Catat! Mulai 25 Oktober Ganjil Genap Jakarta Berlaku di 13 Jalan Ini

22/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dengan berlakunya PPKM level 2 di Jakarta, ada beberapa pembaruan terhadap aturan ganjil genap. Selain penambahan ruas jalan, ada perubahan jadwal pemberlakuan.

Dengan penurunan level PPKM di Jakarta yang berlaku dari tanggal 19 Oktober hingga 1 November 2021, aktivitas masyarakat pun mulai berangsur normal. Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pribadi di berbagai ruas jalan, Pemprov DKI Jakarta memperbarui aturan ganjil genap.

Sebelum Anda kembali beraktivitas ke ibu kota, simak perubahan jadwal dan area pemberlakuan ganjil genap (gage) terbaru di bawah ini.

Tak Lagi Berlaku Setiap Hari

Gambar Jadwal Ganjil Genap

Jadwal gage kembali seperti biasa sesuai dengan Pergub

Jika sebelumnya ganjil genap berlaku setiap hari dari pukul 06.00 hingga 20.00 WIB, kini pengaturan arus kendaraan berdasarkan plat nomor ini kembali berlaku di hari kerja (Senin -  Jum'at) dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB lalu kembali berlaku di sore hari dari pukul 16.00 hingga 20.00 WIB.

>>> Duh! Nyetir di Jakarta Bikin Pengendara Stress

Tak hanya akhir pekan, gage juga tak lagi berlaku di hari libur nasional. Secara jadwal pemberlakuan, perubahan ini mengikuti Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2019.

Jika sebelumnya aturan ini hanya berlaku di Jalan Sudirman, Jalan M. H. Thamrin, dan Jalan H. R. Rasuna Said, pemerintah kini menambahkan 10 ruas jalan protokol baru, yaitu:

  • Jalan Fatmawati
  • Jalan Panglima Polim
  • Jalan Sisingamangaraja
  • Jalan M. T. Haryono
  • Jalan Gatot Subroto
  • Jalan S. Parman
  • Jalan Tomang Raya
  • Jalan Gunung Sahari
  • Jalan D. I. Panjaitan
  • Jalan Ahmad Yani

Jadwal dan ruas jalan terbaru akan diberlakukan mulai Senin, 25 Oktober 2021. Jangan lupa untuk melihat nomor terakhir pada plat nomor kendaraan Anda. Jika tanggal ganjil, maka hanya plat nomor ganjil yang bisa masuk ke ruas jalan tersebut, dan berlaku sebaliknya untuk tanggal genap.

>>> Kemenhub Siapkan Sistem 4 in 1 di Puncak Bogor, Apa Itu?

Berlaku Sanksi Tilang

Gambar Tilang Ganjil Genap

Hati-hati melanggar karena akan dikenai sanksi tilang denda

Jika Anda melanggar aturan tersebut, polisi akan memberlakukan sanksi tilang denda. Sejak pertengahan September, sanksi putar balik sudah tidak berlaku bagi pelanggar gage.

Penindakan terhadap pelanggar ganjil genap Jakarta akan dilakukan dengan tilang elektronik (ETLE) dan secara manual. Jadi, perhatikan jadwal dan ruas jalan yang telah kami uraikan di atas.

>>> Simak Beragam Pilihan Mobil Bekas dari Kami di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top