Mazda2 2021 Versi Facelift Makin Berani Hadang City Hatchback?

04/07/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mazda2 2021 varian facelift tampil dengan sejumlah pemutakhiran pada sektor mesin dengan teknologi baru, pemasangan fitur baru dan penambahan varian baru

Ketika “teman-teman seangkatan” seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris sudah “naik kelas atau lulus” (berganti generasi), ternyata Mazda2 masih harus menunggu setahun atau dua tahun atau mungkin lebih lama lagi. Ibarat murid sekolah, boleh jadi Mazda2 harus "tinggal kelas" karena beberapa alasan dan pertimbangan tertentu yang hanya diketahui oleh pimpinan Mazda.

gambar mazda2

Seberapa menarik facelift ringan pada Mazda 2 ini?

Yang jelas, memang sudah waktunya Mazda2 2021 untuk “full model change” karena  generasi yang saat ini beredar (DJ/DL) telah berusia 7 tahun (mulai 2014). Namun, Mazda masih memperpanjang masa dinas Mazda2 2021 (gen-3) dan memberikan improvement (varian JDM ) pada sektor  mesin dan fitur serta penambahan warna baru untuk bodi. Seperti apa sih? Simak ulasan tim Cintamobil.com berikut ini ya...

>>> 6 Konsep Modifikasi Mobil Mazda Sedan dan Hatchback

Mesin Canggih

Mazda2 2021 versi facelift masih memakai mesin bensin SkyActiv-G 4 silinder segaris 1,5 liter. Yang membedakan dengan mesin terdahulu adalah penambahan teknologi diagonal vortex combustion dan peningkatan rasio kompresi menjadi 14:1 (tadinya 12:1). Mazda mengklaim penyempurnaan tersebut mengoptimalkan fuel efficiency dan gas buang menjadi lebih ramah lingkungan.  

gambar mesin
Mesin dimutakhirkan dengan teknologi baru

Mazda tidak memberikan penjelasan detail tentang  teknologi diagonal vortex combustion untuk mesin SkyActiv-G pada Maazda2 2021. Secara sederhana, teknologi tersebut membuat campuran bahan bakar udara menjadi semakin homogen dan merata. Caranya dengan membuat campuran bahan bakar udara berputar secara cepat mengitari titik pusatnya (efek vortex).

gambar mesin

Teknologi diagonal vortex combustion pada mesin SkyActiv-G 1,5 liter

Pada langkah intake, udara memasuki ruang bakar dan dibuat berputar kencang. Lalu injektor menyemburkan bensin agar campuran bahan bakar udara menjadi homogen. Berlanjut langkah kompresi, injektor menambah bensin untuk menyempurnakan campuran bahan bakar udara yang lalu didorong ke tengah ruang bakar dan dinyalakan oleh percikan api busi. Dengan demikian, proses pembakaran berlangsung optimal dan efisien. Mazda mengklaim fuel economy meningkat hingga  6,8%  

Tambahan Fitur

Terkait fitur, Mazda menambahkan sejumlah perangkat baru untuk Mazda2 versi facelift yang mencakup  wireless charging dan konektivitas Apple CarPlay (keduanya opsional),  dan wiper khusus (wiper deicer) untuk varian Mazda2 AWD.

gambar mazda2

Fitur opsional bertambah untuk varian facelift

Jadi lebih aman dan nyaman saat berkelana  dalam musim dingin karena tumpukan salju di kaca depan bisa dibersikaan oleh wiper tersebut. O iya, kini tersedia Mazda2 dengan  warna bodi baru “Platinum Quartz Metallic”.  

Varian Baru

Melengkapi Mazda2 2021 versi facelift, Mazda menghadirkan varian baru Mazda2 "Sunlit Citrus" yang dilengkapi  dengan  kulit sintetis Grandlux bermotif suede untuk kursi, dashboard, dan door trim serta key sheel dan karpet lantai yang eksklusif.

Gambar Mazda2 Facelift 2021

Mazda2 dengan warna baru Sunlit Citrus yang eksklusif

Sedangkan bodi Mazda2 2021 "Sunlit Citrus" berlabur warna  citrus sebagai tambahan untuk warna utama Greige. Tidak lupa fitur  kamera 360 ° view monitor menjadi kelengkapan standar untuk membantu manuver saat parkir atau melalui jalan sempit.  

>>> Persaingan Hatchback Panas, All-New Mazda2 Siap Hadir 2021

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top