Senjata New MG ZS untuk 'Melawan' Honda HR-V dan Mazda CX-3

10/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Sebagai penantang baru yang langsung mendapatkan penyegaran, New MG ZS menjadi pesaing yang bisa menyusahkan muka lama, seperti Honda HR-V dan Mazda CX-3.

Tak butuh waktu lama bagi MG Motor Indonesia untuk memberikan penyegaran pada SUV populernya, New MG ZS. Mobil ini menerima berbagai tambahan fitur dan revisi tampilan di luar dan di dalam. Namun, bagaimana potensi mobil ini melawan model lama di segmen ini, Honda HR-V dan Mazda CX-3?

Penuh fitur baru

Sebagai perbandingan, dari segi dimensi ketiga mobil ini tak begitu banyak berbeda. Apalagi dari tampilan, CX-3 dan MG ZS terlihat lebih elegan, dibandingkan HR-V yang mengusung kesan sporty pada mobil ini. Tapi sekali lagi, untuk kesan dan tampilan, semua itu merupakan preferensi masing-masing pengguna.

head unit MG ZS terbaru dengan layar 10 inci
Ada filter udara 2.5 PM yang tak dimiliki pesaingnya

Namun yang membedakan New MG ZS dengan pesaingnya adalah keberadaan filter udara 2.5 PM yang tentu menjadi daya tarik tersendiri pada mobil ini. Pasalnya fitur ini semakin populer untuk menjaga udara di dalam kabin paska COVID-19. Fitur yang masih belum ditemukan pada Honda HR-V maupun Mazda CX-9.

Dari segi kepraktisan, MG ZS facelift pun tak kalah dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Pasalnya Anda sudah mendapatkan 5 USB port yang akan sangat berguna untuk mengisi daya smartphone ketika melakukan perjalanan jauh. Ada kombinasi pengaturan kursi 6-arah dan ukuran layar kluster instrumen berukuran 7 inchi yang lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

>>> Honda HR-V Hybrid Mulai Dijual, Termurah Rp 535 Jutaan

kluster instrumen MG ZS terbaru di Indonesia
Kluster instrument 7 inci lebih besar dibandingkan versi awal

Hal lain yang masih menjadi bahan perbincangan adalah harganya. Kedua rival MG ZS mengklaim dirinya memiliki harga bersaing. Honda HR-V misalnya dengan banderol Rp 306 jutaan dan Mazda CX-3 yang saat ini bisa didapatkan mulai dari Rp Rp 353 jutaan. Harga MG ZS pra-facelift bisa dibilang lebih bersaing dengan banderolan Rp 261 jutaan.

>>> New MG ZS Meluncur di Indonesia, Apa yang Baru?

Ubahan minor

Ubahan yang diberikan pada mobil ini memang terbilang minor, namun cukup apik sebagai penyegaran dalam misinya merangsek di segmen SUV kompak Tanah Air. Termasuk High-gloss grille dengan lampu depan LED projector, velg tomahawk allow, spoiler belakang yang baru, serta keyless entry yang memberikan kemudahan masuk sekaligus keamanan dalam memarkir mobil ini.

interior MG ZS dengan warna cokelat dan hitam
Desain luarnya tak banyak mengalami perubahan dibandingkan sebelumnya

Di sisi teknis, MG memperkenalkan pilihan transmisi CVT 8-percepatan dengan perpindahan yang semakin halus. Sedangkan bagian mesin tidak mengalami perubahan. asih mengandalkan mesin 1.5 liter bertenaga 114 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 150 Nm pada 4.500 rpm.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top