5 Alasan All New Xenia, All New Avanza & Veloz Pindah Dari RWD ke FWD

03/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Artikel ini merupakan sudut pandang tim Cintamobil.com menanggapi All New Xenia 2022, All New Avanza, dan All New Veloz pindah posisi penggerak dari RWD ke FWD.

Perpindahal layout penggerak dari sebelumnya penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive) ke penggerak roda depan (Front Wheel Drive) menimbulkan pro & kontra di mata para penggemar mobil kembar ini. Tentu saja ini karena Daihatsu All New Xenia, Toyota All New Avanza, dan Toyota All New Veloz sudah pakai format FWD.

Eksterior belakang All New Avanza 1.5 G CVT 2021

All New Xenia maupun Avanza terbaru tak lagi usung penggerak roda belakang

Tapi tahukah Anda, ternyata setelah tim Cintamobil.com berdiskusi dengan salah satu 'dedengkot' di PT Astra Daihatsu Motor (ADM), ternyata kami menemukan 5 hal yang setidaknya menjadi pertimbangan mengapa tiga model mobil tersebut pindah posisi penggerak dari RWD ke FWD.

1. Pergeseran Kebutuhan

17 tahun lalu, Avanza dan Xenia lahir di Indonesia dengan penggerak roda belakang tentu bukan tanpa alasan. Saat itu, kondisi jalan tidak sebagus sekarang, banyak jalan rusak dan kontur tidak rata terutama di daerah.

Makanya, saat mobil kembar ini pertama kali muncul tahun 2003 di bulan Desember kedua produk ini hadir dengan format RWD, pakai bonnet, dan punya dimensi kompak. Intinya sesuai sekali dengan kebutuhan konsumen saat itu.

Toyota Avanza 1.3 G MT 2003

Kebutuhan berubah, lain dulu ya lain sekarang

Sedangkan, All New Xenia, All New Avanza, dan All New Veloz hadir dengan format FWD karena hasil riset yang dilakukan PT ADM dan PT Toyota Astra Motor (TAM) menunjukkan telah terjadi pergeseran kebutuham konsumen di Indonesia akan sebuah mobil keluarga.

"Iya survey mendalam (dilakukan) tentang perilaku konsumen Indonesia. Selain itu study mendalam tentang Environment indonesia juga dilakukan. Bisa dibilang kami (ADM) memahami environment Indonesia lebih baik dari pabrikan lain," ujar narasumber terpercaya kami itu yang enggan namanya terkenal.

2. Infrastruktur Lebih Baik

Perkembangan infrastruktur jalan juga menjadi alasan mengapa Daihatsu All New Xenia, Toyota All New Avanza, dan Toyota All New Veloz mengadopsi penggerak roda depan. Kualitas kehidupan konsumen Indonesia pun juga meningkat bukan?

"Kami punya data base dan statistik penambahan ruas jalan di indonesia setiap 10 tahun. Setiap ada jalan tol baru kami perlu menyesuaikan requirement," ujar narasumber kami yang mengantongi kartu tanda karyawan Astra ini.

Tol MBZ

Banyak jalan tol dan pembangunan infrastruktur pengaruhi pabrikan membuat mobil

Contohnya nih, "Kecepatan di jalan tol sekarang saja sudah bisa konstan 140 km/jam selama 20 detik (ini dilakukan di Tol atas MBZ jam 5-6 pagi). Hal ini (tentu) mengubah target performa (terutama) aerodynamic, dan lain lain," paparnya.

Ia pun kembali memberi contoh, "17 tahun yang lalu. mana bisa constant speed selama 20 detik pada (kecepatan) 140 km/jam? Palingan mentok di 60 km/jam sudah harus ngerem sana sini," kekehnya.

3. Nilai Plus Untuk Konsumen

Penggerak roda depan (FWD) tentu punya nilai plus untuk para konsumen. Kabin sudah pasti bisa diatur lebih lega dan praktis, begitupula dengan tempat penyimpanan yang bisa diset lebih banyak karena lantai bisa dibuat lebih rata sebab enggak ada bonggol gardan maupun kopel.

Daihatsu All New Xenia 1.5 R CVT 2021

Penggerak roda depan banyak keuntungannya

Bobot kendaraan juga lebih ringan karena tidak ada differential gear yang berat, lalu tidak ada propeller shaft yang membuatnya, "Less Noise vibration, Getaran dari propeller shaft dan differential gear itu merambat ke body dan bergema," ungkap pria yang namanya beneran ogah ngetop ini. Otomatis ini jadi benefit untuk konsumen.

4. Lebih Hemat BBM

Kebalikan dengan mobil berpenggerak roda belakang (RWD), mobil FWD malah cenderung punya power loss yang lebih kecil. Karena tenaga dari mesin depan langsung tersambung ke as roda untuk kemudian menggerakkan roda.

>>> Slope Sensor Jadi Senjata Toyota Avanza 2022 Kuat

Beda dengan RWD yang harus menyalurkan tenaganya ke kopel lalu masuk ke gardan untuk kemudian memutar roda. Kerugian gesek ini membuat mobil RWD lebih tidak efisien. Sedangkan, defisit tersebut tak akan terjadi di All New Daihatsu Xenia yang berpenggerak roda depan.

>>> Toyota Avanza 2022 Jadi FWD, Simak Kelebihan Kekurangan Mobil FWD

Sekadar info, power loss akan berpengaruh ke banyak hal, semisal akselerasi cenderung lebih pelan, dan konsumsi BBM biasanya lebih boros. Contoh riil adalah Wuling Confero yang konsumsi BBMnya tidak sehemat rival sekelasnya yang mengusung format sama (mesin depan, penggerak belakang) semisal Toyota Avanza.

5. Tetap Jago Nanjak

Salah satu momok terbesar mobil berpenggerak roda depan adalah saat harus melibas tanjakan baik yang terjal maupun long continues slope. Apalagi kalau musti nanjak dari posisi berhenti (start di tanjakan). Tapi tenang, All New Xenia maupun All New Avanza & Veloz ini dijamin bakal kuat nanjak kok, bahkan dari posisi diam sekalipun...

Toyota All New Avanza 1.5 G CVT 2021

Avanza dan Xenia terbaru dilengkapi slope sensor

"Kami sudah riset kelemahan (mobil) FF di tanjakkan. Jadinya (kami) memasang sensor kemiringan jalan. Tujuannya, ketika jalan miring, komputer akan menyesuaikan bukaan pedal gas, supaya beralih ke torsi putaran bawah," papar narasumber kami yang beneran enggak mau ngetop tapi tak pelit ilmu ini.

Mitsubishi Xpander Sport MT 2021

Enggak bakal terjadi seperti ini? We'll see...

"Ditambah center of gravity mobil terletak lebih rendah dari mobil FR (penggerak roda belakang) supaya waktu nanjak beban mobil masih ada di depan," tambahnya lagi. Pada intinya mobil berpenggerak roda depan bila ditambah alat sakti ini akan memberikan banyak benefit, dan itu bakal ada di Avanza Xenia terbaru ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top