Toyota Stop Produksi dan Penjualan Yaris di Amerika

25/06/2020

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Toyota Stop Produksi dan Penjualan Yaris di Amerika
Pasar mobil mungil kian menyusut selama beberapa tahun terakhir. Dan yang terbaru, Toyota mengungkapkan akan menyuntik mati kehadiran Toyota Yaris di Amerika. 

Yaris telah menjadi bagian dari lini produksi Toyota di Amerika sejak 2006. Namun penjualan Toyota Yaris yang terus menurun membuat pabrikan asal Jepang itu memutuskan tidak lagi mengirimkan unitnya untuk dipasarkan. Kepastian ini terungkap setelah sebuah memo yang ditujukan untuk semua dealer Toyota di tenggara Amerika untuk menghentikan produksi sedan dan hatchback Yaris.

Akhir ekspansi Yaris

Dilansir dari Tire Meets Road, pengguna Reddit menyebutkan produksi generasi terbaru sedan dan hatchback Yaris untuk pasar Amerika akan dihentikan pada bulan ini. Namun produksinya masih berlanjut untuk memenuhi pasokan bagi pasar Puerto Riko hingga November 2021.

"Yaris Sedan dan Yaris Hatchback tidak akan tersedia untuk model tahun 2021. Model tahun 2020 akan menjadi tahun terakhir untuk Yaris. Juni 2020 akan menjadi bulan produksi terakhir untuk sedan Yaris dan Yaris Hatchback untuk AS," tulis Christine N. Henley, Manajer Komunikasi Barat Amerika Utara Toyota dilansir dari CarBuzz.

Toyota Yaris hatchback rebadge Mazda2 berwarna abu-abu
Penjualan Toyota Yaris versi Mazda2 dipasarkan sejak 2015 silam

Dalam pernyataan lanjutan, seorang juru bicara Toyota yang tak disebutkan namanya mengungkapkan Kepada CarBuzz, "Sedan Yaris dan Yaris Hatchback tidak akan tersedia untuk model tahun 2021 (di Amerika). Model tahun 2020 akan menjadi tahun terakhir untuk Yaris di AS."

>>> Cari dan temukan Toyota Yaris favoritmu di sini!

Penjualan yang terus menurun

Toyota Yaris yang diproduksi di Amerika saat ini merupakan model tahun 2014 yang di-rebadge dari Mazda2. Sebelumnya, Yaris dipasarkan dengan nama Toyota Scion. Toyota akhirnya meluncurkan Yaris berbasis Mazda2 pada tahun 2015 yang dipasarkan dengan nama Toyota iA.

Toyota GR Yaris 2020 berwarna putih
Toyota GR Yaris yang membuka kemungkinan akan dipasarkan di Amerika

>>> Masih Pre Order, Toyota GR Yaris Sudah Laku 6.000 Unit

Popularitas Yaris di Negeri Paman Sam tersebut memang tak terlalu besar. Tapi ketika Toyota AS melakukan jajak pendapat melalui akun Twitter resmi untuk mengetahui minat konsumen tentang kehadiran Toyota GR Yaris di Amerika, sebagian besar responden menyambut positif kemungkinan tersebut.

Sayangnya penjualan Toyota Yaris di Amerika tak begitu bagus. Tercatat 21.916 unit Yaris terjual pada tahun 2019. Bukan angka yang sedikit, tapi kalah banyak jika dibandingkan dengan 304.850 unit Toyota Corolla yang meluncur dari dealer tahun lalu.

>>> Berita otomotif yang terbaru dan menarik selalu ada disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top