First Drive Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020: Sensasi Power Steering Baru

19/11/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
First Drive Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020: Sensasi Power Steering Baru
Toyota Fortuner facelift hadir di Indonesia, meskipun secara fisik masih sama dan minim ubahan, namun ia mengusung power steering baru, seperti apa rasanya?

Toyota Fortuner bekas saat ini kerap dianggap sebagai salah satu tolak ukur kemewahan. Sebagai sebuah Medium SUV, Fortuner memiliki segala hal guna memastikan pemiliknya loyal. Sebagai bagian dari keluarga produk International Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV), Fortuner seakan paham kebutuhan pemiliknya. Meski secara fisik sama, namun Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020 ini punya keistimewaan tersembunyi, apa itu? Simak first drive Toyota Fortuner ini.

Eksterior Minim Ubahan

Foto tampilan depan Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020

Ubahan paling banyak ada di bagian depan

Oke kunci smart entry mobil ini sudah kami pegang, sebelum masuk ke dalam kabin, pasang sabuk pengaman, stater dan jalan, kami sedikit highlight dulu eksteriornya. Dibandingkan dengan versi sebelum facelift, Toyota Fortuner TRD Sportivo ini punya sedikit ubahan. Ubahan paling besar ada di tampilan depan, dengan headlamp, grille, bumper depan, foglamp bezel baru, sementara di bagian samping dan belakang penempatan stiker, stoplamp dan bumper jadi pembeda.

Foto tampilan belakang Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020

Aura maskulin begitu terpancar di Toyota Fortuner facelift ini

Perawakan mobil tampak jangkung dan gagah, kami pun jadi tak heran mobil ini begitu banyak memikat konsumen di Indonesia. Memang tidak ada data resmi yang menunjukkan seberapa tinggi ground clearance Toyota Fortuner facelift ini. Namun, jika Cintamobil.com tilik spesifikasi di Thailand mobil ini punya jarak terendah ke tanah 193 mm, yang mana angka tersebut cukup mumpuni untuk melalui jalan rusak di Indonesia.

Handling Makin Mantab Tapi Masih Kurang...

Foto layout dashboard Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020

Layout dashboard sama dengan Fortuner lawas

Karena mobil ini jangkung, masuk ke dalam kabin sedikit membutuhkan effort, untung saja Toyota menyematkan hand grip untuk naik ke kabin di pilar A. Setelah naik lantas mengatur posisi duduk, pengaturannya pun mudah karena sudah pakai tuas elektrik yang dapat bergerak delapan arah. Hal itu juga ditunjang dengan pengaturan setir yang bisa tilt and telescopic meski masih manual.

Foto tombol START STOP dan keyless entry Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020

Menyalakan mesin tinggal tekan tombol stater

Setelah posisi duduk diatur sesuai dengan kebutuhan, untuk menyalakan mesin tinggal injak pedal rem dan tekan tombol START saja, mesin diesel 4-silinder di Fortuner ini akan menderu halus dan minim getaran. Memutar setir saat parkir terasa agak berat, padahal power steering yang diusung oleh Fortuner facelift ini sudah menggunakan peranti tambahan VFC (Variable Flow Control). Sebagai informasi Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020 ini pakai power steering jenis hidrolik.

Foto tim Cintamobil.com test drive Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020

Keunggulan VFC baru terasa ketika mobil dijalankan

Baru saat berjalan di kecepatan rendah hingga tinggi keunggulan dari VFC ini lebih terasa. Bobot setir lebih mantab saat mobil jalan di kecepatan tinggi, namun ketika berjalan di kecepatan rendah setir jadi lebih ringan. Memang tidak se-ringan power steering elektrik, tetapi feedback yang dihasilkan dari setir ini cukup baik. Anda tidak akan kesulitan 'merasakan' permukaan jalan dari lingkar kemudi.

>>> Begini rasanya Toyota Innova Venturer terbaru

Performa Mesin Cukup Memuaskan

Foto mesin 2GD-FTV Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020

Mesin ini punya tenaga hampir 150 HP

Mengusung dapur pacu yang sama dengan Toyota Kijang Innova dan Toyota Innova Venturer diesel, mesin 2GD-FTV ini punya performa yang menyenangkan. Injak sedikit pedal gas, torsi sebesar 400 Nm yang diraih sejak 1.600 rpm membuatnya langsung melaju. Termasuk perpindahan gigi dari transmisi otomatis 6-percepatannya yang termasuk halus. Memang tidak secepat Innova yang berbobot lebih ringan, namun untuk overtaking ia melakukannya dengan mudah.

Foto ban dan velg Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020

Rem cakram jadi jaminan pakem

Performa rem juga mumpuni berkat penggunaan rem cakram di keempat roda. Yang jadi concern kami adalah kemampuannya dalam bermanuver yang tidak sebaik rival terberatnya sesama pengguna sasis tangga, yakni Mitsubishi Pajero Sport. Gejala body roll alias limbung lebih terasa, begitu pula dengan bantingan suspensinya yang terasa lebih kaku dari kompetitor. Tapi sisi positifnya, ketika mobil diisi dengan muatan penuh suspensinya terasa mantab.

Kesimpulan

Foto Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020

Teknologi VFC cukup membantu

Apabila Anda adalah loyalis Toyota dan senang dengan tampilan Fortuner maka mobil ini dapat dengan mudah memikat hati Anda. Tetapi jika Anda lebih mendambakan fitur, tenaga dan torsi yang lebih besar plus fitur lengkap maka jawabannya adalah rival beratnya, yaitu Mitsubishi Pajero Sport. Meski demikian, Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020 ini tetap layak untuk dimiliki, mengingat nama besar Toyota plus teknologi VFC pada power steeringnya yang diklaim bisa membuat konsumsi BBM lebih hemat sekaligus membuat rasa mantab saat dikendarai.

>>> Toyota Fortuner bekas

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top