ia juga mantap digenggam dengan ketebalan setir yang pas dan punya beragam tombol pengatur fitur, seperti pengatur audio di spoke (palang) sebelah kiri, serta untuk mengatur adaptive cruise control dan MID (Multi Information Display) di spoke kanan. Jangan lupa, ia juga punya paddleshift.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Sunroof

Gambar fitur sunroof Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Sunroof tambah aura lega

Anda yang memiliki anak kecil atau sesekali suka plesiran ke daerah pegunungan dan pantai akan menyukai fitur ini. Sebab panoramic sunroof di Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 2021 ini dapat dibuka secara elektris sliding maupun tilt. Satu hal yang agak disayangkan adalah sunroofnya bukan bertipa panoramic sunroof lega seperti di rivalnya yang berbeda jenis rangka yakni Hyundai Santa Fe. Tapi setidaknya ia masih lebih baik dari Fortuner sebagai sesama SUV ladder frame.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Bagasi

Gambar bagasi Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Kapasitas bagasi tetapi tapi cara membukanya lebih beragam

Mungkin Anda sering merasa kerepotan ketika dua tangan sedang membawa barang dan hendak mengakses pintu bagasi belakang. Untunglah, Mitsubishi telah menyematkan fitur automatic tail gate system dengan tambahan kick sensor. Jadi Anda tinggal 'menendang' bagian bawah bumper saja, maka kaki Anda akan terbaca sensor, dan memerintahkan sistem hidrolik pada pintu untuk membuka secara otomatis untuk Anda. Benar-benar fitur yang memudahkan ya...

Gambar penggunaan kick sensor Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2021

Buka pintu bagasi bisa hanya dengan 'menggoyangkan' kaki

Masih dari cara membuka tutup bagasi secara otomatis, pemilik mobil ini juga bisa memanfaatkan aplikasi Mitsubishi remote Control. Melalui aplikasi yang dapat diunduh di ponsel tersebut, Anda bisa juga membuka tutup pintu bagasi secara otomatis. Selain itu, melalui aplikasi mobile ini Anda juga akan mendapatkan informasi seputar kondisi kendaraan termasuk jadwal servis berkala.

>>> Lihat berita seputar mobil Mitsubishi lainnya di sini:

Fitur Mitsubishi Pajero Sport 2021

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Mitsubishi Remote Control

Gambar Mitsubishi Remote Control di Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Mitsubishi Remote Control jadi satu-satunya di kelasnya

Fitur Mitsubishi Remote Control ini akan semakin memudahkan Anda dalam mengontrol mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini. Jika Anda mengunci mobil ini kurang dari 20 menit, kaca masih dapat dibuka melalui smartphone Anda. Selain itu Mitsubishi Remotre Control ini juga dapat menjadi pengingat dan juga merekam segala histori kendaraan Anda, mulai dari jarak tempuh, pengingat servis dan sebagainya. Ini adalah fitur mutakhir yang seharusnya ada di mobil manapun.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Ringkasan Fitur Keselamatan

Empat buah rem cakram di Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS) yang akan menjaga ban mobil tidak mengunci saat pengereman dilakukan dengan keras. Sistem ini akan bekerja sama dengan Electronic Brake Fluid Distribution System akan mengatur tekanan minyak rem sehingga rem lebih pakem dan bersinergi dengan Brake Reinforcement System akan menambah kekuatan injakan terhadap pedal rem agar mobil dapat berhenti segera. Juga ada empat buah kamera di sekeliling mobil ini untuk mempermudah pengemudi dalam melakukan parkir.

Gambar Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Fitur keselamatan tetap terbanyak di kelasnya

Tak hanya itu saja, sistem rem juga akan mengaktifkan fitur Hill Start Assist yang akan menjaga mobil tidak meluncur kebawah ketika di tanjakan, fitur Hill Descent Control akan aktif menjaga laju mobil tetap terkendali saat melewati jalan menurun curam. Juga sistem radar akan mengaktifkan beberapa fitur canggih seperti Blind Spot Warning akan memperingati Anda ketika hendak berpindah jalur dan ada kendaraan tidak terlihat, fitur Forward Collition Mitigation akan membuat mobil mengerem secara otomatis ketika jarak terlalu dekat, Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System akan menjaga mobil Anda terhindar dari kecelakaan beruntun.

Gambar 7 airbag di Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

7-airbags mampu melindungi pengemudi dan penumpang

Fitur Rear Cross Traffic Alert juga akan mempermudah Anda mendeteksi kendaraan lain saat keluar dari tempat parkir. Juga jangan lupa mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini juga tetap dilengkapi dengan tujuh buah Airbags yang akan memberi keamanan Anda dan penumpang ketika terjadi kecelakaan plus bahan High Tensille Steel yang disebut oleh Mitsubishi sebagai konstruksi konstruksi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) digunakan sebagai bahan rangka demi kekuatan yang optimum tanpa melupakan handling.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Panel Instrumen

Gambar panel instrumen Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

LCD 8 inci ini mudah dipantau

Panel spidometer di mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini sangat futuristik dan asyik untuk dilihat oleh mata. Namun bukan itu yang akan kami bahas. Karena Multi Information Display ini dapat menampilkan beragam informasi dari Smartphone Anda. Jadi ketika ada pesan, maupun panggilan telepon Anda dapat mengetahuinya. Diharapkan dengan adanya fitur ini konsentrasi pengemudi tidak akan terlepas dari mobil.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: Sistem 4x4

Gambar Selector Super Select 4WD II di Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Sistem 4x4 canggih tetap disematkan pada mobil ini

Jika Anda ingin Off-Road, Anda tentu tidak perlu khawatir membawa mobil ini kemana saja. Sebab Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini sudah dilengkapi dengan fitur super select. Fitur Super Select 4WD ini sudah memiliki kemampuan setara dengan mobil dengan sistem full time4WD, karena sudah mencakup fungsi-fungsi dari 4WD bersistem full time seperti 2 High, 4 High, 4 High-Lock, dan 4 Low-Lock. Hal ini dapat terjadi karena sudah ada sensor kontrol traksi pada bagian belakang yang akan membantu sistem off-road mode di New Triton ini.

Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021: In-Car Entertaiment System

Gambar In-Car Entertaiment System Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

In-Car Entertaiment System sudah bisa koneksi Apple CarPlay

Kehadiran head unit touchscreen berukuran 8 inchi membuat infotaiment system dari mobil ini terasa meadai. Apalagi ia sudah mampu terkoneksi dengan sistem Smartphone-Link Display Audio (SDA). Sistem ini mampu bekerja untuk Apple CarPlay, jelas sistem ini memudahkan dan membuat makin intuitif. Plus kehadiran 6 speaker plus 2 tweeter seakan menjamin lantunan suara merdu dan menghibur sepanjang jalan.

>>> Komparasi Toyota Corolla Cross vs Mitsubishi Eclipse Cross vs Mazda CX-30 : Pertarungan Tersengit SUV Medium ...

Operasi Mitsubishi Pajero Sport 2021

Gambar mesin 4N15 Mitsubishi

Mesin berkode 4N15 tetap dipertahankan

Mesin berkode 4N15 tetap dipertahankan di Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini. Mesin ini punya karakter overstroke, yang artinya torsi mesin dapat diraih pada putaran mesin yang lebih rendah. Otomatis mobil akan jadi lebih efisien saat diajak melaju, baik di lalu lintas stop and go dalam kota, maupun high speed cruising pada lalu lintas luar kota. Transmisi 8 percepatannya dirancang closed ratio dengan tujuan memperpanjang nafas mesin diesel yang alamiahnya punya nafas pendek-pendek dan rpm-nya tidak tinggi. Tenaga dan torsi SUV ladder frame ini merupakan yang terbesar dikelasnya, untuk berapa angkanya Anda bisa langsung cek di tabel spesifikasi.

Gambar tuas transmisi Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Pajero Sport facelift ini tetap mengusung transmisi 8-speed

Suspensi yang digunakan juga proper. Konstruksi independent dual wishbone menjamin roda akan tetap lurus ketika mobil dipaksa bermanuver dengan ekstrim. Otomatis kedinamisan berkendara dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021 ini bisa demikian baik. Namun Anda perlu tetap ingat, meski darah reli mengalir kuat di DNA mobil-mobil Mitsubishi, namun Pajero Sport tetaplah SUV 7 penumpang dengan sasis tangga. Pengendaliannya tidak akan sebaik SUV dengan sasis monokok yang lebih lentur secara alami. Yang jelas, kami adalah media yang paling tidak sabar untuk dapat mencoba secara langsung mobil ini di jalan raya Indonesia. 

Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021.

Mesin Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Seri mesin

 4N15, 4 Cylinders In-Line DOHC 16V MIVEC VG Turbo Intercooler

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

Sistem Injeksi

 Common Rail, Direct Injection

Tenaga Maksimum

 178,5 Hp (181 Ps) @ 3.500 rpm

Torsi Maksimum

 430 Nm @ 2.500  rpm

Kapasitas Silinder

 2,442 cc

Bore X Stroke

 86,0 mm X 105,1 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis 8 Percepatan INVECS, Penggerak Roda Belakang

Rangka Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.825 mm x 1.815 mm x 1,835 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.800 mm

Jumlah Tempat Duduk

 7 Tempat Duduk

Jarak Terendah Ke Tanah

 218 mm

Kapasitas Tangki

 68 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Suspensi Depan & Belakang

 Independent - Double Wishbone, Coil Springs & 3 Rigid Axle, Coil Spring

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, & Mitsubishi Mitigation System

Teknologi Safety Sasis

 Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body

Struktur Sasis

 Ladder Frame

Pelek

 Alloy, 18 Inch

Jenis Ban

 Toyo Open Country, 265/60 R18

Daftar Harga Mitsubishi Pajero Sport 2021

Gambar tampak samping Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

Mobil yang kami ulas ini dibanderol Rp 733.700.000

Tampil dengan wajah baru Mitsubishi Pajero Sport dibanderol mulai Rp 502,8 juta untuk varian terendah dan termahalnya Rp 733,7 juta. Berikut rincian harganya. 

  • Mitsubishi Pajero Sport Exceed (4x2) MT Rp 502.800.000
  • Mitsubishi Pajero Sport GLX (4x4) MT Rp 567.800.000
  • Mitsubishi Pajero Sport Exceed (4x2) AT Rp 517.800.000
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT Rp 575.700.000
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate (4x2) AT Rp 624.700.000 
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x4) AT Rp 733.700.000

Kesimpulan Mitsubishi Pajero Sport 2021

Gambar kesimpulan review Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 2021

New Pajero Sport 2021 ini layak untuk Anda miliki

Sambutlah SUV besar bersasis ladder frame terbaik di kelasnya. Ia tetap mempertahankan style tangguh dan kokoh khas Pajero Sport dari mulai awal meluncur di Indonesia tahun 2009. Pajero Sport terbaru ini juga tetap hadir dengan fitur terlengkap di kelasnya yang membuatnya tak tertandingi rival-rival sekelasnya di Indonesia. Meski hal tersebut harus Anda bayar dengan banderol tertinggi di antara para rivalnya. Tetapi, Anda tak perlu khawatir dengan layanan purna jual Mitsubishi yang sudah tersebar hingga ke pelosol-pelosok daerah berkat nama besar truk FUSO di Indonesia.

>>> Simak berita Cintamobil lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top