KTM X-Bow GTX, Saat Pabrikan Motor Coba Buat Mobil Balap

14/10/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
KTM X-Bow GTX, Saat Pabrikan Motor Coba Buat Mobil Balap
Lebih dikenal sebagai produsen motor jalanan dan trail performa tinggi, ternyata KTM juga memiliki line-up sportscar. Pabrikan Austria itu baru merilis mobil balap terbarunya, X-Bow GTX

Jangan salah, selain terkenal dengan line-up motor jalanan dan trail performa tinggi, KTM juga membuat sportscar super ringan khusus trackday X-Bow. X-Bow sendiri menjalani debut di Geneva Motor Show 2008. 

Setelah meluncurkan X-Bow GT4, X-Bow R, X-Bow RR, dan X-Bow GT, pabrikan Austria itu memperkenalkan KTM X-Bow GTX, keluarga terbaru line-up sportscar khusus trek, yang pertama kali muncul pada Februari lalu sebagai konsep.

>>> GMA T.50, hypercar super ringan khusus untuk purist

X-Bow beratap kedua setelah GT4

Didesain untuk kegiatan trackday dan mengikuti kompetisi balap GT, KTM X-Bow GTX merupakan mobil balap dengan atap kedua setelah GT4, yang memadukan sasis monokok khas X-Bow dengan roll cage yang sudah dihomologasi oleh FIA.

Tampilan depan KTM X-Bow GTX

Tampilan belakang KTM X-Bow GTX dengan kanopi depan terbuka

X-Bow GTX jadi model atap tertutup kedua setelah varian GT4

Sama seperti model GT4, X-Bow GTX mememakai atap model kanopi ala jet tempur dengan beberapa modifikasi. Di mana kanopi untuk GTX kini memiliki rangka dari karbon dengan kaca berbahan Markolon, dan juga kaca yang bisa dibuka layaknya pintu.

Jika melihat lebih seksama, X-Bow GTX juga tidak memiliki kaca spion karena sudah menggunakan dua buah kamera belakang sebagai pengganti kaca spion. Masuk ke dalam, terdapat kursi Recaro competition seat yang dibuat dari carbon-kevlar yang sudah dikembangkan berdasarkan kriteria “Advanced seat”. 

Model interior KTM X-Bow GTX

Kabin X-Bow GTX sudah dihomologasi oleh FIA

Sabuk pengaman enam titik homologasi FIA buatan Schroth juga hadir sebagai standar, sementara setirnya dibalut suede dengan layar terintegrasi. Sebagai pelengkap, pedal box juga dapat diatur sesuai postur pengemudi

Berbicara soal sistem kemudi, KTM X-Bow GTX menggunakan sistem electric power steering baru, menggantikan model hidrolik yang ada di versi GT4. Tidak cuma memangkas bobot mobil, sistemkemudi baru ini juga menawarkan setidaknya tiga pilihan set-up.

>>> Buggati hentikan rencana supercar baru di tengah pandemi

Mesin dari Audi Sport, power-to weight impresif

Hadir dengan bobot hanya 1.048 kg, performa KTM X-Bow GTX tentu sangat spesial. KTM memasok mesin 2.5L turbo lima silinder dari Audi Sport dengan beberapa modifikasi, mulai dari injection valve, wastegate, intake dan exhaust system, dan ECU. Hasilnya, tenaga mesin naik menjadi 523 HP dan torsi 650 Nm.

Jika mengacu pada perbandingan di atas, perbandingan power-to-weight ratio X-Bow GTX berada di angka 1,98 kg per HP, cukup impresif untuk sebuah mobil lima silinder. Menariknya, KTM mengklaim X-Bow GTX memiliki efisiensi bahan bakar yang juga sangat baik.

Mesin yang dipakai KTM X-Bow GTX

Power-to-weight ratio X-Bow GTX kurang dari 2 HP untuk tiap KG.

Memakai tangki bahan bakar 120L, X-Bow GTX diklaim dapat berkendara lebih lama dibanding mobil sejenis, tentu sangat krusial di balapan ketahanan. Oiya, mesin mobil ini dihubungkan ke girboks sekuensial 6-percepatan buatan Holinger MF dengan gear shifter yang dapat dioperasikan secara elektrik, sama seperti mobil balap LMP Le Mans.

Bagian kaki-kaki juga didesain sedemikian rupa dengan damper merek Sachs yang bisa diatur rebound dan compression, serta ketinggian axle depan dan belakang. Sementara untuk sistem pengereman, X-Bow GTX memakai kaliper enam piston di roda depan, dan kaliper empat piston untuk rem belakang.

Harga KTM X-Bow GTX sendiri akan dimulai dari €230.000 (setara Rp 4 Miliar) sebelum pajak, dan akan dirakit di pabrik yang terletak di kawasan Graz, Austria.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Hyundai RM20e, Sportscar Elektrik Bertenaga 800 HP

28/09/2020

Mobil baru

3 menit

Hyundai menunjukkan potensi performa line-up mobil elektrik N dengan prototype RM20e, sportscar listrik dengan layout motor tengah yang memiliki tenaga 800 HP.

Lihat juga

Aston Martin Victor, Sportscar Bermesin V12 Dengan Girboks Manual

12/09/2020

Mobil baru

3 menit

Hadir sebagai mobil edisi sangat spesial buatan divisi Q, Aston Martin Victor adalah sebuah sportscar V12 manual super kencang dengan styling ala Vantage retro.

Lihat juga

Maserati Perkenalkan Sportscar MC20 yang Usung Mesin Berteknologi F1

10/09/2020

Mobil baru

5 menit

Penantian itu telah berakhir, setelah serangkaian teaser, yang entah sejak kapan, Maserati akhirnya resmi memperkenalkan Sportscar MC20, yang menjadi suksesor spiritual MC12.

Lihat juga

Vector M12: Saat Indonesia Terjun Ke Industri Sportscar

13/08/2020

Pasar mobil

5 menit

Sportscar bukanlah salah satu segmen yang akrab dengan masyarakat Indoensia. Namun, Indonesia ternyata sempat terlibat dalam pembuatan Vector M12 loh, bagaimana kisahnya?

Lihat juga

Porsche 911X, Sportscar untuk Segala Medan

18/06/2020

Pasar mobil

4 menit

Porsche 911 bukanlah model yang asing dengan modifikasi off-road, khususnya dengan model Safari yang ikonik. Bagaimana jadinya jika generasi 930 yang dijadikan basis? Perkenalkan 911X.

Lihat juga