Mazda2 2022 Berbasis Toyota Yaris Hybrid Siap Rilis Tahun Depan

05/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Direncanakan untuk rilis tahun depan, pengembangan dari generasi terbaru Mazda2 2022 menggunakan platform Toyota Yaris Hybrid untuk memenuhi target emisi.

Tahun lalu, Mazda mengumumkan bahwa mereka akan mengembangkan generasi terbaru dari Mazda2 berbasis Toyota Yaris Hybrid yang saat ini dijual di Eropa. Kabar tersebut mengindikasikan bahwa Mazda sedang mempersiapkan Mazda2 2022 untuk memenuhi target emisi CO2 Uni Eropa.

Dari Yaris Hybrid

Kabar ini terlihat dari spyshot yang tersebar di media beberapa waktu lalu. Foto tersebut diambil di sebuah fasilitas Mazda di Eropa. Meskipun belum ada gambar resmi, namun hasil jepretan mata-mata tersebut menunjukkan bahwa Mazda2 2022 akan diperkenalkan berbasis model terbaru dari Toyota Yaris.

mobil baru Mazda 2 2022 yang sedang diuji coba
Tampilan anyar Mazda2 yang tertangkap kamera

Sebuah mobil berkelir hitam masih ditutupi dengan beberapa kamuflase, termasuk selotip yang dipasang pada bagian logo depan mobil. Menyiratkan logo Mazda yang baru saja mendapatkan pembaharuan pada Agustus lalu. Selain logo, berbagai komponen lainnya meniru hatchback Toyota tersebut, sampai ke lambang hybrid pada bagian belakang.

Di Eropa, Yaris Hybrid menggunakan mesin 1.5 liter 3-silinder naturally aspirated M15A-FXE dengan 92 PS dan torsi 120 Nm, dipasangkan dengan motor listrik dari baterai lithium-ion yang mampu memberikan tenaga gabungan mencapai 172 PS dan torsi 161 Nm.

>>> Mazda2 Generasi Terbaru Akan Berbasis Yaris Hybrid?

bagian belakang Mazda 2 berwarna hitam
Bagian belakang mendapatkan logo 'Hybrid'

Pengembangan Yaris berbasis Mazda2 2022 merupakan bagian dari inovasi Toyota untuk memenuhi standar emisi yang diberlakukan di Eropa. Gabungan mesin bensin dan motor listrik dengan e-CVT yang mengalirkan tenaga ke roda depan menawarkan efisiensi bahan bakar yang mengagumkan. Konsumsi bbm Toyota Yaris Hybrid tercatat 3,8 liter/100 km.

>>> Mazda2 2021 Versi Facelift Makin Berani Hadang City Hatchback?

Bukan kali pertama

Ini bukan kali pertama Mazda dan Toyota berbagi model. Pasalnya Toyota Yaris 2020 yang sebelumnya dijual di Amerika merupakan rebadge dari Mazda2. Contoh lain dari kolaborasi antara Toyota dan Suzuki di Eropa terlihat dari model Suzuki Across, merupakan model plug-in hybrid dengan basis yang sama dengan Toyota RAV4.

Toyota Yaris Hybrid berwarna merah
Toyota Yaris Hybrid menggunakan mesin 1.5 liter dan motor listrik

Generasi ketiga Mazda2 sebelumnya dirilis di Jepang pada tahun 2014 dan masuk ke Indonesia di tahun yang sama. PT Eurokars Motor Indonesia juga telah memperkenalkan edisi facelift Mazda2 pada bulan November 2019 lalu. Dengan hanya satu varian yang tersisa, harga Mazda2 GT dibanderol mulai dari Rp 308 jutaan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top