Siap-Siap, Mobil Listrik Nissan Leaf Diganti SUV Baru

23/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Kabar terbaru dari Inggris mengungkapkan bahwa Nissan sedang mempersiapkan SUV bertenaga listrik baru yang akan menggantikan mobil listrik Nissan Leaf.

Sebagai pengembangan model terbaru mereka di Eropa, Nissan dipercaya sedang mengembangkan model baru berbasis SUV yang akan menggantikan Nissan Leaf. Perusahaan tersebut merilis gambar teaser dari crossover baru ketika mereka mengumumkan investasi mereka di Sunderland, Inggris.

Pengganti Nissan Leaf

Laporan ini disampaikan oleh Autocar yang mengungkapkan rencana Nissan untuk memproduksi SUV baru di pabrik mereka di Sunderland, Inggris. Ini merupakan bagian dari investasi besar senilai 1 miliar euro (hampir Rp 20 triliun) yang diumumkan bulan Juli lalu.

mobil listrik baru Nissan Leaf berwarna putih
Model baru dipersiapkan sebagai pengganti Nissan Leaf

>>> Adu Teknologi Toyota Corolla Cross Hybrid vs Mobil Listrik Nissan Leaf

Bos Nissan di Eropa, Guillaume Cartier, mengkonfirmasi bahwa kehadiran model terbaru ini dipercaya akan menggantikan mobil listrik Nissan Leaf. Leaf yang berbodi hatchback akan beralih ke model crossover, atau SUV kompak menggunakan platform CMF-EV yang dikembangkan oleh aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi dengan harapan meluncur tahun 2025.

Di tahun tersebut, lini model inti masa depan Nissan di Eropa nantinya akan mencakup lima model utama, yaitu Nissan Ariya, Juke, Qashqai, X-Trail, dan SUV pengganti Nissan Leaf yang masih belum diketahui namanya ini. Menariknya, semua model ini berbentuk SUV bertenaga listrik, disesuaikan dengan peraturan emisi 0% yang banyak diusulkan di berbagai negara di Eropa mulai 2025.

>>> Komparasi Biaya Servis Nissan Leaf vs Mobil Konvensional

Beralih ke era listrik

Nissan nantinya dipercaya akan mengembangkan model yang lebih konvensional, seperti sedan, hatchback, hingga estate. Namun pabrikan Jepang ini akan membawa banyak teknologi milik Mitsubishi dan Renault, termasuk mencari model city car lainnya untuk menggantikan Nissan March dengan model baru dengan baterai listrik.

“Kami akan melihat ke Aliansi untuk line-up dan powertrains penuh,” kata Cartier. “Salah satu topik yang masih terbuka adalah entri [pengganti berukuran Micra]. Poin kuncinya adalah bagaimana kami menawarkan sesuatu dari Aliansi dengan merek Nissan.”

CEO Nissan, Makoto Uchida, menegaskan bahwa perusahaan mereka tidak akan berinvestasi pada teknologi hidrogen, melainkan fokus untuk mengembangkan kendaraan bertenaga listrik. Nissan mengharapkan 80% dari penjualannya akan bergeser ke mobil listrik pada tahun 2030. Di tahun 2025 nanti, mereka siap memenuhi lini modelnya dengan model listrik penuh atau opsi hybrid Nissan E-Power.

>>> Dapatkan harga mobil baru Nissan dan promo terbaru di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top