Serius, Renault Kiger Tantang Daihatsu Rocky?

30/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dengan desain keren, harga terjangkau dan nama besar merek Eropa, Renault Kiger siap menghadang laju Daihatsu Rocky yang lebih dulu meluncur tahun ini.

Renault Kiger, mobil Eropa itu benar-benar menjadi pilihan baru konsumen di Indonesia setelah peluncurannya dinyatakan resmi, pada 28 Agustus 2021. SUV kompak 5 seater itu melengkapi model Renault yang lain seperti Triber, Kwid dan Koleos.

Foto Renault Kiger tampak samping depan

Renault Kiger resmi dijual di Indonesia

Secara Kiger menawarkan kelebihan yang dimiliki, dari desain yang menarik, harga terjangkau hingga nama besar merek Eropa. Namun demikian, Kiger tidak bisa santai karena model sepadan siap menghadang. Seperti Daihatsu Rocky yang diluncurkan 17 Juni 2021 lalu. Merek Jepang ini juga memiliki segudang keunggulan yang layak diperhitungkan.

>>> Renault Kiger Meluncur, Harganya Rp 275,9 Juta

Nah, siapa yang lebih beruntung dan menguntungkan? Simak komparasinya berikut!

Desain

  • Eksterior

Renault Kiger, secara kasat mata tampilan mukanya langsung bisa dikenali bahwa itu adalah mobil Renault. Desainnya elegan, namun sebelas dua belas dengan Kwid Climber dari tatanan gril, lampu utama, DRL LED, hingga bumper.

Perbedaan yang ada tidak terlalu signifikan, seperti lampu utamanya yang dibuat kotak-kotak kecil berjajar horizontal serta tidak ada aksen-aksen warna oranye seperti pada Kwid. Kemudian ada aksen warna hitam doff membentang horizontal memisahkan gril atas dan bumper bawah.

Meski ada kemiripan, Renault Kiger lebih sporty dibanding Kwid karena dimensinya yang lebih panjang serta pilar C paling belakang didesain warna hitam memunculkan kesan floating roof.

Foto Daihatsu Rocky tampak samping depan

Daihatsu Rocky langsung laris sejak diluncurkan di tanah air

Kiger memiliki ukuran panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.605 mm, serta jarak sumbu roda 2.500 mm dan ground clearance 205 mm.

Daihatsu Rocky, desainnya lebih kaku dan berkarakter karena penggunaan garis-garis tegas di banyak bagian, dari depan, samping, hingga belakang.

Adapun untuk dimensi, Rocky sedikit lebih besar dari Kiger dengan ukuran panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm, serta jarak sumbu roda 2.525 mm dan ground clearance 200 mm,

>>> Daihatsu Rocky Masuk 10 Besar Mobil Terlaris, Ini yang Bikin Laku

  • Interior

Di bagian paling depan, yaitu ruang kemudi memiliki penataan yang hampir sama. Head unit tengah sama-sama di bagian paling atas, di bawahnya ada 2 kisi AC lalu ada pengaturan AC dengan tombol digital untuk Rocky dan knop putar digital untuk Kiger.

Kabin Renault Kiger hanya untuk 5 penumpang, sama seperti Daihatsu Rocky. Kelebihannya sandaran tengah kursi belakang bisa difungsikan sebagai arm rest saat tidak digunakan, bahkan terdapat 2 cup holder untuk meletakkan botol atau gelas minuman. Fitur ini tidak dimiliki Daihatsu Rocky yang sandaran kursi tengahnya fix.

Foto menunjukkan Dashboard Renault Kiger

Sedang ngetrend head unit kendaraan model float

Untuk kelapangan, kabin Rocky lebih lapang mengingat atapnya lebih tinggi dari Kiger dan ground clearance-nya lebih rendah. So, bagi yang punya ukuran tubuh tinggi tidak perlu khawatir kepala tak kebagian head room.

Demikian pula untuk akomodasi barang, bagasi Kriger berkapasitas 405 liter, lebih luas dari bagasi Rocky yang berkapasitas 369 liter.

Fitur

Head unit Renault Kiger mengusung teknologi modern dan support Android Auto dan Apple CarPlay. Untuk keselamatan ada fitur Electronic Stability Control, Traction Control System, Vehicle Dynamic Control, 4 airbag, Hill Start Assist, dan kamera parkir.

Untuk kenyamanan Kiger memiliki filter AC PM2.5 yang dapat menyaring partikel hingga sebesar 2.5 mikron, yakni ukuran materi terkecil dari bakteri dan polusi udara yang dihasilkan pabrik, kendaraan, kayu bakar, dan lain-lain. Dengan begitu hembusan AC dalam kendaraan menjadi lebih bersih. Di baris belakang, pengendara bisa mengatur arah hembusan AC dengan adanya kisi-kisi di belakang konsol tengah.

Foto menunjukkan Kursi belakang Renault Kiger

Armrest baris kedua Renault Kiger menambah kenyamanan

Daihatsu Rocky juga tak kalah canggih, SUV kompak ini mengusung sistem keselamatan canggih yang disebut ASA (Advanced Safety Assist), meliputi Airbag pengemudi dan penumpang depan, sistem pengereman ABS & EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist (HSA), Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Namun untuk baris belakang, penumpang Rocky tidak mendapatkan kisi AC independen sebagaimana Kiger.

>>> Cari mobil Daihatsu, dapatkan harga terbaik di sini!

Mesin

Ke bagian paling penting, yaitu mesin. Renault Kiger dibekali mesin bensin 1.000 cc, 3-Silinder, DOHC, CVTCS, 12 katup dengan Turbocharger. Tenaga yang dihasilkan mencapai 99 HP (100 Ps) pada 5.000 rpm dan Torsi Maksimum 152 Nm pada 2.200-4.400 rpm.

Foto Interior Daihatsu Rocky

Kiger dan Rocky sama-sama 5 seater

Daihatsu Rocky juga memiliki mesin yang sama, bensin 1000 cc, 3-Silinder, DOHC, DVVT, 12 katup dengan teknologi Turbocharger. Tenaga maksimum dihasilkan mencapai 96,5 Hp (98 Ps) pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 140 Nm pada 2.400 - 4.000 rpm.

Harga

Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan, harga Renault Kiger dibanderol Rp 278 juta, [saat ini sedang promo, harga lebih murah]. Sedangkan Daihatsu Rocky dengan harga termahal saat ini Rp 239,6 yaitu varian 1.0 R TC CVT ASA TWO TONE SC.

Dengan beragam yang dimiliki kedua SUV di atas, silahkan Anda prediksi siapa yang bakal beruntung dan menguntungkan.

>>> [INFOGRAFIK] Ada Renault Kiger, Ini Beda 5 Low SUV Termurah Indonesia

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top