Wajah Depan All New Xenia 2022 Bocor, Tak Lagi Identik dengan Avanza

03/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Wujud All New Xenia 2022 bocor di sosial media. Dalam foto yang beredar, wajah Xenia berubah total dan wajah depannya tak lagi identik dengan Toyota Avanza.

Persaingan panas mobil di segmen Low MPV tak sebatas Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Daihatsu Xenia pun juga patut diperhitungkan. Terlebih Daihatsu diketahui tengah menyiapkan All New Xenia 2022 yang siap meluncur dalam waktu dekat. 

Menjelang peluncuran, wajah Xenia terbaru sudah kadung bocor di laman sosial media dan diunggah akun indra_fathan. Terlihat wujud Xenia berubah total dari model-model sebelumnya dan bikin pangling.

Daihatsu Xenia

Wujud Xenia terbaru

>>> Ada Apa dengan Daihatsu Xenia?

Tampak Depan Tak Lagi Identik dengan Avanza

Kalau diperhatikan, wajahnya tak lagi identik dengan sang kembaran Toyota Avanza 2022. Tampak Xenia terbaru itu mengusung grille berbentuk honeycomb. Kemudian ada juga lis merah yang menghubungkan lampu depan pada model tertentu.

Daihatsu Xenia

Lis merah tersemat pada Xenia

Sedangkan pada Avanza terbaru, Toyota menyematkan grille horizontal bersusun. Lis merah yang tersemat di atas grille seperti pada Xenia terbaru juga absen hadir di Avanza anyar. Sayang, bagian belakangnya masih belum terlihat jelas. Sementara untuk Avanza, dari bocoran yang beredar tampak belakang sekilas menyerupai sang rival Mitsubishi Xpander. 

Toyota Avanza

Grille depan Avanza tak lagi sama dengan Xenia terbaru

Xenia terbaru ini rencananya bakal dirilis pada saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 11 November mendatang. Hal itu terungkap dari undangan resmi yang dikirim PT Astra Daihatsu Motor baru-baru ini. Dalam undangan itu disebutkan bahwa akan ada peluncuran model baru yang diduga kuat All New Xenia 2022. 

Sebelum tampang Xenia terbaru wara-wiri di sosial media, sinyal kehadirannya sudah terasa saat kode mobil Xenia muncul dalam dokumen Permendagri No.40 tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor tahun 2021. 

Eksterior Toyota Avanza 2019 memiliki bodi yang cukup modern dipadu fitur-fitur lengkap

Tampang depan Avanza-Xenia tak lagi identik

Daihatsu Xenia

Xenia terakhir dipoles tahun 2019

Dalam dokumen itu pula terungkap mobil yang diduga Xenia terbaru bakal mengusung fitur ASA (Advanced Safety Assist). Dari delapan model yang diduga sebagai Daihatsu Xenia terbaru, satu diantaranya tampak bakal dibekali fitur ASA. 

>>> Kalau Toyota Avanza 2022 Punya TSS, Daihatsu Xenia Bakal Dibekali ASA!

Bakal Dibekali Fitur ASA?

Di Indonesia fitur ASA ini sudah tersemat pada Daihatsu Rocky. Adapun fitur ASA ini memiliki 6 fungsi masing-masing, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Fitur ASA

ASA bikin Xenia jadi makin canggih nan aman

Secara prinsip kerja, fitur ASA diawali dari kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil, lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

Selain bocoran tampang dan fitur yang serba baru, sistem penggerak pada Daihatsu Xenia juga disebut bakal berganti. Kalau semula mengusung penggerak roda belakang, maka pada model terbaru diprediksi menggunakan sistem penggerak roda depan. Pun demikian dengan transmisinya yang bakal beralih menggunakan CVT untuk varian otomatisnya. 

>>> Enggak Suka Toyota Avanza 2022 FWD? Tenang Masih Ada Daihatsu Xenia

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top