Keren! Ini Truk Pemadam Kebakaran Listrik Canggih Seharga Supercar

06/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jika mobil listrik terdengar sudah biasa, Rosenbauer membuat truk pemadam kebakaran listrik pertama dengan teknologi canggih yang dibanderol seharga supercar.

Teknologi kendaraan listrik terus dikembangkan oleh produsen otomotif di seluruh dunia. Dari sepeda motor hingga kendaraan komersial, semua sudah dielektrifikasi demi mengantisipasi kerusakan lingkungan akibat emisi. Rosenbauer menjadi perusahaan pertama yang menghadirkan truk pemadam kebakaran dengan basis tenaga listrik.

Gambar Rosenbauer RT

Truk pemadam kebakaran paling revolusioner

Produsen truk asal Austria ini sudah memperkenalkannya pada tahun 2016 dengan nama Concept Fire Truck (CFT). Kini, truk tersebut diberi nama Rosenbauer RT (Revolutionary Technology). Di akhir 2019, Departemen Pemadam Kebakaran Amsterdam, Belanda mengunakan truk pemadam kebakaran listrik ini sebagai armada mereka pada tahun 2020.

>>> Harus Bepergian Saat PPKM Darurat? Begini Cara Unduh Sertifikat Vaksinasi

Truk Revolusioner

Rosenbauer menyebutnya revolusioner bukan hanya karena battery pack yang menggerakkan dua motor penggerak listriknya – satu per gandar. Truk ini juga memiliki struktur monocoque dan elemen lain yang membuatnya menjadi truk pemadam kebakaran yang cukup unik, seperti sistem suspensi pneumatiknya.

Sistem ini mengurangi ground clearance truk untuk memberikan akses yang lebih mudah ke peralatan untuk petugas pemadam kebakaran. Rosenbauer RT dapat menampung dari empat hingga sembilan petugas pemadam kebakaran.

Gambar interior Rosenbauer RT

Bagian kabin Rosenbauer RT, bisa memuat hingga 9 petugas pemadam kebakaran

Di Eropa, RT memiliki panjang 7,20 meter, lebar 2,35 m, dan tinggi 2,90 m dengan jarak sumbu roda 3,80 m. Di Amerika Serikat, karena peraturan keselamatan yang berbeda, truk ini sedikit lebih panjang, yaitu 7,30 m. Rosenbauer RT dapat dipesan dengan jarak sumbu roda 4,10 m dan 4,40 m.

Suspensi dapat memiliki empat jarak bebas operasi dari tanah: 17,5 cm (6,9 inci), 25 cm (9,8 inci), 35 cm (13,8 inci), dan 47 cm (18,5 inci). Itu memungkinkan kendaraan untuk mengatasi sebagian besar rintangan di jalan. Ground clearance yang lebih tinggi adalah untuk off-road atau fording melalui banjir jika diperlukan.

>>> Lego Technic 2021 Terbaru Juga Tampilkan Seri Heavy Duty Truck

Tetap Dibekali Dengan Mesin Diesel

Truk listrik ini memiliki dua opsi battery pack, satu atau dua, yang berarti Anda dapat memesannya dengan satu paket baterai 50 kWh atau sepasang, yang meningkatkan energi tersedia hingga 100 kWh.

RT dengan battery pack 100 kWh memiliki jangkauan perkotaan listrik murni 100 kilometer. Setelah titik itu, mesin turbodiesel 6-silinder bertenaga 268 HP akan menyala secara otomatis menyala untuk meningkatkan jangkauan hingga 600 km.

Gambar Meriam Air Rosenbauer RT

Meriam air Rosenbauer RT

Truk ini memang tidak perlu menggunakan bahan bakar diesel 125 liter yang tersedia. Namun, sebagai kendaraan darurat truk ini tidak boleh kehabisan daya saat beroperasi, sehingga cadangan mesin diesel tersebut diperlukan.

Truk ini dapat membawa 946 liter air atau hingga 3.785 l dan 1.000 l hingga 4.000 l untuk spesifikasi Eropa. Dengan baterai yang terisi 100%, pompa air dapat bekerja terus menerus selama satu jam pada 528 gpm hingga pengisian turun hingga 20%. Saat mesin turbodiesel menyala, truk dapat terus memompa air selama lima jam lebih.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top