Daihatsu Rocky Sajikan Pilihan Sesuai Gaya Hidup 

09/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Daihatsu Rocky tersedia dengan beragam pilihan varian sesuai kebutuhan konsumen dan sekaligus menjadi produk favorit untuk mewakili gaya hidup penggunanya

Bagi sebagian kalangan, mobil sudah bukan lagi sekadar alat transportasi dari  A ke lokasi B. Beberapa menganggap mobil sebagai menjadi personal statement untuk menunjukkan jati diri, gaya hidup dan status sosial. Itu sebabnya, banyak pabrikan otomotif yang menyediakan beragam varian mobil seperti base model (entry level) hingga custom model. Belum lagi paket modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.  

Salah satu mobil yang bisa mewakili trending topic tersebut adalah Daihatsu Rocky karena  beberapa alasan. Pertama, Daihatsu Rocky adalah mobil terbaru (rilis April 2021) dan karakter khas konsumen Indonesia memang suka dengan sesuatu (produk) yang baru. Kedua, harga yang (relatif) kompetitif dengan rentang lebar mulai dari Rp 189.300.000 hingga  Rp 253.500.000 untuk semua model dan varian. Ketiga, varian produk yang beragam mulai dari entry level sampai top of the line. Keempat, pilihan mesin 1,0 liter turbo dan 1,2 liter NA serta  transmisi manual dan CVT. 

Varian Entry Level 

gambar daihatsu rocky

Varian M memikat melalui sajian value for money  

Sebagai langkah awal, tersedia Daihatsu Rocky (varian 1.2 M MT) yang paling murah dengan harga Rp 189.300.000 atau silakan menambah Rp 16,6 juta untuk mendapatkan varian 1.2M CVT (Rp 205.900.000). Walau berstatus sebagai varian entry level atau base model, atau varian paling bawah, faktanya Daihatsu Rocky 1.2M menawarkan value for money yang memikat.

Pertama, konsumsi bensin mesin 1,2 liter yang tergolong efisien dengan 19 km/liter (klaim PT Astra Daihatsu Motor/ADM) dan biaya servis yang relatif terjangkau. Kedua, Daihatsu Rocky 1.2M memakai velg 16 inci sehingga harga ban lebih murah. Selain itu, ada banyak pilihan velg alloy 16 inci yang murah namun modis sebagai pengganti velg standar. Ketiga, kelengkapan fitur yang komprehensif mulai dari kenyamanan, keselamatan dan hiburan (infotainment).  

Varian Tengah

gambar daihasu rocky

Tampilan modis dan fitur lengkapi menjadi nilai jua varian X 

Setingkat di atas varian M, konsumen dapat memilih varian X dengan rentang harga lebih mahal yang dimulai dari Rp 202.400.000 hingga Rp 227.100.000. Pada sisi lain, ADM menyematkan rangkaian fitur yang lebih banyak dan lebih lengkap untuk Rocky X. Secara umum, Rocky X boleh disebut sebagai versi dandan modis dari Rocky M.  

Terkait dandan dan fitur, semua sektor Daihatsu Rocky X mulai eksterior hingga interior tampil lebih berkelas. Untuk eksterior terlihat velg alloy 16 inci, tanpa lubang kunci, grille dengan sentuhan  piano black,  lampu depan  LED, lampu kabut, wiper belakang dan kaca spion elektrik (lipat).  

Untuk interior, terdapat  panel silver pada kemudi,  konsol tengah, kisi AC, dan handel pintu. Selanjutnya panel instrumen  digital menggantikan model analog. Kabin juga dilengkapi  welcome lamp,  kemudi   multifungsi,  tombol engine start/stop, slot USB, dua speaker belakang dan kamera parkir.  O iya, harga varian X memang lebih mahal daripada varian M namun sebanding dengan nilainya. Sebab, jika Anda rinci satu per satu tambahan fitur, lalu membeli secara terpisah dan memasangnya, maka biayanya akan lebih mahal.   

Varian top of the line

gambar daihatsu rocky

Varian R menjadi varian top of the line 

Jika uang bukan masalah, tentunya pilihan terbaik adalah membeli varian tertinggi dalam keluarga besar Daihatsu Rocky dengan nama Daihatsu Rocky R bermesin 1,0 liter turbo. Varian tertinggi ini dijual mulai dari Rp 226.700.000 (varian base model MT) hingga Rp 253.500.000 (varian paling mahal 1.0 R TC CVT ASA TWO TONE SC). 

Kalau Anda tipe konsumen yang tidak mau repot ini dan itu, maunya tinggal pakai dan mengutamakan unsur eksklusif, pilihan terbaik adalah membeli Rocky 1.0 R TC CVT ASA TWO TONE SC. Karena varian tersebut adalah varian paling mahal dan paling lengkap dalam hal fitur. Antara lain Mesin 1,0 liter turbo yang bertenaga, transmisi D-CVT yang efisien, halus, dan responsif. Tidak lupa dukungan fitur ASA (Advanced Safety Assist) meliputi SRS Airbag (Driver & Passenger), ABS + EBD, VSC, HSA. 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top