Lebih Bertenaga, Berikut Teknologi Mesin Di Toyota Fortuner 2.800 cc

23/08/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Kedinamisan mesin Toyota Fortuner 2.800 cc jelas di atas yang mesin 2.400 cc, berikut ini kami akan bahas singkat teknologi yang diusung mesin 1GD-FTV ini

Toyota Fortuner 2.800 cc memang belum dijual di Tanah Air, sebab saat peluncuran versi facelift dari Fortuner tahun lalu skema pajaknya belum mendukung. Namun, dengan peraturan pajak anyar yang kini tidak memberatkan ke kapasitas mesin, bisa jadi varian ini akan segera dijual di Indonesia.

Toyota Fortuner Legender 2.800

Fortuner Legender akan dijual di Indonesia? We'll see...

Memang, hingga artikel ini diturunkan pihak PT Toyota Astra Motor belum memberikan jawaban apapun saat kami konfirmasi. "Hehehe, ditunggu aja ya," ujar salah satu narasumber terpercaya kami yang in-charge dengan mobil ini ke Cintamobil.com. Sementara menunggu kejelasan, tak ada salahnya kan kita bahas teknologi di mesin ini?

Penyempurnaan Di Mesin Toyota Fortuner 2.800 cc

Toyota Fortuner 2.800 cc atau yang dijual oleh Toyota Motor Thailand sebagai Toyota Fortuner Legender memang diklaim lebih dinamis saat dikendarai dan mampu memberikan kenikmatan mengemudi di atas varian 2.400 cc. Sekadar informasi Fortuner Legender adalah top of the line model Fortuner di Negeri Gajah Putih tersebut.

Toyota Super GD

Kode mesin tetap GD series, bedanya yang 2.800 cc pakai kode 1GD, untuk unit 2.400 cc 2GD

Penyempurnaan pada mesin berkode 1GD-FTV ini menjadi pembeda utama. Mesin berkubikasi bersih 2,755 cc ini semakin baik dengan penyempurnaan pada balancer mesin, sehingga tujuan untuk lebih mereduksi suara maupun getaran mesin dapat tercapai.

Balancer shaft 1GD-FTV

Inilah engine balancer yang dimaksud

Balancer ini terletak di bagian bawah mesin dan mengisi ruangan pada oil pan. Jadi ada mekanisme tambahan pada alat yang bernama balance shaft ini, di sana terdapat tautan (pengikat) antara crankshaft dan rakitan balancer. Konstruksinya mirip dengan rakitan crankshaft (kruk as) dan terdapat metal dudukannya.

Mesin 1GD-FTV Toyota

Ia punya tenaga dan torsi yang lebih besar

Secara umum konsep balancer ini sama dengan yang digunakan oleh Toyota Camry 2.400 cc dan 2.500 cc hanya saja konstruksinya berbeda. Sayangnya, pihak Toyota tidak merinci berapa gram penambahan bobot balancer pada Toyota Fortuner bermesin 2.800 cc ini sehingga lebih dapat meredam getaran dan suara.

Fortuner Legender

Fortuner Legender bakal menyandang embel-embel GR-Sport?

Penyempurnaan tersebut ditambah dengan sedikit fine tuning pada mesin dieselnya. Alhasil unit 4-silinder 2.800 cc ini dapat menghasilkan tenaga dan torsi mesin yang lebih besar.

>>> Bedah Fitur Toyota Fortuner dan Rush GR Sport Terbaru

Tenaga 204 PS (202,5 HP) Mudah Dikail!

Tenaga mesin Toyota Fortuner 2.800 cc ini pun terkerek sekitar 25,5 HP dari mesin sebelum penyempurnaan. Demikian juga dengan torsi yang naik 50 Nm, apalagi total torsi 500 NM tersebut sudah terkail sejak putaran mesin 1.600 rpm hingga 2.800 rpm.

Toyota Fortuner Legender

Fortuner Legender punya tampilan lebih gagah

Apalagi putaran mesin idle (stasioner)-nya pun turun dari 850 rpm ke 650 rpm yang membuat mesinnya terasa lebih lembut dan bisa membantu saat merayap di medan off-road dengan lebih baik, karena Fortuner Legender di Thailand juga punya varian 4x4.

Mesin dan fitur keselamatan Toyota Fortuner

Mesin lebih bertenaga dan fitur juga lebih lengkap

Perlu dicatat, idle akan turun menjadi 650 rpm jika beberapa parameter kondisi mesin sudah tercapai. Contoh suhu mesin sudah panas, level charge aki sudah bagus (terisi), beban pada kompressor AC telah turun (atau AC sudah dingin).

Toyota Fortuner TRD Sportivo

Fortuner yang dijual di Indonesia masih pakai mesin 2.400 cc

Apalagi kalau isi silinder banyak, secara otomatis mesin menjadi lebih anteng (berputarnya), terlebih ada balancer yang disempurnakan tadi. Jadi idle bisa diset serendah mungkin, sehingga getaran minim, plus bensin lebih irit. Dan jangan lupa, Power to Weight Ratio Fortuner 2.800 cc juga lebih baik dari Fortuner 2.400 cc.

>>> First Drive Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020: Sensasi Power Steering Baru

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top