Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Compact SUV Turbo dengan Transmisi Kopling Ganda Termurah di Indonesia

23/01/2020
editor rate: 4,0 user rate: 5,0
PT Kreta Indo Artha seakan tak berhenti mendobrak pasar mobil Tanah Air, setelah model city car dan hatchback yang disempurnakan, kini giliran Compact SUV KIA Seltos yang diperkenalkan

PENGANTAR Kia Seltos 2020

Gambar menunjukkan mobil KIA Seltos 2020 warna biru metalik

KIA Seltos 2020 masuk ke kelas compact SUV

PT Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang merek KIA di Indonesia terus meramaikan pasar mobil Tanah Air. Setelah kembali memasarkan KIA All-New Picanto, KIA All-New Rio, dan KIA Grand Sedona, kini KIA kembali memperkenalkan produk terbaru yang siap mengasapi lawan-lawan di kelasnya, yaitu All-New KIA Seltos. KIA Seltos hadir dengan beragam fitur yang patut diwaspadai para kompetitornya.

Gambar menunjukkan emblem T-GDI di KIA Seltos 2020

Berbekal mesin T-GDI dan transmisi kopling ganda, KIA Seltos pede menggempur pasar compact SUV Tanah Air

Model KIA Seltos 2020 yang hadir di Indonesia hanya dengan satu pilihan mesin 1.400 cc Turbocharger dan dilengkapi dengan transmisi 7-percepatan kopling ganda. KIA Seltos 2020 ditawarkan dalam tiga tipe, yakni E sebagai tipe terendah dengan harga Rp295 juta, tipe EX sebagai tipe menengah dibanderol Rp320 juta, dan tipe EXP yang jadi top of the line dihargai Rp 355 juta. Yang akan kami bahas pada review kali ini adalah Seltos EXP.

EKSTERIOR Kia Seltos 2020

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan KIA Seltos 2020

Tampilan depan begitu memukau dengan desain grill dan headlamp yang futuristis

Tampilan depan dari KIA Seltos 2020 ini berdesain futuristik. Hal ini dapat dilihat dari bagian depan yang dipenuhi dengan guratan garis tegas. Mulai dari desain kap mesin, lampu depan yang sudah mengadopsi teknologi LED (Light Emitting Diode) dan punya detail unik serta tampak menyatu dengan grille Tiger Nose khas Kia. Kesan futuristik juga tergambar dari lampu kabut LED yang berbentuk “Ice Cube”.

Gambar menunjukkan headlamp KIA Seltos 2020

Headlamp LED hanya tersedia di tipe EXP (EX Plus)

O ya, lampu depan, dan lampu kabut LED serta lampu DRL ini hanya tersedia di tipe EXP, sementara tipe lain di bawahnya masih menggunakan bohlam halogen biasa dengan projector. Namun, meski demikian desain bagian depannya ini tetap mendominasi eksterior depan Kia Seltos 2020. Desain headlamp ini mengapit gril depan berukuran besar dan tetap dikelilingi oleh aksen krom yang menegaskan kesan mewah. 

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping KIA Seltos 2020

Dilihat dari samping terlihat tubuhnya kompak dan atletis

Lanjut ke bagian samping KIA Seltos 2020 ini, yang langsung terlihat pada tampilan sampingnya adalah belt krom yang dominan pada bagian lis kaca pintu. Belt krom ini membuat tampilan KIA Seltos tipe tertinggi ini menjadi lebih mewah dan berkesan mahal. Citra SUV tampak melekat kuat dari desainnya yang kokoh, namun KIA berhasil membuatnya tampil dalam tubuh kompak dan atletis. Ground clearance-nya yang mencapai 183 mm diklaim andal menghadapi jalanan rusak.

Gambar menunjukkan ban dan pelek KIA Seltos 2020

Velg berdiameter 17 inch dibalut ban 215/60 R17

Velg yang digunakan oleh KIA Seltos tipe tertinggi ini berdiameter 17 inci, berbalut ban Goodyear Assurance dengan ukuran 215/60 R17. Ban ini diklaim memiliki grip yang baik ketika melahap tikungan serta traksi yang prima mencengkram aspal. Velg di KIA Seltos ini memiliki offset 50, itu membuatnya terlihat pas saat dilihat. Jadi ketika Anda melihatnya dari samping maupun belakang secara frontal sekalipun ban dan velg terlihat pas dan rata dengan bagian fender.

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang KIA Seltos 2020

Tampilan belakang menyiratkan kesan kokoh

Pada bagian buritan KIA Seltos 2020 ini, Anda akan langsung disambut dengan kehadiran rear combination lamp dengan bohlam jenis LED. Lampu belakang ini terlihat indah ketika menyala di malam hari, garis-garis yang dihasilkan oleh sinar lampu ini seakan membuat efek 3D.

Gambar menunjukkan Stoplamp KIA Seltos 2020

Lampu belakang menyala apik dan membentuk efek 3D

Satu hal yang patut kami apresiasi adalah bukaan pintu belakangnya yang termasuk ringan meski tanpa electric power door. Sayangnya, aksen knalpot twin pipe yang bersanding sempurna dengan bumper belakang mobil ini hanya pajangan semata, karena knalpot aslinya berada di bagian kolong mobil.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Kia Seltos 2020

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor KIA Seltos 2020

Layout dasbor sangat driver oriented

Masuk ke bagian dalam kabin KIA Seltos 2020 ini, Anda akan merasa mobil ini dirancang dengan filosofi driver oriented. Hal ini bisa diketahui dari desain dashboard asimetris yang dirancang dengan sudut yang mengarah ke sisi pengemudi. Tak hanya itu, kemewahan juga terasa dengan penggunaan material bermutu tinggi dan detail hingga ke bagian terkecil. Sentuhan high-tech tampak nyata lewat monitor infotaiment 8 inch. 

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Kursi

Gambar menunjukkan kursi depan KIA Seltos 2020

Kursinya empuk dan sangat menyenangkan diduduki

Anda mungkin mengira bahwa kursi berlapis kulit yang terpasang di KIA Seltos dengan trim termewah ini keras dan tak nyaman ketika diduduki. Tapi, kami sudah mencoba sendiri untuk duduk di kursi KIA Seltos 2020 ini baik di bagian depan maupun belakang, tak terasa keras bahkan termasuk empuk di kelasnya. Begitupun dengan legroom dan headroom yang amat memadai, bahkan kelegaan kabinnya nyaris melebihi Honda HR-V. 

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Setir

Gambar menunjukkan Setir KIA Seltos 2020

Setir enak dilihat dan nyaman digenggam serta sudah telescopic

Ada beragam tombol yang tersedia di setir KIA Seltos tipe EXP ini. Untuk palang bagian kanan digunakan untuk mengatur fitur cruise control mobil, sedangkan spoke bagian kiri difungsikan untuk mengatur audio dan panggilan telepon. Desain setirnya sendiri menarik dengan model flat bottomed dan juga enak digenggam karena sudah berlapis kulit. Untuk pengaturan posisi sudah tersedia tilt maupun telescopic.

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Bagasi

Gambar menunjukkan kapasitas Bagasi KIA Seltos 2020

Kapasitas bagasi merupakan yang terluas di kelasnya

Inilah yang membuat rival dari KIA Seltos 2020 harus waspada dengan mobil ini. Sebab KIA Seltos memiliki bagasi yang sangat memadai, bahkan ketika semua kursi digunakan, bagasi yang tersedia masih sebesar 433 liter. Sementara saat kursi belakang dilipat, kelegaan luas bagasinya dapat mencapai 1.401 liter. Lantai bagasi KIA Seltos 2020 juga rata, sehingga memudahkan untuk akses keluar dan masuk barang.

>>> Baca juga:

FITUR Kia Seltos 2020

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Sunroof

Gambar menunjukkan Electric Sunroof KIA Seltos 2020

Keberadaan sunroof membuat aura lega di kabin Seltos

Dengan harga hanya Rp355 juta, Anda sudah dapat menikmati SUV kompak bermesin turbo, kopling ganda serta memiliki sunroof. Yes, sunroof yang dapat dioperasikan secara elektrik ini sudah tersedia di KIA Seltos trim tertinggi ini. Meski, kami yakin fitur ini akan jarang digunakan karena Indonesia beriklim tropis, namun bagi Anda yang suka bergaya dan punya anak kecil, mungkin akan suka dengan fitur ini.

Review KIA Seltos 1.4L T-GDI 2020: 6 Pilihan Driving Mode

Gambar menunjukkan Kenop Selector Driving Mode di KIA Seltos 2020

Secara total ada 6 driving mode yang dapat dipilih 

KIA Seltos telah dilengkapi dengan 6 pilihan mode berkendara. 6 pilihan driving mode ini dapat mengadaptasikan mobil sesuai dengan gaya berkendara yang diinginkan, serta kebutuhan dan kondisi jalan. Terdapat 6 pilihan mode mengemudi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan berkendara Anda yakni Normal, Eco, Sport, Mud, Sand & Snow. Driving mode ini dapat Anda pilih melalui kenop selector di samping tuas transmisi.

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In Car Entertaiment System KIA Seltos 2020

Meski bukan versi audio BOSE, namun sudah mampu terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto

KIA Seltos 2020 adalah satu-satunya compact SUV yang memiliki fitur fast wireless charging. Dengan adanya fitur ini, bagi Anda yang telah menggunakan smartphone dengan kemampuan wireless charging, tinggal letakkan saja gawai Anda di tempat yang tersedia, maka baterai akan terisi. Selain itu, KIA Seltos juga dilengkapi head unit berlayar 8 inci yang mampu terkoneksi Apple Car Play dan Android Auto. Meski hanya dilengkapi dengan 4 buah  speaker + 2 tweeter, namun kualitas output suara sistem audionya cukup baik..

Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display KIA Seltos 2020

Instrument cluster yang menarik membuatnya enak dilihat

Mobil asal Korea Selatan yang dirakit di India ini dilengkapi dengan Multi Information Display (MID) berbentang layar 7 inci di tengah-tengah panel instrumen. KIA menamakan layar ini dengan LCD Supervision Cluster. Selain punya resolusi tinggi, MID ini berisi berbagai informasi yang Anda butuhkan selama perjalanan, seperti konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, suhu luar kendaraan, mode berkendara yang dipilih, tripmeter A dan B, serta sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan sisa BBM di dalam tangki.

>>> Susul Seltos, 2 Model Baru KIA Siap Diluncurkan Tahun Ini

OPERASI Kia Seltos 2020

Gambar menunjukkan Mesin Kappa 1.4 Turbocharger GDI di KIA Seltos 2020

Mesin sudah berturbo dan sistem pasokan bahan bakarnya telah menganut direct injection

Mesin yang digunakan oleh KIA Seltos 2020 ini adalah unit berkode Kappa. Jangan Anda bayangkan mesin seri Kappa konvensional yang terdapat di mobil KIA lawas, Kappa 1.4L yang tersemat di balik kap mesin ini adalah pengembangan terbaru dari KIA dengan Turbocharger dan Direct Injection. Mesin 4-silinder segaris berkapasitas bersih 1.353 cc ini mampu memuntahkan tenaga 140 Ps atau sekitar 138,5 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 242 Nm sejak putaran 1.500 rpm hingga 3.200 rpm.

Gambar menunjukkan tuas transmisi KIA Seltos 2020

Tenaga dan torsi sebesar itu disalurkan ke transmisi kopling ganda 7 percepatan

Tenaga dan torsi sebesar itu disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi kopling ganda (DCT) 7 percepatan. Komposisi ini seakan menjamin kedinamisan berkendara SUV kompak asal negeri ginseng ini, sebab ia dipastikan lebih sigap saat perpindahan gigi dibandingkan mobil berkopling konvensional. Sementara salah satu keunggulan sistem direct injection adalah, mesin akan lebih minim knocking dan mampu menghasilkan tenaga lebih besar serta tentunya lebih ramah lingkungan.

Gambar menunjukkan Kaki-kaki belakang KIA Seltos 2020

Suspensi belakang KIA Seltos masih menganut torsion beam

>>> Komparasi Kia Seltos dan Pesaingnya di Segmen SUV Kompak Tanah Air

 

spesifikasi Kia Seltos 2020

Berikut ini adalah spesifikasi KIA Seltos 2020

Mesin KIA Seltos 2020
Seri Mesin  Kappa, 1.4L Turbo-Gasoline Direct Injection, Dual CVVT
Jumlah Silinder  4 Silinder
Jumlah Katup  16 Katup (2 inlet & 2 outlet per silinder)
Pasokan Bahan Bakar  Gasoline Direct Injection
Tenaga Maksimum  138,5 Hp (140 PS) @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum  242 Nm @ 1.500 - 3.200 rpm
Kapasitas Silinder  1,353 cc
Bore X Stroke  71,6 mm X 84,0 mm
Tipe Transmisi  Otomatis 7 Percepatan Kopling Ganda, Penggerak Roda Depan
Rangka KIA Seltos 2020
Panjang X Lebar X Tinggi  4.315 mm X 1.800 mm X 1.645 mm
Wheelbase  2.610 mm
Radius Putar  5,3 Meter
Jumlah Pintu  5 Pintu
Kapasitas Penumpang  5 Penumpang
Kapasitas Tangki  55 Liter
Suspensi/Kaki-Kaki KIA Seltos 2020
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut & Coupled Torsion Beam Axle
Sistem Kemudi  Rack And Pinion, Hydraulic
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Disc
Pengereman  ABS, EBD
Teknologi Safety Sasis  Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling
Struktur Sasis  Monokok, B-Segment
Jenis Ban  Goodyear Assurance, 215/60 R17

kelebihan & kekurangan Kia Seltos 2020

Setelah membahas semua tentang KIA Seltos 2020 ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan KIA Seltos 2020.

Kelebihan Kekurangan
Harga kompetitif Varian tertinggi GT-Line tidak masuk Indonesia
Desain eksterior dan interior mewah Belum tersedia opsi sistem audio BOSE
Mesin turbo plus transmisi kopling ganda Jaringan purnajual KIA yang masih terbatas

daftar harga Kia Seltos 2020

Inilah harga KIA Seltos terbaru saat ini.

TIPE MOBIL

HARGA KIA SELTOS BARU (OTR)

KIA Seltos 1.4L T-GDI EX+

Rp355.000.000

KIA Seltos 1.4L T-GDI EX

Rp320.000.000
KIA Seltos 1.4L T-GDI E Rp295.000.000

Video Kia Seltos 2020

KESIMPULAN Kia Seltos 2020

Gambar menunjukkan kesimpulan review KIA Seltos 2020

Layakkah KIA Seltos 2020 ini dipertimbangkan?

Tak bisa dipungkiri KIA Seltos 2020 ini adalah sebuah paket menarik yang menggiurkan yang akan menjadi penantang di kelas SUV kompak. Dilengkapi mesin turbo dan transmisi dengan kopling ganda, plus fitur modern yang berlimpah menjadikan harga mobil ini cukup kompetitif di kelasnya. Namun KIA memang masih memiliki pekerjaan rumah jika ingin mobil ini lebih diminati pasar, yaitu jaringan purna jual KIA yang harus semakin diperluas.  

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

 
Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil