Begini Tampang Toyota GR Yaris Versi Hardcore dan Terbatas

14/01/2022

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Setelah serangkaian teaser dan pengetesan di Sirkuit Nurburgring, akhirnya Toyota GR Yaris versi hardcore dan terbatas ini diperkenalkan di Tokyo Auto Salon.

Hot Hatch yang tampak seperti mobil balap ini dinamakan Toyota GRMN Yaris. GRMN sendiri merupakan singkatan dari Gazoo Racing Meister of Nurburgring. Sesuai namanya, Yaris ini dikembangkan di sirkuit dengan tingkat kesulitan teknis tinggi yang menjadi tolok ukur mobil-mobil high performance, Nurburgring Nordschleife.

Tak hanya itu, Toyota juga memperkenalkan mobil konsep bertajuk GR GT3 di Tokyo Auto Salon yang prototipenya akan dibangun pada akhir tahun ini. Meski begitu, semua mata tertuju pada Toyota Yaris paling hardcore yang hanya diproduksi 500 unit ini.

Gambar GR GT3 Concept

Tak hanya GRMN Yaris, Toyota juga memperkenalkan mobil konsep ini

Apa saja perbedaannya dengan Toyota GR Yaris versi standar yang belum lama ini laku keras di Indonesia? Mari kita berkenalan dengan mobil ini lebih jauh.

>>> Review Toyota Raize 2021 GR Sport 1.0T: SUV Mini yang Praktis, Stylish Dan Fun To Drive

Kian Agresif dengan Penambahan Kosmetik dan Diet Ketat

Dilihat secara sekilas, Anda akan menemukan berbagai perbedaan kosmetik yang membuat GRMN Yaris semakin tampak seperti mobil balap. Uniknya, Toyota Gazoo Racing memutuskan untuk tidak meningkatkan tenaga yang sudah tersedia di GR Yaris.

Ya, GRMN Yaris masih mengandalkan mesin 1.618 cc 3-silinder turbocharged berkode G16E-GTS yang menghasilkan tenaga 268 HP dan torsi 370 Nm. Sangat impresif mengingat ukurannya yang sangat kompak. Mobil ini juga masih mengandalkan sistem penggerak GR Four yang mendistribusikan tenaga ke empat roda dengan cerdas.

Gambar Toyota GRMN Yaris

Toyota GRMN Yaris Circuit Package (kiri) dan Rally Package (kanan)

Peningkatan yang dilakukan oleh Toyota berkutat pada pengurangan bobot, penguatan sasis, rasio transmisi yang lebih rapat, serta sektor estetika yang tak hanya membuat mobil ini tampak berbeda dengan GR Yaris standar, tapi juga mengurangi bobot mobil.

Lebih lanjut, GRMN Yaris lebih ringan 20 kilogram dibanding saudaranya dan memiliki rigiditas bodi yang lebih baik. Diet ketat itu hadir melalui penggunaan material serat karbon pada kap mesin, atap, dan spoiler belakang. Oh iya, mobil ini juga tak lagi memiliki bangku belakang.

Gambar Serat Karbon

Penggunaan serat karbon yang ekstensif membuat bobot mobil secara keseluruhan hanya 1.260 kg

Untuk peningkatan rigiditas, Toyota menambah spot welding pada sasis dan bodi sebanyak 565 titik dibanding GR Yaris biasa. Mobil ini juga lebih lebar dan lebih rendah 0,5 inci, dibekali transmisi manual 6-percepatan close ratio, serta limited-slip differential mekanikal.

>>> First Drive Toyota GR Yaris 2021: Performa Hebat yang Bikin Nagih!

Hanya Tersedia Untuk Pasar Jepang

Sayangnya, mobil ini hanya tersedia 500 unit dan dipasarkan di Jepang saja. Jadi, sepertinya Anda tidak akan melihat mobil ini di Indonesia kecuali ada importir umum yang cukup nekat untuk memasukannya.

Gambar Interior GRMN Yaris

Semakin mahal mobilnya, semakin sedikit jumlah bangkunya

Toyota GRMN Yaris juga ditawarkan dengan Circuit Package yang membekali mobil ini dengan peredam kejut Bilstein adjustable, rem yang lebih besar, velg 18 inci spesial, dan penambahan side skirt serta lip spoiler di bagian depan. Tapi, hanya 50 orang beruntung yang bisa mendapatkan versi ini. Selain itu, ada juga versi Rally Package yang ditawarkan dengan peredam kejut GR, stabilizer link yang lebih pendek, under guard, dan roll bar.

Mobil ini akan mulai dipasarkan pada awal tahun 2022 dengan harga mulai dari ¥7,317,000 atau setara dengan Rp 920 jutaan. Jelas lebih mahal dari Toyota GR Yaris yang ditawarkan di Indonesia mulai Rp 800 juta. Jika dipasarkan di Tanah Air, sudah pasti mobil ini dijual lebih dari Rp 1 miliar.

>>> Simak Pilihan dan Harga Mobil Toyota Terbaru di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top