Mercedes-AMG One Mulai Dites, Hypercar Jalanan Bermesin F1

20/08/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Mercedes-AMG One Mulai Dites, Hypercar Jalanan Bermesin F1
Mercedes-AMG One sudah memasuki fase akhir development. Hypercar dengan mesin F1 itu sudah mulai dites di jalanan dengan bodykit dan powertrain yang sudah disempurnakan.

Pertama kali diperkenalkan tahun 2017, Mercedes-AMG One sudah memasuki tahap akhir produksi, dan memasuki fase tes di Immedigen proving ground, di sekitar perbatasan Jerman-Swiss.

Akan dibanderol 2,4 juta Poundsterling (setara Rp 47 miliar), hypercar flagship Mercedes-AMG itu akan berhadapan langsung dengan Aston Martin Valkyrie, yang juga masih dalam tahap pengembangan.

>>> Sejarah Mercedes-AMG, divisi balap yang mengubah identitas Mercedes-Benz

Penyempurnaan jelang produksi

Mercedes-AMG mengatakan program tes AMG One saat ini bertujuan memastikan seluruh komponen aero telah terintegrasi dan beroperasi sebagai mana mestinya. Selain itu, powertrain yang dipakai di Mercedes-AMG One juga sedang dalam proses fine-tunning untuk memastikan mesin bertenaga 986 HP itu bisa dipakai untuk mobil masal.

Tampak depan prototype Mercedes-AMG One

Tampilan belakang prototype Mercedes-AMG One

Interior prototype Mercedes-AMG One

Tampilan eksterior dan interior hypercar AMG One

Dan dari footage video, kita bisa melihat sedikit bocoran interior dan eksterior Mercedes-AMG One yang sudah siap produksi. Beberapa detail yang terlihat adalah kaca spion digital, sampai engine cover dengan shark fin ala mobil Formula 1.

Secara umum, detail mobil juga sudah terlihat lebih rapih dibandingkan prototype awal. Dan untuk prototype versi ini, hadir triple-exhaust system yang sama seperti kepunyaan mobil F1.

Hypercar dengan mesin Formula 1

Salah satu daya tarik Mercedes-AMG One dibandingkan hypercar lain di pasaran adalah penggunaan mesin V6 1.6 liter turbo yang sama seperti yang dipakai tim Mercedes mendominasi era hybrid dengan enam gelar pembalap dan konstruktor sejak 2014-2019. Mesinnya juga lahir di pabrik yang sama, Mercedes High Performance Powertrains di Brixworth, Inggris.

Namun ada beberapa penyesuaian yang membuat mobil jadi lebih ramah untuk penggunaan sehari-hari. Salah satunya batas atas putaran mesin mobil yang diturunkan dari 15.000 rpm menjadi 11.000 rpm.

Mercedes-AMG One dan mobil balap F1 Mercedes-AMG

Hypercar AMG One memakai mesin yang sama seperti mobil F1 Mercedes-AMG

Selain itu, sistem elektrik powertrain yang total terdiri dari empat motor listrik, memiliki output lebih besar. Alhasil, sistem hybrid AMG One bisa berjalan tanpa mesin, fungsi yang ditambahkan dalam proses produksi.

Salah satu motor listrik menjadi bagian dari electronic turbocharger untuk mengurangi turbo lag, satu motor terhubung dengan mesin menambah output mesin sekitar 161 HP, sedangkan dua lainnya menggerakkan roda depan.

Detail powertrain Mercedes-AMG One

Layout powertrain AMG One

Keempat motor elektrik tersebut mendapatkan energi dari baterai lithium-ion yang ditanam tepat di belakang sumbu roda depan, sama seperti mobil Mercedes-AMG F1. Namun bedanya, baterai AMG One punya lebih banyak sel, dan bisa berjalan dengan energi listrik sejauh 25 km.

Mercedes mengklaim performa 986 HP dari mesin dapat menghasilkan kecepatan puncak sampai 350 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam kurang dari tiga detik, dan 0-200 km/jam kurang dari enam detik.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Mercedes-AMG GT Black Series Pakai Kamuflase untuk Pecahkan Rekor Nurburgring

15/08/2020

Mobil baru

4 menit

Tepat satu bulan setelah peluncurannya, AMG GT Black Series kembali tertangkap memakai kamuflase di Nurburgring Nodscleife. Bahkan, supercar terbaru Mercedes-AMG itu diklaim mematahkan rekor mobil produksi tercepat di sana.

Lihat juga

Paket Modifikasi ini Dongkrak Performa Mercedes-AMG G63 Sampai 940 HP

16/08/2020

Perawatan dan service

4 menit

Mercedes-AMG G63 terkenal dengan kemampuan off-road nya. Namun, rumah modifikasi ini coba membawa AMG G-Class ini menuju dimensi lain dengan peningkatkan performa setara supercar.

Lihat juga

F1 GP 70th Anniversary: Verstappen Hentikan Dominasi Mercedes-AMG

10/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Setelah mendominasi tiga balapan awal F1 musim 2020, dominasi Mercedes-AMG akhirnya dipatahkan jagoan Red Bull Honda, Max Verstappen, yang memenangi GP 70th Anniversary.

Lihat juga

Adopsi Teknologi F1, Mercedes-AMG Siapkan Turbocharger Listrik Baru

19/06/2020

Mobil baru

4 menit

Mengadopsi salah satu teknologi mobil Formula 1 yang mendominasi era hybrid sejak 2014, Mercedes-AMG mengembangkan turbocharger listrik untuk mobil performanya.

Lihat juga

Mercedes-AMG E63 2021 Dirlis, Pertahankan Mesin V8 604 HP

19/06/2020

Mobil baru

4 menit

Hadir sebagai pelengkap line-up E-Class, Mercedes perkenalkan AMG E63 2021 yang hadir dengan revisi eksterior minimalis, dan mesin yang sama perkasanya seperti model pre-facelift.

Lihat juga
 
back to top