Tokyo Motor Show 2019: Bedah Teknologi Mesin Dynamic Force Engine Toyota Yaris 2020

25/10/2019

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Tokyo Motor Show 2019: Bedah Teknologi Mesin Dynamic Force Engine Toyota Yaris 2020
Toyota Yaris 2020 baru saja dibuka selubungnya di pertengahan bulan Oktober 2019 lalu. Teknologi menjadi salah satu nilai jual Toyota Yaris 2020, salah satunya Dynamic Force Engine di mobil ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan dynamic force engine? Mari kita bahas...

Toyota Yaris 2020 saat ini sedang mejeng di ajang bergengsi Tokyo Motor Show 2019. Mobil kompak andalan Toyota itu hadir dengan beragam terobosan. Baik dari sisi desain, hingga dari sisi teknis. Yang akan tim teknik Cintamobil.com coba kulik kali ini adalah teknologi mesin dynamic force engine andalan Toyota Yaris 2020 ini. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan mesin dengan teknologi dynamic force engine, mengapa begitu 'dijual' oleh Toyota?

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Yaris termahal di Indonesia

Gambar menunjukkan Toyota Yaris 2020 berwarna merah

Toyota Yaris 2020 hadir dengan segudang teknologi, termasuk pada mesin yang digunakan

Teknologi dynamic force engine di Toyota Yaris 2020 ini intinya adalah mempercepat aliran udara (flow) dengan mengatur ulang kerebahan katup. Katup alias klep ini dibuat lebih rebah dari mesin konvensional. Kerebahannya cukup ekstrim, hingga 41°. Bandingkan dengan mesin Toyota konvensional atau mesin lainnya yang berkisar antara 35-37º. Dengan pengaturan ulang kemiringan katup, lubang katup, sitting klep (dudukan katup) maka diharapkan aliran udara masuk menjadi lebih lancar, padat, dan berputar dengan cepat.

>>> Inilah produk andalan Toyota di Tokyo Motor Show 2019

Gambar menunjukkan kerebahan katup mesin dynamic force engine

Kerebahan katup membuat flow udara masuk dan keluar ruang bakar jadi lebih cepat

Tapi tak hanya bagian itu saja yang diatur. dalam rangkaian teknologi dynamic force engine ini, buka tutup katup juga disesuaikan, berkat penggunaan teknologi VVT-iE. VVT-iE lho ya, bukan VVT-i biasa yang mengandalkan tekanan oli. Kelebihan VVT-iE ini karena digerakkan menggunakan energi listrik, responnya jauh lebih cepat dan presisi. VVT-iE yang digerakkan listrik hanya butuh sepersekian detik sudah bisa aktif. Bandiingkan dengan VVT-i hidrolik yang membutuhkan waktu lebih lama, apalagi jika olinya kental.

>>> Ingin lebih jauh mengenal teknologi katup variabel? Klik di sini

Gambar menunjukkan pengaturan VVT-iE dan thermal engine

Variable control system turut membantu mesin dynamic force engine ini

Bukaan katup tadi juga dibantu sistem D-4S (Direct Injection 4-Stroke) anyar. Jadi mesin dynamic force engine ini punya dua injektor terpisah. Pertama untuk injeksi langsung dan satu lagi ke port intake, sistem D-4S dapat mengatur injektor tersebut untuk menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi ke kepala piston dan injektor port menyemprot ke intake secara bersamaan. Atau salah satu saja, misal menyemprot ke atas kepala piston saja, itu semua tergantung dari putaran mesin serta suhu dan parameter lainnya.

>>> Mobil reli ini juga menggunakan teknologi Direct Injection 4-Stroke

Gambar menunjukkan suhu mesin berteknologi dynamic force engine lebih terjaga

Berkat suhu kerja mesin yang terjaga pembakaran jadi makin optimal

Suhu mesin juga diatur agar tidak terbuang sia-sia dengan variable cooling system yang memanfaatkan motor driven water pump dan heated thermostat yang dengan cepat bekerja menjaga suhu mesin tetap optimal agar pembakaran yang dilakukan juga makin optimal. Apa dynamic force engine hanya sebatas itu? Tentu saja tidak. Peranti penggebuk kompresi alias piston juga diracik ulang. Pada bagian bawah ring piston (dinding piston), finishingnya dibuat sehalus kaca, tujuannya untuk mengurangi gesekan.

>>> Ingin beli Toyota Yaris bekas? Cek harga pasarannya di sini

Gambar menunjukkan piston mesin dyanamic force engine

Mirror finishing di dinding piston membuat friksi menjadi minimum

Agar mengoptimalkan torsi yang dihasilkan, semua mesin Toyota yang mengusung teknologi dynamic force engine ini juga menggunakan desain long stroke (langkah piston lebih panjang dari penampang diameter piston). Dengan teknologi ini, udara dan bensin yang ada di dalam silinder akan lebih cepat habis terbakar. Semua itu dilakukan demi terciptanya perpaduan antara efisiensi dan performa. Maka tak heran, Toyota mengklaim mobil ini super efficient, tanpa meninggalkan performa yang tetap baik.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Modifikasi Toyota New Yaris TRD dan Modellista, Beda Tema Keren yang Mana?

23/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Toyota New Yaris ini datang dari TRD dan Modellista. Keduanya menawarkan tema modifikasi yang berbeda. TRD lebih kepada penampilan yang agresif, sementara Modellista lebih menonjolkan sisi elegan. Anda suka yang mana?

Lihat juga

Tokyo Motor Show 2019: Toyota Yaris 2020 Jadi Produk Jagoan Toyota Di Tokyo Motor Show 2019

23/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Rival abadi dari Honda Jazz ini akhirnya mendapat ubahan yang besar. Tak heran Toyota Yaris 2020 ini digadang-gadang akan menjadi model global Toyota, dan memulai debutnya di ajang Tokyo Motor Show 2019.

Lihat juga

Pertama Gunakan Platform GA-B, Gambar Resmi Toyota Yaris 2020 Diluncurkan

16/10/2019

Mobil baru

2 menit

Toyota Yaris 2020 bocor sebelum premier pertamanya pada Tokyo Motor Show 2019 mendatang. Hatchback unggulan Toyota tersebut terlihat kamera tanpa kamuflase atau penyamaran pada Tokyota Technical Center Shimoyama di Toyota (sebuah kota di prefektur Aichi), Jepang.

Lihat juga

Sehat Bareng Yaris, TYCI Gandeng Komunitas Olahraga

25/09/2019

Event - Promosi

5 menit

Sehat Bareng Yaris merupakan kegiatan yang dilaksanakan para member TYCI dengan menggandeng komunitas olahraga. Tujuannya agar menjalin silaturahmi dengan komunitas non otomotif dan juga membuat tubuh lebih sehat.

Lihat juga

Toyota Gunakan Platform TNGA Untuk Yaris Terbaru?

07/09/2019

Mobil baru

5 menit

Setelah menghadirkan berbagai mobil baru dengan platform baru TNGA, Toyota akan menghadirkan platform tersebut untuk mobil kompaknya, yang dimulai dengan generasi keempat Toyota Yaris.

Lihat juga