Komparasi Daihatsu Terios vs Honda BR-V, Siapa Lebih Value for Money?

21/08/2021

Pasar mobil

6 menit

Share this post:
Daihatsu Terios dan Honda BR-V merupakan dua Low SUV yang menurut kami menawarkan value for money dengan cara berbeda. Siapa lebih unggul di antara keduanya?

Komparasi perkara value atau nilai dari dua Low SUV ini secara sekilas memang dimenangkan oleh Daihatsu Terios. Bagaimanapun, harga Terios memang lebih terjangkau dibanding rivalnya.

Namun, value for money sebenarnya tidak bicara mengenai siapa yang lebih murah. Melainkan, siapa yang harganya sesuai dengan apa yang didapatkan. Lebih mahal belum tentu buruk, bisa jadi harga tersebut diganjar dengan nilai tambah yang memang sesuai bagi konsumennya.

Gambar Daihatsu Terios

Kalau soal harga, Low SUV dari Daihatsu memang jagonya

Untuk itu, kali ini tim Cintamobil.com akan mengulas Daihatsu Terios dan Honda BR-V yang menurut kami sama-sama memiliki keunggulan tersendiri dibalik perbedaan harganya. Mari kita simak penjabarannya.

Harga

Terios jelas unggul dalam segi harga, apalagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mampu memberikan pilihan tipe yang sangat beragam bagi konsumen. SUV Daihatsu ini dibanderol dari harga Rp 200 juta hingga Rp 249,9 juta untuk dua pilihan transmisi yang berbeda dan berbagai tingkatan trim dan fitur.

>>> Hyundai Alcazar Debut, Yakin Lawan Rush dan Terios di Indonesia?

Sedangkan PT Honda Prospect Motor (HPM) membanderol BR-V dari harga Rp 239,5 juta hingga Rp 279,6 juta dengan 4 tipe berbeda. Meski jauh lebih sedikit dibanding Terios, kami merasa keempatnya sudah cukup mewakili setiap segmen dari konsumennya.

Gambar Servis Daihatsu

Biaya servis dan suku cadang Daihatsu juga masih lebih terjangkau

Belum lagi jika kita bicara soal harga suku cadang dan biaya perawatan rutin, lagi-lagi Terios masih lebih unggul dibanding Low SUV Honda. Pun dengan harga jual kembali di pasar mobil bekas. Terios yang memiliki permintaan lebih besar memiliki harga jual kembali yang cenderung lebih baik dibanding Honda BR-V.

Spesifikasi

Dimensi

Meski sama-sama Low SUV, keduanya memiliki dimensi dan bobot yang sangat berbeda. Kalau dilihat secara sekilas, BR-V terlihat lebih pendek dan rendah daripada Terios.

Secara data, BR-V memiliki panjang keseluruhan BR-V 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm. Sedangkan Terios memiliki panjang keseluruhan 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm.

Kalau kita bicara legroom dan headroom, nampaknya BR-V yang memiliki panjang lebih besar bisa menawarkan ruang kaki yang lebih besar. Namun bicara soal headroom, Terios lebih unggul meski tingginya sedikit menipu karena sasis ladder frame yang digunakan.

Gambar Honda BR-V

Honda BR-V punya sumbu roda dan ground clearance yang lebih pendek

Beralih ke jarak sumbu roda atau wheelbase, Terios lebih panjang dengan 2.685 mm, sedangkan BR-V punya sumbu roda 2.662 mm. Begitu juga dengan ground clearance, Terios lebih unggul dengan 220 mm dibanding BR-V yang hanya 201 mm.

>>> Ini 4 Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V

Dari situ, kita bisa menyimpulkan bahwa Terios lebih baik dalam hal melibas berbagai kondisi jalan tanpa perlu takut mengenai kolong bodi. Stabilitasnya saat berkendara juga lebih baik dengan wheelbase lebih panjang.

Namun, BR-V seharusnya bisa melesat lebih baik lantaran aliran udara di bawah tak begitu besar, sehingga mobil lebih melekat ke tanah. Wheelbase-nya yang lebih pendek juga menjanjikan kemampuan manuver yang lebih baik dari sang rival.

Kelincahan BR-V juga didukung oleh bobotnya yang hanya 1.222 kg, terpaut jauh dari Terios yang punya berat 1.270 kg. Untuk itu, poin BR-V dalam hal dimensi nampaknya sedikit lebih baik meski Terios memiliki beberapa keunggulan yang mungkin sesuai bagi sebagian konsumen.

Dapur Pacu

Daihatsu Terios dibekali mesin 2NR-VE 4-silinder 1.496 cc DOHC Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 103 HP dengan torsi 136 Nm yang disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui pilihan transmisi otomatis CVT atau manual 5-percepatan.

Gambar Mesin 2NR-VE

Mesin 2NR-VE Daihatsu Terios, sama dengan yang digunakan Toyota Rush dan Avanza

Sedangkan Honda BR-V menggunakan mesin L15Z1 4-silinder 1.496 cc SOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 118 HP dengan torsi 145 Nm yang disalurkan ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan.

Jelas, Honda BR-V lebih unggul dari segi tenaga dan torsi yang mampu diterjemahkan ke dalam kemampuan akselerasinya. Dari keadaan diam hingga 10 km/jam, BR-V hanya membutuhkan waktu 11,8 detik. Sedangkan sang rival tertinggal jauh dengan waktu 15 detik.

Tak hanya bertenaga, mesin BR-V juga lebih efisien dibanding Terios. Untuk rute kombinasi, BR-V mencatat efisiensi 13,9 km per liter, sedangkan Daihatsu Terios mencatat angka 12,7 km per liter.

Fitur

Kalau soal fitur, nampaknya Daihatsu Terios sedikit lebih unggul ketimbang Honda BR-V untuk tipe termahal masing-masing. Paling mencolok terdapat pada cara mengakses pintu dan menyalakan mesin, Terios sudah mengaplikasi smart key dan start stop button yang memudahkan pengemudi.

>>> Gegara Diskon PPnBM, Inden Daihatsu Terios Sampai 3 Bulan!

Tetapi ada fitur yang hanya dimiliki BR-V, yakni Nanoe technology. Perangkat ini memungkinkan pendingin kabin bekerja menjaga kualitas udara, dengan cara memproduksi elektrostatik nano dalam partikel air.

Fitur keselamatan dan kenyamanan berkendara, keduanya sudah dibekali kontrol stabilitas, Hill Start Assist, ABS+EBD+BA, dan dual SRS airbag untuk varian tertingginya.

Gambar Honda BR-V

Baik Honda BR-V atau Daihatsu Terios sama-sama dibekali fitur keselamatan yang lengkap pada tipe tertinggi

Untuk Terios varian R, ada fitur Emergency Stop Signal yang memberi peringatan lewat lampu hazard untuk pengendara di belakang saat mengerem mendadak. Varian R Deluxe juga ketambahan Around View Monitor untuk mengawasi sekeliling bodi saat parkir.

Kesimpulan

Honda BR-V vs Daihatsu Terios

Mana yang terbaik?

Meski Honda BR-V memiliki beberapa keunggulan, kami merasa secara keseluruhan Daihatsu Terios menawarkan value for money yang lebih baik. Meski begitu, jika Anda menaruh performa dan kenyamanan sebagai prioritas nomor 1, kami rasa BR-V masih lebih cocok untuk Anda.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top