Enggak Suka Toyota Avanza 2022 FWD? Tenang Masih Ada Daihatsu Xenia

29/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Toyota Avanza 2022 akan mengusung format penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD), tapi untuk Daihatsu Xenia tetap ada yang penggerak roda belakang

Yes, Toyota Avanza 2022 memang akan pakai layout baru yakni penggerak roda depan alias FWD. Itu berlaku di semua tipe Avanza termasuk Avanza Veloz. Namun, bagi Anda yang enggak suka format FWD ada baiknya melirik salah satu varian Daihatsu Xenia yang masih RWD (Rear Wheel Drive).

Masih Pakai Bodi Lama

"Iya yang RWD masih ada, tapi bodynya masih (pakai) yang lama," papar narasumber kami yang namanya belum mau ngetop sebelum peluncuran Toyota All New Avanza 2022 ini. Pria ini juga menambahkan bahwa untuk proses produksinya juga akan pakai cara tersendiri.

Daihatsu Xenia R

Xenia RWD masih pakai body lawas

"Produksinya overlap, kan biasanya model lama stop langsung diganti yang baru yah. Nah yang nanti itu, model lamanya masih jalan, tapi volumenya lebih sedikit. Tapi (saya) belum tahu berapa lama overlap processnya," papar pemukim di Bekasi, Jawa Barat ini ke Cintamobil.com.

Daihatsu DN Multisix 2017

Toyota Avanza 2022 semua FWD

Yang paling unik, selain proses produksinya, tetapi juga pembagian perakitannya, Untuk, "Veloz baru infonya dirakit di Toyota (langsung), sementara Xenia dan Avanza yang biasa tetap di ADM Sunter (Daihatsu)," tambahnya lagi.

Alasan Masih Ada Varian RWD Di Xenia

Ada beberapa alasan mengapa Daihatsu juga masih memproduksi Daihatsu Xenia berpenggerak roda belakang alias RWD, selain untuk mengincar pasar fleet, juga untuk mengakomodir permintaan di berbagai daerah.

Mitsubishi Xpander enggak kuat nanjak?

Kalau driver enggak jago dan ban enggak dapat traksi, FWD bisa susah nanjak

Seperti yang kita tahu, tidak semua permukaan jalan di Indonesia mulus. Tak perlu jauh-jauh plesiran ke daerah, di beberapa tempat Jabodetabek saja pasti ada yang namanya jalan rusak. Dan mobil dengan format RWD pasti lebih tangguh untuk melibas permukaan jalan tersebut.

>>> Toyota Avanza 2022 Harus Lebih Irit Dari Mobil Ini

Xenia RWD Jadi Lawan Sejati Wuling Confero?

Saat ini, selain Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang masih mengandalkan format RWD hanya Wuling Confero. Seluruh rivalnya seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki All-New Ertiga, Nissan New Livina, hingga Renault Triber sudah pakai layout FWD.

Wuling Confero Travel

Confero jadi armada travel di lampung

Dan sekadar informasi, kini konsumen di daerah sudah mulai percaya terhadap ketangguhan Wuling Confero. Contohnya, di Lampung ada beberapa pengusaha travel yang mempercayakan Confero sebagai armadanya.

Wuling New Confero S

Xenia RWD akan jadi rival sejati Confero?

Daihatsu Xenia RWD akan jadi rival sejati Confero, apalagi Xenia punya konsumsi bahan bakar yang lebih baik dari pemain asal Tiongkok tersebut, serta durabilitas kaki-kaki, sistem EPS, racksteer, dan lainnya yang jauh lebih teruji dan terbukti. So, apakah Anda masih suka FWD? Kalau enggak coba incar Xenia RWD ini...

>>> Toyota All New Avanza 2022 Dapat Perlawanan Serius Dari Hyundai

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top