Pagani Huayra R, Edisi Pamungkas Hypercar Bermesin V12

21/03/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Pagani Huayra R, Edisi Pamungkas Hypercar Bermesin V12
Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 sebagai penerus Pagani Zonda, edisi terbaru Pagani Huayra R mendapatkan tambahan teknologi dibandingkan versi standar.

Hampir 30 tahun sejarah Pagani, hanya ada dua model yang diproduksi oleh pabrikan asal Italia ini. Selain Pagani Zonda dan Huayra, Pagani akhirnya memperkenalkan versi pamungkas bernama Pagani Huayra R. Meski tak jauh berbeda dengan model standar, Huayra R mengemas sejumlah fitur dan teknologi terbaik dari Pagani.

Mesin V12 dari HWA

Yang terbaru dari mobil ini adalah mesin V12 6.0L naturally aspirated yang dikembangkan oleh HWA, yang juga menjadi kolaborator Mercedes-AMG. Memompa tenaga hinga 850 PS dan torsi maksimal 750 Nm pada batas putaran 9.000 rpm. Mesin V12 Pagani hanya memiliki berat 198 kg dan membutuhkan servis setiap 10.000 kilometer.

“Mesin baru harus memiliki pesona, romansa, suara, dan kesederhanaan dari mesin F1 1980-an sambil menggabungkan teknologi canggih yang tersedia saat ini,” tambah Pagani.

Huayra R mendapatkan girboks sekuensial 6-percepatan baru untuk memberikan sensasi maksimum pada setiap pergantian gigi. Pagani mengklaim efisiensi gesekan 95% dengan menggunakan kopling balap cakram berbahan sinter, menjanjikan perpindahan gigi yang lebih presisi sekaligus mengurangi waktu pemindahan gigi.

>>> Duo Mercedes-Benz nan Futuristik di Film Zack Snyder’s Justice League

Kelengkapan mobil balap Huayra R

Selain mesin yang mengagumkan, Huayra R memiliki rangka monokok karbon-titanium yang sama dengan mobil balap Pagani Huayra Roadster BC. Mesin dan transmisi baru dipasang langsung ke rangka untuk meningkatkan kekakuan sasis, menghasilkan handling yang lebih kaku serta kelincahan yang lebih baik.

mobil balap terbaru hypercar Pagani Huayra R
Spoiler belakang dilengkapi dengan knalpot tengah dari Huayra R

>>> Toyota Aygo X Prologue Tegaskan Desain City Car Bergaya Crossover

Kelengkapan mobil ini termasuk rotor karbon keramik dengan cakram Brembo berukuran 16,1 inci di depan dan 15,4 inci di belakang. Mobil ini juga memiliki spoiler belakang yang besar dan sepasang flap yang bisa digerakkan untuk menyesuaikan downforce pada saat berkendara. Termasuk velg 19 inci dengan ban Pirelli yang terinspirasi dari kompetisi balap GT3.

“Kreativitas adalah hasil dari keingintahuan dan pencarian akan sesuatu yang tidak ada,” kata Horacio Pagani, pendiri Pagani Automobili S.P.A dalam keterangan resminya. “Dari keinginan untuk kebebasan ini, dan pengalaman Zonda R dan mobil-mobil masa lalu, muncullah ide Huayra R, seperti menghirup udara segar.”

Pagani hanya memproduksi 30 unit Huayra R dengan harga dasar mulai dari $ 3,1 juta (sekitar Rp 44,5 miliar). Tapi sayangnya mobil ini tidak legal dikendarai di jalan raya. Jadi selain sebagai koleksi garasi, Pagani Huayra R hanya bisa dimainkan di trek saja. Tertarik membelinya?

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top