Jadi Lebih Mewah! Ini Beda Harga dan Tipe Xenia 2022 Terbaru

15/11/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Upgrade terbaru dari All New Xenia 2022 menghadirkan berbagai peningkatan fitur dan tampilan. Intip perbedaan harga dan tipe Xenia terbaru di bawah ini.

PT Astra Daihatsu Motor menghadirkan upgrade yang cukup besar pada generasi ketiga dari All New Daihatsu Xenia 2022. Beragam tipe Xenia diperkenalkan dengan fitur tambahan baru guna menghadirkan pengendaraan yang lebih baik untuk model unggulan dari PT ADM ini.

Pilihan Tipe Mobil Xenia terbaru

Rombakan besar terlihat dengan penggunaan penggunaan sasis baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sama dengan yang digunakan pada Daihatsu Rocky untuk sensasi berkendara yang lebih halus dan nyaman. Ubahan ini juga membuat Xenia memiliki performa yang lebih maksimal.

peluncuran All New Daihatsu Xenia 2022 terbaru berwarna hitam
Peluncuran All New Xenia 2022 pada gelaran GIIAS di ICE BSD

Perbedaan lainnya yang ditemukan pada generasi ketiga Xenia tentunya penggunaan sistem penggerak roda depan, atau Front-Wheel drive. Selain memberikan rasa berkendara yang lebih baik, sistem FWD mampu meminimalisir tenaga yang terbuang, sehingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

>>> 5 Alasan All New Xenia, All New Avanza & Veloz Pindah Dari RWD ke FWD

Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih tipe Xenia mana yang ingin Anda milik, simak perbedaan antar variannya di bawah ini.

1. Daihatsu Xenia 1.3 M

Sebagai varian terendah, fitur yang ditawarkan pada Xenia 1.3 M tak kalah lengkapnya dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. Semua model juga sudah mendapatkan AC Digital, Double Blower dengan desain yang datar, dan pengaturan bangku baris kedua Sofa Mode Function untuk kepraktisan yang lebih baik.

Perubahan yang ditawarkan tentunya bisa dirasakan pada spesifikasi teknis mobil ini. Tiga tipe Xenia, yaitu M, X, dan R sama-sama berbagi mesin berkapasitas 1.3 liter yang sama dengan model sebelumnya. Tapi tentunya Daihatsu menghadirkan peningkatan teknis yang membuat pengendaraan menjadi lebih menyenangkan.

dua mobil baru Daihatsu Xenia 2022 berwarna putih dan hitam
Dua model Xenia 1.3 dan 1.5 yang dipajang di GIIAS 2021

Salah satunya adalah dengan peningkatan tenaga yang dipasang. Mobil ini sudah mendapatkan keluaran tenaga 93 hp pada putaran 6.000 rpm, atau tak berubah dibandingkan versi sebelumnya. Begitu pula dengan keluaran torsi 121 Nm pada putaran 4.200 rpm yang sudah cukup baik untuk pengendaraan di jalanan perkotaan.

Sayangnya tipe Xenia varian terendah ini hanya ditawarkan dalam satu pilihan transmisi saja, yaitu manual 5-percepatan. Bisa dibilang tidak ada perubahan besar, tapi sepertinya Daihatsu tetap menghadirkan peningkatan teknologi untuk membantu pengendara.

>>> Tes Internal: Konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia 2022 Tembus 18 Km/l!

2. Daihatsu Xenia 1.3 X

Dari segi fitur dan kenyamanan, tentunya tidak banyak yang berbeda antara Xenia 1.3 M dan 1.3 X. Sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.3 liter, namun hal baru yang bisa dirasakan pada Xenia 1.3 X yaitu kehadiran transmisi CVT otomatis.

fitur All New Xenia 2022 berwarna hitam
Rangkaian fitur anyar yang ditawarkan pada Xenia terbaru

Transmisi CVT ditawarkan untuk menggantikan transmisi 4-percepatan otomatis yang sudah digunakan sejak generasi pertama. Kehadiran teknologi CVT berperan besar untuk memberikan pengendaraan yang lebih mulus ketika berkendara serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

3. Daihatsu Xenia 1.3 R

Xenia 1.3 R bisa dibilang sebagai tipe Xenia menengah dengan fitur yang termasuk lengkap dibandingkan varian lainnya. Selain memiliki beragam teknologi dan fitur dari varian di bawahnya, Xenia 1.3 R sudah mendapatkan fitur Auto Retractable Function serta tombol Push Start/Stop Engine dan steering Switch yang membuat mobil ini terkesan lebih premium.

4. Daihatsu Xenia 1.5 R

Fitur yang hanya ditemukan pada varian 1.5 R ke atas yaitu Key Free System serta Outer Mirror dengan Turn Lamp yang tentunya meningkatkan kepraktisan ketika berkendara. Khusus untuk tipe 1.5 R, ada tombol Start/Stop Engine menggunakan warna merah yang kontras dengan dashboard mobil.

Khusus untuk sistem keselamatan, beberapa fitur canggih baru bisa ditemukan pada varian 1.5 R dibandingkan tipe Xenia di bawahnya. Diantaranya yaitu Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC) yang bertugas untuk membuat mobil lebih stabil ketika sedang berbelok.

interior All New Xenia 2022 dengan dominasi warna hitam
Xenia 1.5 R memiliki tombol Start/Stop Engine berwarna merah yang kontras

Perbedaan paling jelas terlihat dari penggunaan mesin berkapasitas 1.5 liter yang tentunya lebih bertenaga dibandingkan tipe Xenia lainnya. Mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i merupakan mesin yang sama dengan yang ditemukan pada All New Avanza 1.5 G. Dengan begitu, tidak ada perbedaan spesifikasi teknis antara mesin ini dengan versi Avanza 1.5 G.

Bagi Anda yang ingin memiliki tipe Xenia ini bisa mendapatkan tenaga maksimal 103 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada putaran 4.200. Tenaga disalurkan ke roda depan menggunakan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi CVT otomatis.

>>> Review Daihatsu All New Xenia 2022: Sahabat Keluarga (Sudah) Naik Kelas

5. Daihatsu Xenia 1.3 R CVT ASA

Tipe Xenia tertinggi ini menghadirkan fitur keselamatan tingkat tinggi yang sebelumnya sudah ditanamkan pada Daihatsu Rocky. Dikenal juga dengan Advanced Safety Assist, ada beberapa fitur tambahan yang disematkan, yaitu;

  • Collision Warning Function,
  • Pedal Misoperation Control,
  • Lane Departure Warning,
  • Lane Departure Prevention, dan
  • Leading Vehicle Departure Warning.

Harga All New Xenia 2022

Seperti sebelumnya, Daihatsu menghadirkan beragam tipe Xenia yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan budget Anda. Di awal generasi ketiga ini, ada total 12 tipe dan varian yang tersedia. Perbedaan terlihat pada tipe mesin, transmisi yang digunakan, serta fitur keselamatan ASA terbaru. Berikut daftar harga All New Xenia 2022 terbaru.

Tipe Xenia 2022

Harga

All New Xenia 1.3 M MT

Rp 190.900.000

All New Xenia 1.3 X MT

Rp 193.900.000

All New Xenia 1.3 X CVT

Rp 209.200.000

All New Xenia 1.3 R MT

Rp 204.000.000

All New Xenia 1.3 R MT ADS

Rp 213.000.000

All New Xenia 1.3 R CVT

Rp 219.300.000

All New Xenia 1.3 R CVT ADS

Rp 228.300.000

All New Xenia 1.5 R MT

Rp 221.000.000

All New Xenia 1.5 R CVT ADS

Rp 230.000.000

All New Xenia 1.5 R MT

Rp 233.700.000

All New Xenia 1.5 R CVT ADS

Rp 242.700.000

All New Xenia 1.5 R CVT ASA

Rp 242.400.000

Ubahan terbaru membuat All New Xenia 2022 memiliki value for money yang lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Setiap tipe Xenia memiliki fitur khusus yang diberikan untuk meningkatkan rasa berkendara dan kenyamanan sepanjang perjalanan. Membuatnya semakin mentereng sebagai sebagai model andalan Daihatsu di Tanah Air.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top