Beda Pasar Daihatsu Rocky Turbo Dengan Nonturbo

13/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hadir dengan dua pilihan mesin, pasar Daihatsu Rocky Turbo dan Nonturbo berbeda satu sama lain karena karakter mesinnya beda dan harganya juga tidak sama.

Dua varian tersedia untuk Daihatsu Rocky di Tanah Air, yaitu mesin 1000 cc Turbo dan mesin 1.200 Nonturbo. Keduanya diluncurkan secara terpisah. Daihatsu Rocky Turbo pada akhir April 2021, sedangkan varian nonturbo di pertengahan Juni 2021.

Foto menunjukkan Daihatsu Rocky Turbo tampak samping depan

Daihatsu Rocky laris manis sejak diluncurkan

Beda Pasar

Tidak hanya spesifikasinya yang berbeda, target pasar Daihatsu Rocky Turbo dan Nonturbo juga berbeda. Di jajaran line up Daihatsu, Rocky Turbo adalah flagship untuk segmen crossover SUV dengan sasaran konsumen mapan.

Sementara Rocky Nonturbo untuk konsumen yang menginginkan mobil dengan harga lebih terjangkau, namun tetap eksotis dan nyaman dikendarai.

Harganya untuk varian Turbo mulai dari Rp 228.200.000 untuk tipe 1.0 R TC MT SC hingga Rp 253.500.000 untuk tipe 1.0 R TC CVT ASA TWO TONE SC. Sedangkan varian Nonturbo mulai dari Rp 189.300.000 untuk tipe 1.2 M MT hingga Rp 227.100.000 untuk tipe 1.2 X CVT ADS.

Harga di atas per September 2021 On The Road Jakarta. Untuk wilayah lain atau pada bulan yang berbeda menyesuaikan.

>>> Daihatsu Rocky Sajikan Pilihan Sesuai Gaya Hidup

Berikut beberapa perbedaan utama Daihatsu Rocky 1.0 Turbo dengan Daihatsu 1.2 Nonturbo:

Mesin

Rocky Turbo menggunakan mesin bensin tipe 1KR-VET berkapasitas 998 cc, 3-Silinder, DOHC, DVVT, 12 katup dengan teknologi Turbocharger. Tenaga maksimum dihasilkan mencapai 96,5 Hp (98 Ps) pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 140 Nm pada 2.400 - 4.000 rpm.

Untuk Daihatsu Rocky Nonturbo menggunakan mesin bensin tipe WA-VE berkapasitas 1.198 cc, 3-Silinder, DOHC, DVVT, 12 katup tanpa Turbo. Tenaga maksimum dihasilkan mencapai 87 Hp (88,5 Ps) pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 4.500 rpm.

Bisa dilihat, berkat teknologi Turbocharger performa Rocky Turbo lebih mantap dibanding Rocky Nonturbo meski kapasitas silinder mesinnya lebih kecil.

Foto Interior Daihatsu Rocky

Interior Daihatsu Rocky semua varian tidak jauh berbeda

Fitur

Perbedaan utama berikutnya ada pada fitur. Selain fitur keselamatan dasar Daihatsu Rocky Turbo dilengkapi teknologi keselamatan canggih yang disebut ASA (Advanced Safety Assist). Ada 6 fitur ASA yang tersedia untuk Indonesia, yaitu:

  • Pre Collision Warning
  • Front Departure Alert
  • Pre Collision Braking
  • Lane Departure Warning
  • Pedal Misoperation Control
  • Lane Departure Prevention

Fitur tersebut tidak ada pada Daihatsu Rocky Nonturbo. Fitur keselamatannya hanya yang bersifat dasar seperti airbag pengemudi dan penumpang depan, sistem pengereman ABS+EBD, seatbelt warning, child safety lock, serta Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) khusus tipe CVT.

Untuk hal-hal lain seperti desain eksterior, interior, kapasitas penumpang, dan bagasi tidak terlalu beda signifikan antara Rocky Turbo dan Nonturbo.

>>> Serius, Renault Kiger Tantang Daihatsu Rocky?

Foto Daihatsu Rocky Non Turbo tampak samping depan

Daihatsu Rocky pilihan SUV harga terjangkau

>>> Cari mobil Daihatsu, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top