50 Tahun Toyota di Indonesia, dari Importir Jadi Eksportir ke 80 Negara

10/04/2021

Pasar mobil

5 menit

50 Tahun Toyota di Indonesia, dari Importir Jadi Eksportir ke 80 Negara
50 tahun bukan waktu yang singkat bagi Toyota di Indonesia. Nyatanya Toyota sudah bertransformasi dari importir hingga menjadi eksportir mobil ke-80 negara.

50 tahun sudah pabrikan asal Jepang Toyota meramaikan pasar otomotif Indonesia. Cerita 50 tahun Toyota di Indonesia dimulai pada tahun 1971 saat pabrikan Jepang itu menjalin kerjasama dengan Astra International. Keduanya sepakan mendirikan PT Toyota Astra Motor (TAM). Pada tahap pertama, Toyota memanfaatkan fasilitas PT Gaya Motor untuk proses perakitan sesuai peraturan pemerintah. Gaya Motor adalah fasilitas pemerintah sebelum diprivatisasi sebagai aset Astra Internasional. 

Menghitung adanya permintaan pasar yang terus meningkat hingga mencapai 1.045 unit pada tahun 1972, maka didirikan pabrik perakitan baru, yaitu Multi Astra pada tahun 1973. Fasilitas tersebut dikenal sebagai fasilitas terbesar dan tercanggih di Asia Tenggara. Kehadirannya membantu Toyota memenuhi permintaan tahunan yang pada tahun 1973 sudah mencapai 8.535 unit dan terdiri dari model-model seperti Corolla, Corona, Land Cruiser, Hi-Ace, dan truk Toyota DA.

ekspor kijang

Proses ekspor perdana Kijang

>>> Kijang Innova Limited Edition, Kado Ulang Tahun Toyota untuk Indonesia

Mobil Toyota Buatan Indonesia Sudah Diekspor ke-80 Negara

Perakitan mobil utuh Toyota Indonesia dimulai sejak 1976, dilanjutkan dengan produksi mesin/engine di tahun 1982 dan beberapa part ekspor dan suku cadang. Kini kiprah 50 tahun Toyota di Indonesia ditandai dengan 5 pabrik yang memproduksi 6 model Toyota, 2 jenis mesin bensin, komponen, spare parts, dan alat bantu produksi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia dan konsumen global di 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur–Tengah.

ekspor toyota

Sudah lebih dari 1 juta unit mobil Toyota buatan Indonesia yang diekspor

"Bagi Toyota, Indonesia adalah 'second home country' dan memiliki peran yang sangat penting. Toyota Indonesia sudah menjadi salah satu basis produksi dan ekspor global untuk kendaran Toyota. Tentunya posisi ini tidak dapat kami raih tanpa bantuan dari Pemerintah Indonesia yang memberikan dukungan dan kemudahan dalam pengembangan industri, termasuk dalam kegiatan ekspor," ungkap Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono saat perayaan ulang tahun ke-50 Toyota yang dirayakan virtual, Jumat (9/4/2021).  

"Kami ingin lebih berkontribusi nyata kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk 50 tahun kedepan dan seterusnya, dalam situasi apapun melalui kerja sama dengan berbagai pihak dan terus menjalin hubungan yang harmonis dengan Pemerintah dan seluruh stakeholder lainnya untuk mewujudkan ‘Mobility happiness for all’. Kami juga terus mengembangkan supply chain lokal termasuk industri kecil dan menengah untuk komponen dan material, khususnya dalam menghadapi tantangan masa depan,” sambung Warih. 

Merek Toyota memang cukup melekat dengan masyarakat Indonesia. Tak heran kalau dari tahun ke tahun penjualan mobil merek Toyota selalu mendominasi. Seiring berjalannya waktu, banyak hal yang telah berubah selama perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia. 

ekspor toyota

Mobil Toyota buatan Indonesia sudah mengaspal di 80 negara

Sebagai contoh, dulu, mayoritas masyarakat Indonesia membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi untuk mendukung mobilitas baik yang dilakukan secara jarak dekat, jarak jauh seperti mudik, maupun di medan yang cukup sulit untuk dilalui. Dan dulu ketika masyarakat ingin punya mobil pilihannya harus beli, baik baru, maupun second dengan opsi metode pembayaran cash atau credit.

Mengikuti Perkembangan Masa Kini

Kini, kebutuhan mobilitas masyarakat telah berkembang menjadi lebih kompleks. Banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan pendukung mobilitas yang lebih mudah, aman, dan nyaman termasuk yang berbasis digital.

Contohnya, di era pandemi ini masyarakat membutuhkan contactless experience untuk mengeksplor fitur pada produk Toyota dan mendapatkan kemudahan dalam pembelian mobil. Untuk itu, Toyota hadirkan platform digital untuk eksplorasi produk melalui Toyota Live Showroom dan program pembelian mobil secara digital melalui Toyota Virtual Expo.

Kebutuhan masyarakat telah dan akan berkembang dimana banyak diantara mereka yang membutuhkan kemudahan dalam bermobilitas tanpa harus memiliki sebuah mobil yang dapat diakses dengan sekali klik. Melihat adanya kebutuhan ini, Toyota hadirkan KINTO One yang memberikan pilihan baru dengan nilai tambah bagi masyarakat yang ingin menggunakan mobil tanpa perlu memikirkan perawatannya dan biaya lainnya, melalui sistem berlangganan yang dapat diakses secara digital dengan mudah. 

Toyota juga tengah bersiap menuju era elektrifikasi dengan menyiapkan sederet kendaraan lingkungan untuk masyarakat Indonesia. Toyota Indonesia sedang mempersiapkan produksi lokal model Hybrid Electric Vehicle (HEV) di 2022 untuk pasar domestik dan ekspor.

>>> 100 Negara Bakal Cicipi Mobil Toyota Buatan Indonesia

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top