Bugatti Bakal Bikin Mobil Listrik Bersama Rimac, Sekencang Apa?

06/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Bugatti melakukan diversifikasi terhadap jajaran produknya. Bekerja sama dengan spesialis mobil listrik, Rimac, mereka akan masuk ke ranah elektrifikasi.

Setelah proses negosiasi yang panjang, akhirnya Bugatti bekerja sama dengan produsen mobil listrik asal Kroasia, Rimac. Keduanya akan bergabung dalam satu grup, Bugatti Rimac LLC yang 45% sahamnya dimiliki oleh Porsche, dan 55% dimiliki Rimac Group.

Bugatti dan Rimac akan tetap menjadi brand yang terpisah, mempertahankan fasilitas produksi Prancis dan Kroasia masing-masing saat ini. Namun, mulai tahun 2023, perusahaan yang baru dibentuk ini akan berbasis di Rimac Campus di pinggiran Zagreb, ibu kota Kroasia.

Gambar Rimac Campus

Keduanya akan bermarkas di Rimac Campus yang terletak di Zagreb

Mendapat Suntikan Teknologi Baru

Langkah ini memiliki implikasi signifikan untuk model masa depan dari kedua perusahaan, terutama Bugatti yang akan mendapatkan akses ke teknologi motor listrik bertenaga tinggi dari Rimac sebagai pengganti potensial untuk mesin bensin W16 yang mulai ketinggalan zaman.

>>> Keren! Ini Truk Pemadam Kebakaran Listrik Canggih Seharga Supercar

“Kami menggabungkan keahlian Bugatti yang kuat dalam bisnis hypercar dengan kekuatan inovatif Rimac yang luar biasa di bidang mobilitas listrik yang sangat menjanjikan," ungkap Chairman dari Porsche, Oliver Blume.

Gambar Rimac Bugatti Porsche

Kolaborasi ini akan melahirkan sesuatu yang baru untuk sang pabrikan legendaris asal Prancis

Blume juga mengatakan bahwa Bugatti adalah sebuah ikon dan brand yang memiliki sejarah panjang di dunia otomotif. Ia meyakini bahwa kolaborasi antar kedua brand akan melahirkan pengembangan dan pendekatan yang baru.

Akan Meluncurkan Mobil Listrik

Tak menunggu waktu lama, kedua produsen hypercar ini pun langsung bekerja sama untuk mengembangkan mobil listrik menemani Chiron. Ini menjadi sesuatu yang baru mengingat Bugatti hanya meluncurkan 1 produk utama sebagai strategi dari era EB110 di tahun 1991.

Mate Rimac, pendirik dari Rimac mengungkapkan bahwa akan ada 1 mobil hybrid dan 1 mobil listrik dari Bugatti dalam waktu dekat. Mobil listrik tersebut bukanlah Rimac Nevera yang akan di-rebadge. Ia juga mengatakan bahwa mobil baru ini akan berbeda dari Bugatti Chiron.

>>> Harus Bepergian Saat PPKM Darurat? Begini Cara Unduh Sertifikat Vaksinasi

Gambar Mate Rimac

Mate Rimac bersama hypercar listrik buatannya, Nevera

"Kami tidak akan hanya merombak atau menghibridisasi Chiron untuk membuat mobil baru. Kami sedang mengembangkan produk yang benar-benar baru dari bawah ke atas, karena menurut kami itulah cara terbaik, dan produk itu akan tetap memiliki mesin pembakaran," ujar Rimac.

Akan seperti apa mobil listrik dari Bugatti? Apakah akan lebih kencang atau sama kencang dengan Rimac Nevera? Kita tunggu saja tanggal mainnya ya.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top