Bugatti Bolide, Konsep Hypercar Penakluk Le Mans

29/10/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Bugatti Bolide, Konsep Hypercar Penakluk Le Mans
Setelah delapan bulan pengembangan Bugatti memperkenalkan Bolide, konsep hypercar khusus trek berbasis Chiron dengan power-to-weight ratio 0,67 kg/HP dan top speed di atas 500 km/jam.

Sejak diperkenalkan tahun 2016, sudah banyak line-up spesial Bugatti yang lahir dari basis Chiron. Sebut saja Sport, Pur Sport, Vision Gran Turismo, Centodieci, Divo, Super Sport 300+, sampai La Voiture Noire.

Tapi belum ada yang seperti Bugatti Bolide, sebuah konsep hypercar khusus trackday dengan spesifikasi dan desain yang sangat agresif.

>>> Bugatti stop produksi hypercar baru di tengah pandemi

Power-to-weight ratio 0,67 kg/HP!

Menggunakan basis mesin W16 8.0L quad-turbo Chiron dengan tenaga 1.578 HP di Centodieci dan Super Sport 300+. Bugatti memodifikasi mesin tersebut dengan bahan bakar beroktan 110 dan turbocharger baru, hasilnya hypercar satu ini punya tenaga 1.825 HP dan torsi 1.850 Nm.

Sasis Bugatti Bolide dari material karbon

Berbekal sasis yang ringan dan sangat kokoh, Bugatti Boldie memiliki power-to-weight lebih dari 1 HP/kg

Tapi mesin tersebut bukanlah satu-satunya faktor penting dari Bugatti Bolide, sasis mobil ini dibuat dari karbon yang sangat ringan, dan material titanium alloy untuk berbagai komponen mobil mulai dari mur, baut, sampai dudukan spoiler belakang.

Hasilnya, bobot kosong Bugatti Bolide berada di 1.240 kg, ini jauh lebih ringan dari Chiron yang hampir 2 ton. Dan jika dihitung, power-to-weight ratio mobil ini sebesar 0,67 kg/HP (atau 1,5 HP/kg jika dikonversi). Oke, terjawab sudah dari mana angka 0,67 yang ada di teaser mobil ini.

>>> Wow! Biaya Ganti Ban Bugatti Veyron Setara Harga Toyota Fortuner Baru

0-500 km/jam dalam waktu 20,16 detik

Dengan performa seperti ini, Bugatti Bolide dapat melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,17 detik, 0-200 km/jam tuntas dalam waktu 4,36 detik, 0-300 km/am dalam waktu 7,37 detik, 0-400 km/jam dalam waktu 12,08 detik. Bugatti mengklaim kecepatan mobil ini lebih dari 500 km/jam, dengan akselerasi 0-500 km/jam tuntas dalam waktu 20,16 detik. 

Catatan waktu simulasi Bugatti Bolide

Berdasarkan simulasi, Bolide dapat mengitari sirkuit Le Mans 24 jam dalam waktu 3 menit 7,1 detik

Selain itu, Bugatti Bolide juga diklaim dapat mengitari Nurburgring Nordschleife dalam waktu 5 menit 23,1 detik, dan Le Mans dalam waktu 3 menit 7,1 detik. Well, semua ini memang masih simulasi, dan menarik untuk mengetahui bagaimana aksi hypercar satu ini saat beraksi di trek.

Beralih ke desain, well rasanya kami sudah bisa menyimpulkan desain mobil satu ini. Kami menganggap Bugatti Bolide tampak seperti mobil yang datang entah dari mana, galaksi lain mungkin.

Tampilan depan Bugatti Bolide

Tampilan belakang Bugatti Bolide

Downforce yang dihasilkan mobil total sampai 2.600 kg dalam kecepatan 320 km/jam

Tapi desain Bugatti satu ini tidak asal nyentrik, seluruh aspek mobil dibuat dengan seksama dan ada maksud. Kita mulai dari model roof scoop dengan gelembung yang keluar saat pedal gas dijejak lebih dalam, Bugatti menyebutnya sebagai “Morphable Outer Skin.”

Dibagian depan, terdapat gril depan khas Bugatti dengan front splitter yang dapat diatur di bumper. Desain bagian depan secara optimal mengarahkan angin ke lubang udara fender belakang untuk sistem pendingin mesin, dan menghasilkan downforce sebesar 800 kg dalam kecepatan 320 km/jam.

Dipadukan dengan spoiler belakang yang juga adjustable, dan diffuser tiga layer yang sangat besar. Downforce yang dihasilkan bagian belakang  Bugatti Bolide tidak main-main, yakni sebesar 1.800 kg di kecepatan 320 km/jam.

Interior Bugatti Bolide

Kabin mobil ini juga terlihat mobil balap sekali

Masuk ke dalam, interior Bugatti Bolide juga mendapat ubahan ekstrim dari model Chiron lainnya. Secara layout dan posisi duduk, kabin mobil ini sudah mobil balap sekali, setirnya model tanpa bagian atas seperti mobil F1, ada tunnel yang memisahkan kursi penumpang dan pengemudi, dan layar di belakang kemudi.

Cuma dikembangkan dalam waktu delapan bulan, belum ada harga Bugatti Bolide. Well, sampai tulisan ini dibuat juga pabrikan Prancis itu belum tahu apakah hypercar terkencangnya akan naik produksi atau tidak.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top