Adu Spesifikasi Honda BR-V vs Mitsubishi Xpander Cross

27/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Kali ini tim Cintamobil.com akan melakukan komparasi spesifikasi terhadap dua Low SUV populer, Honda BR-V vs Mitsubishi Xpander Cross. Mana yang lebih unggul?

Honda BR-V diluncurkan perdana di Indonesia pada tahun 2015. Kemudian pada tahun 2021, PT Honda Prospect Motor akhirnya menghadirkan All New BR-V dengan tampilan serba baru. Sedangkan Mitsubishi Xpander Cross hadir di tahun 2019 menyusul kesuksesan Xpander di dalam menggebrak pasar Low SUV. Baru-baru ini, Mitsubishi juga menyegarkan tampilan Xpander Cross bersamaan dengan Xpander Facelift. 

Dua-duanya memiliki nilai tambah masing-masing, untuk itu mari kita lihat siapa yang lebih unggul dalam parameter spesifikasi di antara kedua Low SUV 7 penumpang ini.

Dimensi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross

Secara dimensi, Honda BR-V memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.685 mm. Sementara Mitsubishi Xpander Cross memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.750 mm.

>>> Ini 4 Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V

Mitsubishi Xpander Cross

Secara dimensi, Xpander Cross lebih besar di segala bidang dibanding BR-V

Sedangkan untuk wheelbase, BR-V memiliki jarak 2.700 mm, dan Xpander Cross memiliki jarak 2.775 mm. Beralih ke ground clearance, BR-V memiliki jarak 220 mm, dan Xpander Cross memiliki jarak 225 mm.

Jika dilihat dari data di atas, Mitsubishi Xpander Cross dengan dimensi lebih besar menawarkan ruang kabin yang lebih baik dibandingkan rivalnya. Ground clearance yang lebih tinggi juga membuat mobil ini lebih mudah untuk dibawa ke jalanan dengan permukaan yang buruk atau melewati genangan air.

Honda BR-V

BR-V yang lebih rendah dan kompak memiliki kemampuan bermanuver yang lebih baik

Di sisi lain, Honda BR-V yang lebih kecil (dimensi) dan lebih rendah (ground clearance maupun tinggi bodinya) membuat ia lebih menjanjikan kemampuan bermanuver yang lebih cekatan, baik itu di jalan maupun saat harus parkir.

Sebagai sebuah SUV 7-penumpang, kami harus mengakui bahwa Xpander Cross yang memiliki kabin lebih luas dan kemampuan menjelajah medan yang lebih baik diunggulkan dalam parameter dimensi.

>>> Ragam Promo Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Agustus 2021

Mesin dan Transmisi

Honda BR-V menggunakan mesin L15Z1 4-silinder 1.496 cc SOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 118 HP dengan torsi 145 Nm di yang disalurkan ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan.

Sedangkan Mitsubishi Xpander Cross menggunakan mesin 4A91 4-silinder 1.499 cc DOHC MIVEC yang menghasilkan tenaga 102 HP dengan torsi 141 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Mesin Honda BR-V

Performa dan efisiensi mesin BR-V masih sulit dikalahkan oleh rival-rivalnya

Honda BR-V masih lebih unggul dalam perolehan tenaga dan torsi. Jika diterjemahkan ke dalam kemampuannya berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam, BR-V hanya membutuhkan waktu 11,8 detik. Sedangkan rivalnya harus puas dengan catatan waktu 13,5 detik.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Lagi-lagi BR-V lebih unggul dengan efisiensi 16,3 kilometer per liter di rute kombinasi. Sedangkan Mitsubishi Xpander mencatat efisiensi 15,1 km per liter untuk rute yang sama. Dengan data yang sudah kami rangkum, parameter performa mesin dimenangkan oleh Low SUV dari Honda.

>>> Komparasi Daihatsu Terios vs Honda BR-V, Siapa Lebih Value for Money?

Fitur Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross

Karena di dua parameter sebelumnya kedua mobil masih berimbang, kami putuskan untuk menyelesaikan komparasi ini di parameter fitur yang tersedia. Pertama dimulai dari Honda BR-V.

Dari sisi keselamatan, Honda BR-V dibekali Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan, Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil, Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot, Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal dimana spion dapat menutup otomatis ketika mobil terkunci. Dari segi keselamatan, All New Honda BR-V tipe tertinggi kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih Honda SENSING. 

Gambar Interior Xpander Cross

Soal fitur, Xpander Cross kini kalah unggul dengan BR-V

Sedangkan fitur seperti Hill Start Assist (HSA), kontrol traksi, dan kontrol stabilitas juga sudah tersaji untuk tipe tertinggi masing-masing mobil. Xpander Cross juga telah dibekali dengan Emergency Stop Signal sebagai penanda pengemudi di belakang saat melakukan pengereman darurat.

Tak hanya itu, Xpander Cross tipe tertinggi juga sudah dibekali dengan Cruise Control yang membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman dan tak melelahkan. Tak ketinggalan, Mitsubishi menyematkan Speed Sensitive Automatic Door Lock dan Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold. 

Kesimpulan

Pada akhirnya, Honda BR-V lebih unggul dalam komparasi Low SUV ini. Terlebih usai Honda menghadirkan ragam ubahan untuk membuatnya makin sempurna. Pun demikian dengan Xpander Cross yang mendapatkan upgrade dari sisi interior maupun fitur untuk bisa mempertahankan pasarnya.

>>> Honda Beri Isyarat N7X Diluncurkan di GIIAS

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top