Toyota Camry Tipe V Dapat Jantung Pacu Baru

17/11/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Trim best seller dari Toyota Camry yakni tipe V kini mendapat mesin dan transmisi baru yang lebih efisien namun tetap bertenaga, seberapa baik mesin ini?

Toyota Camry adalah sedan besar Toyota yang penjualannya di Indonesia cukup laris. Tak heran, sebab Camry punya nama harum sebagai sedan pejabat maupun tunggangan para eksekutif di Indonesia. Kini trim best seller dari Camry yakni tipe V mendapatkan jantung pacu baru. 

Mesin & Transmisi Baru

Mesin baru berbasis Toyota New Global Architecture dengan teknologi Toyota Dynamic Force Engine yang hadir pada Toyota Camry tipe V tidak hanya menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman namun juga menyenangkan.

>>> Toyota Camry Hybrid Makin Canggih, Harganya Tak Sampai Rp 800 Juta

Pasalnya tenaga yang dihasilkan mesin baru berkode A25A-FKS meningkat dari 21 PS dari mesin seri sebelumnya yang berkode 2AR-FE. Tapi tidak hanya tenaganya, torsinya pun naik dari 23,9 Nm pada 4.100 rpm menjadi 24,8 Nm pada 5.000 rpm.

Mesin Toyota Camry A25A-FKS

Toyota Camry tipe V dapat mesin dan transmisi baru

Meski lebih bertenaga, mesin baru pada New Camry V ini menghasilkan level CO2 yang rendah yaitu 148 g/km dengan efisiensi bahan bakar yang baik yaitu 16,3 km/l (tergantung kondisi jalan dan gaya berkendara).

>>> Tokyo Motor Show 2019: Bedah Teknologi Mesin Dynamic Force Engine Toyota Yaris 2020

Mesin baru New Camry V juga dilengkapi dengan transmisi baru yaitu transmisi otomatis 8-speed. Sinergi antara mesin baru dan transmisi baru ini membuat akselerasi New Camry V menjadi lebih halus sehingga penyaluran tenaga dapat menjadi lebih efisien dan level CO2 yang dihasilkan pun menjadi lebih rendah.

Pertegas Kesan Elegan

Mengusung tema Athletic yet Prestige, New Camry hadir dengan tampilan eksterior yang lebih tegas dan elegan, serta sejumlah fitur baru yang membuatnya semakin advance dan berkelas. Tampilan berwibawa khas sedan papan atas terpancar mulai dari sisi depan eksterior dengan adanya New Astonishing Front Bumper and Grille.

Toyota Camry tipe V Merah

Toyota Camry warna Red Mica

New Toyota Camry V dilengkapi dengan New Striking Silver Alloy Wheel berukuran 18 inchi yang dinamis serta New Bold Rear Lamp yang memperkuat kesan kokoh dan berkelas pada sisi belakang.

Toyota Camry tipe V

Toyota Camry makin menawan

Masuk ke dalam kabin, New Camry semakin menunjukkan kelasnya sebagai sedan premium dan modern berkat New Captivating Interior Design yang menampilkan desain baru, khususnya pada area dashboard dengan adanya New Marvelous Floating Multimedia.

Interior Toyota Camry tipe V

Interior Toyota Camry

Tidak berhenti di situ, New Camry juga dilengkapi dengan advance feature terbaru yang menghubungkan mobil dengan seluruh layanan Toyota melalui T Intouch. T Intouch menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi dan manfaat terintegrasi bagi pelanggan.

Interior belakang Toyota Camry tipe V

Tombol pengatur fitur tetap hadir di tipe V

New Toyota Camry juga dilengkapi dengan layanan after sales. Pelanggan tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan berkala saat akan memilikinya karena otomatis akan mendapatkan benefit program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-6 (maksimal 4 tahun/ 50,000 KM mana yang tercapai lebih dahulu). Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh jaringan bengkel resmi Toyota di Indonesia.

>>> Cintamobil TV : Komparasi Toyota Camry Hybrid vs Mercedes-Benz C180 Avantgarde

“Pertumbuhan positif pada pasar otomotif nasional, termasuk pada pasar sedan tentunya tidak lepas dari peran Pemerintah Indonesia yang senantiasa memberikan kemudahan bermobilitas bagi masyarakat. Terima kasih dukungan yang diberikan ke industri otomotif, termasuk dengan adanya Kebijakan Pajak Karbon (CO2) yang membuat harga jual kendaraan rendah emisi gas buang menjadi lebih kompetitif. Kami bersyukur produk-produk Toyota, termasuk New Camry V yang menggunakan mesin internal combustion (ICE) maupun New Camry Hybrid yang sudah dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi, menghasilkan level CO2 yang rendah. Kami harap, New Camry tidak hanya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik kepada pelanggan saat bermobilitas, namun juga dapat menjadi bagian dari upaya bersama kami beserta pelanggan dalam menekan angka CO2 kedepannya,” jelas Henry Tanoto, selaku Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top