Begini Cara Transaksi di Tol Tanpa Buka Kaca Mobil

23/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Begini Cara Transaksi di Tol Tanpa Buka Kaca Mobil
Sistem pembayaran LET IT FLO diuji coba lagi di 43 gerbang tol. Buat pengendara yang belum tahu, berikut panduan dan cara transaksi menggunakan LET IT FLO!

Kenyamanan di jalan tol terus ditingkatkan, termasuk dalam transaksi di tol. Yang dulunya menggunakan uang tunai, beralih ke uang elektronik dalam bentuk kartu. Dan sebentar lagi bakal beralih ke cara yang lebih canggih berupa transaksi non tunai nirsentuh. Salah satunya menggunakan LET IT FLO.

LET IT FLO adalah aplikasi pembayaran tol prabayar berbasis voucher elektronik yang terintegrasi dengan stiker berteknologi Radio Frequency Identification (RFID). Dengan LET IT FLO penggunaan kartu uang elektronik tidak diperlukan lagi. Bahkan pengendara tak perlu repot membuka jendela saat melakukan transaksi di tol. 

Uji Coba di Gerbang Tol se-Jabodetabek

Sistem pembayaran LET IT FLO diuji coba pertama kali oleh Jasa Marga di Jalan Tol Bali Mandara pada akhir 2018 secara terbatas, didukung kerja sama Business to Business (B2B) dengan Bluebird, BUMN di Wilayah Bali, BUMD, Pemerintah dan komunitas setempat.

Kini, LET IT FLO diuji coba lagi untuk transaksi di tol se-Jabodetabek. Dalam e-Booklet-nya PT. Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) memaparkan ada 43 gerbang tol yang bakal jadi tempat uji coba LET IT FLO dengan 50 gardu. Yaitu di Tol Jakarta-Cikampek, Tol JORR, Tol Dalam Kota, Tol Sedyatmo (Tol Bandara), Tol Jakarta-Tangerang, dan Tol Jagorawi.

>>> Mengenal Perbedaan Sistem Transaksi di Jalan Tol

Foto Gerbang Tol Cengkareng

Menggunakan aplikasi LET IT FLO, transaksi di tol cukup mengurangi kecepatan dan tidak perlu berhenti

Panduan menggunakan LET IT FLO

LET IT FLO memberikan banyak kemudahan dalam melakukan transaksi di tol. Namun pengendara perlu memahami cara menggunakan LET IT FLO untuk transaksi di tol agar tak kebingungan nantinya. Yang pertama adalah melakukan registrasi, dan yang kedua melakukan top up voucher.

  1. Registrasi, sebagaimana disebutkan di laman letitflo.id caranya sebagai berikut:
  2. Download aplikasi Flo dari Playstore dan lakukan pendaftaran dengan mengklik tombol Daftar. Isi kolom pendaftaran hingga selesai sampai muncul pesan Selamat! Anda sudah berhasil melakukan registrasi LET IT FLO.
  3. Lakukan pemesanan dan pilih lokasi pengambilan stiker RFID. Setelah melakukan pemesanan RFID, tentukan lokasi dan tempat pemasangan stiker RFID.
  4. Bawa kendaraan ke lokasi pemasangan RFID. Datang ke lokasi pemasangan stiker RFID sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.
  5. Pemasangan stiker RFID. Tim teknisi FLO akan membantu proses pemasangan, pengujian dan aktivasi stiker RFID.
  6. Aplikasi FLO-mu siap digunakan.

Langkah berikutnya adalah melakukan isi ulang voucher agar aplikasi FLO siap digunakan Untuk top up bisa dilakukan dari mana saja. Dari halaman utama aplikasi LET IT FLO pilih menu Beli Voucher. Anda akan diarahkan ke metode pembayaran dan pilih LinkAja. proses berikutnya diarahkan ke aplikasi LinkAja secara otomatis. Anda bisa melakukan transaksi pembelian hingga selesai.

Gambar menunjukkan Daftar ruas uji coba FLO

LET IT FLO diuji coba di gerbang tol se-Jabodetabek (klik untuk memperbesar)

Kurangi Kecepatan di Gerbang Tol

Tidak perlu berhenti untuk melakukan pembayaran bukan berarti bisa ngebut. Demi keamanan sangat disarankan pengendara untuk mengurangi kecepatan saat memasuki gerbang tol. Paling tidak 30 km/jam, sebagaimana pernah dituturkan Direktur Utama PT JMTO, Septerianto Sanaf.

“Pengguna FLO tetap harus mengurangi kecepatan saat memasuki Gerbang Tol. Demi keamanan pengguna jalan, kecepatan yang kami sarankan adalah 30 km/jam,” kata pria yang kerap disapa Aan itu, seperti dikutip dari Jasa Marga (9/7/2019).

>>> Transaksi Non Tunai Nirsentuh Tidak Untuk Seluruh Gardu Tol

Foto menunjukkan Gerbang Tol Nusa Dua Bali, lokasi uji coba LET IT FLO di Tol Bali Mandara

Untuk pertama kalinya, FLO diuji coba di Tol Bali Mandara akhir 2018

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top