Bugatti Bollide Terpilih Jadi Hypercar Tercantik di Dunia

06/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bugatti Bolide resmi mendapat penghargaan sebagai Hypercar tercantik di Festival Automobile International 2021 yang diadakan di Paris. Siapa saja pesaingnya?

Diperkenalkan pada Oktober 2020, Bugatti Bolide langsung mencuri perhatian publik dengan desainnya yang futuristik nan radikal bak mobil konsep. Bolide merupakan mobil yang difokuskan untuk lintasan balap dengan rasio tenaga 0,67 kilogram per 1 HP.

Pada bulan Agustus 2021, pabrikan yang bermarkas di Molsheim, Prancis ini akhirnya meluncurkan versi produksi Bolide sebanyak 40 unit dengan harga $4,7 juta atau setara Rp 66,8 miliar.

Meski tak memenangkan penghargaan apapun, Bolide adalah salah satu mobil paling spesial di dunia. Apalagi, sekarang mobil tersebut mendapat pengakuan dari salah satu kompetisi desain paling bergengsi di dunia.

>>> Bugatti Bolide, Konsep Hypercar Penakluk Le Mans

Gambar Bugatti Bolide

Hebatnya, mobil ini sudah menang penghargaan tersebut sebelum versi produksinya dipasarkan pada Agustus tahun ini

Mengalahkan 3 Mobil Lainnya

Dalam penghargaan tersebut, Bugatti Bolide melawan tiga mobil lain yang tak kalah cantik secara desain. Ada BAC Mono 2, Gordon Murray T50, dan Mercedes-AMG One, salah satu Hypercar yang paling ditunggu karena latar belakangnya sebagai mobil F1 versi jalan raya.

Dalam kategori Hypercar, mobil yang diperbolehkan untuk bersaing merupakan mobil yang diproduksi secara seri, dijual dengan harga lebih dari €60.000 hanya, serta menampilkan desain sporty dan performa luar biasa.

Penjurian dilakukan oleh desainer otomotif profesional yang kompeten, dan mereka menobatkan Bolide sebagai Hypercar dengan desain tercantik. Satu hal yang impresif dari desain Bolide, versi konsep dan versi produksi hampir sama persis.

Gambar Bugatti Bolide

Kini versi produksi Bolide bisa menerima penghargaan secara langsung

Memang, acara ini sudah terselenggara sejak bulan Januari 2021. Tetapi, saat itu Bolide masih belum ada versi produksinya. Kini, mobil itu dapat menerima penghargaan tersebut secara langsung yang secara resmi mengukuhkan penobatan tersebut.

"Penciptaannya terinspirasi oleh filosofi rasio tenaga dan bobot dari Ettore Bugatti saat masih muda, yang mendobrak dunia motorsport pada tahun 1920-an dengan merancang mobil yang ringan dan gesit, seperti Type 35, yang praktis tak terkalahkan. Bolide adalah puncak tertinggi dari filosofi itu, murni dalam desain dan tujuannya," ungkap Nils Sajonz, Kepala Desain Special Projects Bugatti.

Sajonz juga menyebutkan bahwa meski punya desain yang radikal, Bolide masih sangat menjunjung fungsionalitas serta tradisi dan kepribadian dari mobil-mobil Bugatti.

Sebagai informasi, Bugatti Bolide dibekali dengan mesin W16 quad-turbo 8,0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 1.825 HP di 7.000 rpm dengan torsi 1.850 Nm dari 2.000 rpm. Hypercar ini hanya memiliki bobot 1.240 kilogram.

Gambar Bugatti Bolide

0 - 400 km/jam dalam waktu 12 detik. Bahkan Mitsubishi Xpander saja belum menyentuh 100 km/jam dalam jangka waktu tersebut

Dengan angka di atas, Bugatti Bolide dapat berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam 2,17 detik. Sementara akselerasi 0 - 200 km.jam dalam 4,36 detik dan 0 - 300 km.jam dalam 7,37 detik. Bagaimana dengan 0 - 400 km/jam? 12,08 detik saja. Artinya, saat Toyota Raize mencapai kecepatan 100 km/jam, Bolide sudah berada di sekitar 350 km/jam.

>>> Bugatti Bakal Bikin Mobil Listrik Bersama Rimac, Sekencang Apa?

Mobil Apa Lagi yang Memenangkan Ajang Ini?

Dalam acara tersebut, ada beberapa kategori lain yang ikut diperlombakan sepert most beautiful show car yang dimenangkan oleh Audi Q4 E-Tron Sportback.

Gambar Maserati MC20

Jangan lupakan MC20 yang memenangkan kategori Supercar tercantik

Ada juga DS Aero Sport Lounge yang dinobatkan sebagai mobil konsep tercantik, Mercedes-Benz Vision AVTR yang menang dalam kategori mobil futuristik, serta Maserati MC20 yang didapuk sebagai Supercar tercantik.

>>> Kisah Bugatti Chiron Super Sport, Mobil Sport Terkencang di Dunia!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top