Komparasi SUV Kompak Rp 300 juta-an: Honda HR-V 1.5L E Special Edition vs KIA Seltos 1.4L EXP vs Hyundai Kona

27/01/2020

Mobil baru

10 menit

Share this post:
Komparasi SUV Kompak Rp 300 juta-an: Honda HR-V 1.5L E Special Edition vs KIA Seltos 1.4L EXP vs Hyundai Kona
Setelah lama dikuasai Honda HR-V, akhirnya segmen SUV kompak kembali ramai dengan hardirnya dua jagoan Korea Selatan, Kia Seltos dan Hyundai Kona. Apakah dua kendaraan asal negeri Gingseng itu bisa Anda pertimbangkan sebagai alternatif dari HR-V yang mulai menua? Temukan jawabannya pada komparasi SUV Kompak Rp 300 juta-an di sini.

Diperkenalkan pada 2014, Honda HR-V tak butuh waktu lama untuk merebut hati konsumen Indonesia bermodalkan model sporty serta fitur berlimpah. Sejak diperkenalkan di pasar Indonesia, HR-V menjadi pemain utama di segmen SUV kompak meski berbagai model datang dan pergi silih berganti. Selama enam tahun perjalanannya di, mobil ini hanya mendapat satu kali facelift yang diperkenalkan pada ajang GIIAS 2018.

>>> Seltos bisa produksi lokal, ini syaratnya

Kini Honda harus siap-siap cemas, pasalnya dua pabikan Korea Selatan, KIA dan Hyundai, siap mengancam kemapanan Honda HR-V di segmen compact SUV. Dimulai dari Hyundai Kona, SUV kompak yang telah menyabet berbagai penghargaan internasional, diperkenalkan pada GIIAS 2019.

Honda HR-V 1.5L E Special Edition 2019

Selama enam tahun, Honda HR-V baru satu kali mendapatkan facelift

Tak mau kalah dengan saudara Koreanya, KIA, yang baru saja kembali eksis di Indonesia melalui PT Kreta Indo Kencana yang merupakan bagian dari Indomobil Group, memperkenalkan KIA Seltos yang laris manis sejak diperkenalkan di India pertengahan tahun lalu.

Baik Hyundai Kona dan Kia Seltos memiliki rentang harga yang cukup identik dengan Honda HR-V, Rp 300 juta-an. Punya harga yang tak terpaut jauh, apakah model terbaru seperti Kona dan Seltos menggoyang tahta HR-V sebagai rajanya SUV kompak? Simak komparasi SUV kompak Rp 300 juta-an antara Honda HR-V 1.5L E Special Edition 2019 vs KIA Seltos 1.4L EXP 2020 vs Hyundai Kona 2019 hanya di Cintamobil.com

1. Desain

Komparasi SUV kompak Rp 300 juta-an akan diawali dari bagian interior, ketiga mobil memiliki aura SUV yang kuat dengan fender yang relatif besar serta penggunaan material body cladding plastik hitam yang memberi kesan macho dan berbobot.

>>> Sebagus apa sih KIA Seltos? Temukan jawabannya di review satu ini

Pertama kita membahas Honda HR-V 1.5L E Special Edition 2019, secara garis besar tampilan mobil tidak berubah secara signifikan dari model debut 2014 lalu. Fascia depan masih menganut bahasa desain solid wing face dengan model lampu yang menyipit dengan air intake di bagian bawah untuk sistem pendinginan mesin, untuk Honda HR-V 1.5L E Special Edition CVT 2019 sudah memakai lampu depan LED dengan Daytime Running Light (DRL) dan fitur auto levelling headlights dan foglamp LED.

Hyundai Kona 2019 warna green lime

Dari segi desain, Hyundai Kona bisa dibilang yang paling atraktif

Jika Anda mencari sebuah SUV kompak dengan aura mewah dibandingkan sporty, KIA Seltos bisa dipertimbangkan. Alih-alih menghadirkan SUV kompak dengan desain agresif, Seltos justru dibuat lebih kalem dengan minimnya garis-garis tegas, serta pemakaian aksen krom di bagian grille dan lis kaca pintu yang membuat KIA Seltos 1.4L EXP 2020 terlihat mewah dan berkesan mahal. Namun, Seltos juga punya dimensi bodi paling bongsor dengan panjang 4.135mm, lebar 1.800mm dan tinggi 1.645mm.

Bagaimana dengan Kona? SUV kompak lansiran Hyundai itu terlihat sangat necis, meski secara bersamaan bisa menjaga aura kokoh khas SUV dan memberi kesan atraktif. Dimulai dari bagian depan, Hyundai mengadopsi grille berbentuk cascade dan lampu depan yang terpisah. Lampu bagian atas yang terdiri dari DRL dan lampu sein memiliki desain menyipit, dengan lampu utama yang memakai teknologi LED ada di bawahnya.

2. Interior

Interior Honda HR-V terlihat simpel dengan dashboard yang tampak asimetris dan cenderung mengarah ke pengemudi.  Meski terkesan sederhana, namun tetap terlihat elegan dan nyaman dengan pemakaian material kulit sewarna interior yang ada di bagian pintu, persneling, sampai setir untuk varian 1.5L E Special Edition dan 1.8L Prestige. Kenyamanan mengemudi juga dimaksimalkan dengan penggunaan material kulit pada jok, yang bisa memuat sampai lima orang secara leluasa. Bagasinya dapat memuat barang hingga 403 liter, itu dapat diperluas lagi jika kursi baris kedua dilipat sampai rata lantai dengan konfigurasi pelipatan 60:40.

Layout tempat duduk KIA Seltos 2019

Dengan body paling besar, KIA Seltos menawarkan ruang interior yang lapang

Kesan mahal langsung terasa pada interior KIA Seltos dengan pemakaian material berkualitas tinggi dan finishing detail yang baik hingga ke bagian terkecil, model setir flat-bottomed yang dipakai juga menghadirkan kesan sporty. Material jok yang dipakai juga berbahan kulit, namun dengan pattern honeycomb. Memiliki bodi paling bongsor, Seltos menawarkan akomodasi yang sangat layak dengan legroom dan headroom sangat memadai, kapasitas bagasinya bahkan sampai 433 liter, terbesar di kelasnya, yang bisa ditingkatkan lagi sampai 1.401 liter jika kursi baris kedua dilipat rata lantai.

>>> Review Hyundai Kona 2019 ada di sini

Sementara itu, interior Hyundai Kona 2019 terasa sangat atraktif dan berjiwa muda dengan penggunaan aksen merah (atau lime untuk warna mobil Acid Yellow) di area kisi-kisi AC, push start button, dan tuas transmisi di konsol tengah. Sama seperti area dashboard, bagian jok bermaterial leather dan sabuk pengaman juga menghadirkan aksen serupa yang memberikan kesan sporty dan atraktif. Untuk daya tampung bagasi, Kona memiliki ruang sebesar 361 liter yang bisa dimaksimalkan menjadi 1.143 liter dengan melipat jok belakang yang memiliki konfigurasi 60:40.

3. Fitur

Fitur juga jadi bagian yang tak kalah pentingnya untuk dibahas di komparasi SUV kompak Rp 300 juta-an, Hyundai kona boleh berbangga diri sebab ukuran head unit yang digunakan sebesar 9 inci, dan sudah mendukung fitur integrasi smartphone Apple CarPlay dan Android Phone. Sementara itu, KIA Seltos hadir dengan ukuran 8 inci meski sudah mendukung fitur integrasi yang sama ditambah fitur fast wireless charging. Tapi, Seltos punya sunroof yang tidak dimiliki dua rivalnya dalam komparasi SUV kompak Rp 300 juta-an ini.

>>> Temukan beragam pilihan mobil berkualitas di sini

Untuk varian facelift, Honda HR-V sudah memakai layar 8 inci floating capacitive untuk varian E dan Prestige, dan untuk varian S masih memakai head unit ukuran 6,2 inci. Berbeda dari kedua rival Koreanya, Honda tidak menyematkan fitur integrasi smartphone Apple CarPlay dan Android Phone pada head unitnya. Sebagai gantinya, hadir fitur smartphone connection dengan metode mirroring.

Sunroof KIA Seltos EXP 1.4L turbo

KIA Seltos jadi satu-satunya yang menawarkan sunroof di sini

Seltos memiliki 6 pilihan mode berkendara yang sesuai dengan gaya berkendara serta jalan yang dilewati. Keenam mode berkendara tersebut adalah Normal, Eco, Sport, Mud, Sand & Snow, dan dapat dipilih melalui kenop selector di samping tuas transmisi. Hyundai Kona 2019 juga memiliki mode berkendara yang dapat mengubah setting suspensi dan respon mesin, namun dengan tiga pilihan saja, yakni Eco, Comfort dan Sport. Lalu, bagaimana dengan HR-V?

>>> Harga Honda HR-V terbaru bisa Anda lihat di sini

Dari segi fitur, Honda HR-V lagi-lagi harus mengakui keunggulan dua rival Koreanya yang terbukti lebih modern dan kaya akan fitur. Pun demikian, dari segi keselamatan mobil ini punya segudang fitur keamanan seperti brake override system, hill start assist, motion adaptive EPS dan VSA yang dapat meminimalisir saat oversteer dan understeer ketika bermanuver yang terintegrasi dengan EPS (Electronic Power Steering). Tak mengherankan mobil ini mendapatkan bintang 4 dan 5 dari ASEAN NCAP (New Car Assesment Program).

4. Mesin

Honda HR-V hadir dengan dua opsi mesin, yakni 1.800cc i-VTEC khusus untuk varian Prestige, dan 1.500cc i-VTEC yang hadir di varian E dan S. Untuk komparasi ini, kami akan membahas mesin 1.500cc i-VTEC yang digunakan HR-V E Limited Edition. Mesin Naturally Aspirated berkode L15Z6 yang digunakan HR-V 1.5L menghasilkan tenaga 118 HP pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm, dan menyalurkan tenaganya menuju roda depan melalui transmisi CVT.

Mesin turbo 1.4l milik KIA Seltos 2020

Dari segi mesin, KIA Seltos juga jadi yang paling powerful

Hyundai Kona memakai mesin Nu 2.000cc MPi 4 silinder yang sudah di-upgrade dengan teknologi Atkinson Cycle, dan memenuhi standar emisi buang Euro 4. Adapun tenaga yang dihasilkan 148HP dengan torsi 180Nm. Mesin ini menyalurkan tenaga ke roda depan lewat transmisi otomatis shiftronic 6-percepatan.

Sementara itu, KIA Seltos memakai mesin berkode Kappa. Tidak, ini bukan Kappa konvensional dari KIA generasi sebelumnya, mesin berkapasitas 1.353cc yang ada di balik kap Seltos memakai turbo dengan teknologi Direct Injection. Tenaga yang dihasilkan juga cukup besar, yakni sekitar 138 HP pada 6.000 rpm dan torsi besar 242 Nm pada rentang 1.500 rpm hingga 3.200 rpm. Mesin tersebut menyalurkan tenaga dan torsinya ke roda depan melalui transmisi otomatis Dual Clutch 7-percepatan.

>>> Komparasi lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat di sini

Dari segi tenaga, Hyundai Kona memang yang terbaik. Tapi, jika mengacu pada efisiensi berkendara, khususnya pada lalu lintas perkotaan, kami merasa Seltos dengan ukuran mesin lebih mungil dan torsi melimpah akan sedikit lebih unggul.

5. Spesifikasi & Harga

Setelah tuntas mengulas komparasi SUV kompak Rp 300 juta-an dari sisi eksterior, interior, mesin, serta fitur. Simak spesifikasi lengkapnya di bawah ini lengkap dengan harganya.

Dimensi/ Ukuran

Honda HR-V 1.5L E Special Edition 2019

Kia Seltos 1.4L EXP 2020

Hyundai Kona 2019

P x L x T

4.294 x 1.722 x 1.580 mm

 4.315 x 1.800 x 1.645 mm

4.165 x 1.800 x 1.565 mm

Wheelbase

2.610 mm

2.610 mm

2.600 mm

Ground Clearence

185 mm

183 mm

170 mm

Kapasitas Bagasi

403 L

433 L

361 L

Mesin/Transmisi

Jenis

1.5L SOHC i-VTEC L15Z6 PGM-FI

Kappa, 1.4L Turbo-Gasoline Direct Injection, Dual CVVT

NU 2.0 Multi Point Injection, 4 Silinder Inline, DOHC, Atkinson Cycle

Isi Silinder

1.497 cc

1.353 cc

1.998 cc

Daya Maksimum

118 HP @6.600 rpm

138,5 HP @6.000 rpm

148 HP @6.200 rpm

Torsi Maksimum

145 Nm @4.600 rpm

242 Nm @1.500 - 3.200 rpm

180 Nm @4.500 rpm

Transmisi-Penggerak Roda

CVT Earth Dream Technology - Penggerak Roda Depan

Otomatis 7-percepatan Kopling Ganda - Penggerak Roda Depan

Otomatic 6-percepatan  Shiftronic - Penggerak Roda Depan

Handling

Suspensi Depan-Belakang

MacPherson Strut & H-Shape Torsion Beam

MacPherson Strut & Coupled Torsion Beam Axle

MacPherson Strut & Couple Torsion Beam Axle

Rem Depan-Belakang

Ventilated Disc & Disc

Ventilated Disc & Disc

Ventilated Disc & Disc

Pelek

R17

R17

R17

Ukuran Ban

215/55 R17

215/60 R17

215/55 R17

Fitur

Fitur Hiburan & Kenyamanan

8 " Floating Capacitive Touchscreen Display Audio with AM/FM, MP3/WMA, USB Port, Aux-In Port, Bluetooth, and Smartphone Connection (Mirroring) + Auto A/C with Smart Touch

8" Touchscreen Display with Radio AM/FM, Bluetooth, ARKAMYS Software, and Android Auto & Apple CarPlay smartphone integration + Auto A/C + Sunroof

9" Touchscreen Display with Radio AM/FM, AUX, USB ,Bluetooth, and Android Auto & Apple CarPlay smartphone integration +  Auto A/C

Fitur Pengemudian

Paddle Shift, Cruise Control, One Push Ignition System, Audio Steering Switch, Rear Parking Camera with multi function

Drive Mode (Normal, Eco, Sport, Mud, Sand & Snow) + Rear view camera with guidance, Cruise Control

Drive Mode (Comfort, Eco, Sport) + Rear View Camera With Guidance, Cruise Control

Fitur Keselamatan

Dual SRS Airbag, ABS, EBD, BA, HSA, Motion EPS + VSA, Brake Override, Emergency Road System, G-Con Structure

6 Airbags (driver, passanger, front side & curtain), ABS, EBD, BA, ESC, Hill Hold Control, VSC, Traction Control,

6 Airbags (driver, passanger, front side & curtain), ABS & EBD, Emergency Stop Signal, DBC (Downhill Brake Control), HSAC (Hill-Start Assist Control), ESC (Electronic Speed Controller), TPMS,

Harga

Rp 348.300.000,-

 Rp 355.000.000,-

Rp 363.900.000,-

6. Kesimpulan

Akhirnya, setelah bertahun-tahun tak ada lawan Honda HR-V menemui lawan tangguh di fitur SUV kompak dengan budget Rp 300 juta-an. Baik KIA Seltos dan Hyundai Kona menghadirkan beragam fitur menarik dan banyak teknologi terbaru, dalam hal ini Honda HR-V jelas tertinggal karena model saat ini sudah berumur enam tahun.

KIA Seltos 2020 warna merah

Punya value-for money dan performa sangat mumpuni, KIA Seltos jadi rekomendasi kami dalam komparasi ini

Hyundai Kona pantas Anda pertimbangkan jika Anda mengutamakan desain, dan ingin sebuah SUV kompak yang tampak necis dan atraktif. Sementara itu, KIA Seltos punya value-for money terbaik di sini, terlebih dengan performa mesin 1.4L turbo yang menghasilkan performa mumpuni serta efisiensi bahan bakar di saat bersamaan.

Namun, jika Anda masih mementingkan kekuatan brand atau belum terlalu yakin dengan kedua pabrikan Korea tersebut, Honda HR-V jelas pilihan paling aman. Berikut komparasi SUV kompak Rp 300 juta-an. Untuk komparasi mobil atau tips & trik lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Komparasi Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020: Basis Sama, Wajah Beda, Fitur Makin ...

24/01/2020

Mobil baru

3 menit

Hyundai Tucson mengalami facelift signifikan di awal tahun 2020. Apa saja perbedaan antara Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020 dengan Hyundai Tucson XG CRDi 2017?

Lihat juga

Komparasi Toyota Kijang Innova Diesel VS Isuzu Panther: Persaingan Abadi Para Jagoan Diesel di Indonesia

13/01/2020

Jual beli

5 menit

Keduanya merupakan jawara MPV diesel di Indonesia. Manakah yang paling cocok buat Anda? Simak komparasi Toyota Kijang Innova Diesel VS Isuzu Panther berikut ini

Lihat juga

Komparasi Toyota Calya 2019 vs Toyota Calya 2016: Tambah Fitur, Ganti Wajah, Rasa Masih Sama

23/12/2019

Jual beli

5 menit

Tahun 2019 menjadi tahun penting untuk Toyota Calya yang kini berganti wajah. Kira-kira apa saja yang berbeda dari Toyota Calya 2019 dan versi Toyota Calya 2016?

Lihat juga

Komparasi Mazda 3 Hatchback vs Honda Civic Hatchback Turbo: Persaingan Medium Hatchback Terbaik dari Jepang

26/12/2019

Jual beli

5 menit

Mazda 3 Hatchback dan Honda Civic Hatchback Turbo sama-sama menjadi pesaing kuat di segmen medium hatchback Tanah Air. Lalu mana yang lebih layak dipilih?

Lihat juga

CintamobilTV: Komparasi KIA Picanto GT Line VS Chevrolet Spark Premier 2019

24/12/2019

Jual beli

3 menit

KIA Picanto GT Line dan Chevrolet Spark Premier 2019 berada pada segmen dan kisaran harga yang sama. Dari keduanya mana yang lebih baik yang bisa Anda dapatkan?

Lihat juga