Bedah Fitur Toyota Fortuner dan Rush GR Sport Terbaru

11/08/2021

Mobil baru

3 menit

Kemarin (9/8), Toyota Indonesia meluncurkan jajaran produk GR Sport. Di antara mobil-mobil tersebut, mari kita intip fitur Toyota Fortuner dan Rush GR Sport.

Toyota menyegarkan tipe flagship lini produk mereka dengan mengganti nomenklatur TRD Sportivo menjadi GR Sport. Secara keseluruhan, ada 4 mobil yang berganti penampilan dan 1 mobil edisi terbatas yang diluncurkan.

Kelima mobil tersebut adalah Toyota Agya, Fortuner, Rush, dan Yaris GR Sport, serta Veloz GR Limited yang hanya diproduksi sebanyak 3.700 unit. Perubahan paling signifikan pada kelimanya terletak pada body kit baru yang lebih segar dan sporty. Tak ketinggalan, emblem GR Sport juga ikut disematkan di berbagai panel bodi sebagai penanda.

Selagi modelnya diremajakan, fitur Toyota Fortuner dan Rush GR Sport mendapatkan peningkatan dibandingkan versi TRD Sportivo. Apa saja perubahannya?

>>> Mau GR Sport atau TRD Sportivo, Sebenarnya Ya Sama Saja!

Gambar Toyota Fortuner GR Sport

Tampilan makin sporty dan segar dengan body kit baru

Penambahan Fitur Minor

Sebenarnya, fitur yang ditambahkan pada kedua mobil terbilang minor. Namun, fitur tersebut menunjang kenyamanan berkendara dalam kedua SUV populer di Tanah Air.

Fitur Toyota Fortuner mendapatkan tambahan Adaptable Auto A/C with Dual Zone. Fitur ini memungkinkan pengemudi dan penumpang depan mengatur suhu AC sesuai dengan keinginannya masing-masing. Jika enggan mengutak-atik, fitur tersebut juga dapat diatur menjadi otomatis untuk menetapkan suhu optimal di dalam kabin.

Sedangkan Toyota Rush mendapat fitur Android Auto dan Apple Car Play untuk sistem infotainment pada mobil. Secara ringkas, keduanya adalah fitur mirroring smartphone ke head unit bawaan mobil.

Gambar Apple Car Play

Apple Car Play memudahkan pengemudi atau penumpang mengakses aplikasi smartphone lewat head unit

Selain itu, Rush baru ini juga dibekali dengan fitur Idling Stop yang memungkinkan mesin mati secara otomatis jika mobil idle atau stasioner seperti di lampu merah. Ini memungkinkan mobil lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

>>> Toyota Supra 35th Anniversary Edition, Sebuah Kado Istimewa

Halo, Ada Lagi?

Selain penambahan minor itu, lini produk terbaru Toyota ini 100% SAMA dengan tipe TRD Sportivo yang digantikannya. Bagi yang sudah memiliki mobil Toyota TRD Sportivo sebelumnya, Anda tak perlu repot-repot mengganti mobil.

charger nirkabel Toyota Fortuner GR Sport terbaru

Fitur Toyota Fortuner GR Sport sudah dilengkapi pengecasan nirkabel

Tetapi, bagi calon pembeli yang mungkin sedang berpikir untuk membeli baru, tambahan fitur ini tentu menjadi nilai plus mengingat harga yang ditawarkan cenderung sama. Apalagi ditambah dengan tampilan baru yang jauh lebih sporty dan segar dibanding pendahulunya.

Kedua mobil masih dibekali fitur keselamatan yang sama dengan versi TRD Sportivo seperti 6 SRS Airbags untuk Rush dan 7 untuk Fortuner. Juga ada ABS dan EBD tentunya. Dan fitur Moving Object Detection, Headway Warning System, Lane Departure Warning serta Blind Spot Warning System untuk Fortuner.

>>> Simak harga Toyota Fortuner baru dan promo 2021 hanya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top