Kijang Innova Limited Edition, Kado Ulang Tahun Toyota untuk Indonesia

08/04/2021

Mobil baru

3 menit

Kijang Innova Limited Edition, Kado Ulang Tahun Toyota untuk Indonesia
Kijang Innova Limited Edition sudah disiapkan menjadi kado ulang tahun dari Toyota untuk masyarakat Indonesia. Apa saja ubahan yang dihadirkan oleh Toyota?

50 Tahun sudah Toyota menemani keluarga di Indonesia. 50 tahun tentu bukan pencapaian yang mudah. Banyak lika-liku yang telah dilalui Toyota hingga akhirnya bisa mencapai tahun emas tersebut dan berdiri sampai saat ini. 

Kalau biasanya yang berulang tahun mendapatkan kado spesial, hal yang berbeda justru ingin dihadirkan Toyota.

>>> Pembuatan 22 Jam, Ini Dia Fakta Menarik Sejarah Mobil Kijang Lainnya

Cuma Ada 50 Unit

Kijang Innova

Bocoran tampilan Innova edisi khusus

Pada ulang tahunnya ke-50 ini, raksasa otomotif asal Jepang itu justru ingin memberikan kejutan ke masyarakat Indonesia berupa peluncuran mobil. Adalah Kijang Innova Limited Edition yang siap dihadirkan dalam jumlah terbatas yakni 50 unit saja. 

"Salah satu yang luncurkan besok adalah Kijang Innova Limited edition, detailnya besok, ekterior, interior, ini sangat khas, jadi banyak yang nanya ini satu hal yang menarik, tren belakangan kenapa yang limited ini sangat diminati masyarakat ya," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam sesi konferensi pers virtual, Kamis (8/4/2021). 

Kijang dipilih sebagai kado spesial di ulang tahun ke-50 Toyota lantaran sebagai mobil perdana jenama asal Jepang itu. Sebelum memperkenalkan Kijang, Toyota pada awalnya berencana untuk membawa dua jenis mobil lain.

Namun keinginan Presiden Soeharto kala itu untuk meningkatkan industri otomotif Indonesia dengan memberikan insentif pada kendaraan niaga. Maka dari itu, Direktur PT. Astra International memprakarsai kelahiran Kijang. 

Penamaan Kijang sendiri merupakan hasil sayembara pada rapat internal contributor produk Toyota. Ada dua opsi nama, ‘Kancil’ dan ‘Kijang’. Dikarenakan Kancil pada saat itu mendapatkan konotasi negatif, maka nama Kijang terpilih. Pemilihannya tak terlepas dari andil Jusuf Kalla, selaku CEO NV Hadji Kalla sebagai pemilik perusahaan distributor Toyota di Indonesia.

Pembuatan 22 Jam, Ini Dia Fakta Menarik Sejarah Mobil Kijang Lainnya

Wujud Innova pertama kali

Sekadar informasi, Kijang generasi pertama diluncurkan pada tahun 1977 yang dikenal dengan nama Kijang Buaya. Pada model ini, Toyota sudah menggunakan komponen lokal sebanyak 19%. Sejak saat itu, Kijang terus berkembang dan hingga kini masih laris di pasaran serta menjadi salah satu model andalan Toyota di Indonesia. 

>>> Harga Toyota Fortuner dan Kijang Innova Setelah Dapat Diskon PPnBM

Perubahan Fokus di Eksterior

Sayang, Toyota masih enggan buka-bukaan untuk Kijang Innova edisi khusus yang meluncur besok. Meski demikian, Anton menegaskan bahwa dealer Toyota mulai menerima pesanan akan Kijang Innova Limited Edition tersebut. 

Kijang Innova

Toyota sendiri baru menyegarkan tampilan Kijang Innova pada Oktober 2020

"Ini Innova Limited Edition hanya khusus 50 unit, detailnya besok tapi saya bisa katakan ada perubahan di eksterior, interior, fitur. So far yang bisa disampaikan tapi banyak yang menanyakan demandnya cukup baik, besok secara resmi kita terima order dan diskusi dengan dealer," kata Anton lagi. 

Adapun dari informasi yang didapat tim Cintamobil, Kijang Innova edisi khusus ini akan hadir dengan stiker berwarna emas yang melambangkan pencapaian Toyota selama 50 tahun di Indonesia. Kemudian di bagian interior terdapat panel kayu berwarna kecoklatan, ornamen di grille depan, warna velg abu-abu gelap, emblem 50 tahun, sistem audio JBL, dan juga karpet berlogo 50 tahun Toyota. 

>>> First Drive Toyota Innova Venturer AT 2020: Masih Kijang yang Tiada Duanya

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top