KIA Seltos Bisa Diproduksi Lokal, Ini Syaratnya!

22/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
KIA Seltos Bisa Diproduksi Lokal, Ini Syaratnya!
KIA Seltos masih berstatus CBU atau impor utuh dari luar. PT PT Kreta Indo Artha (KIA) mengklaim Seltos siap diproduksi lokal asal satu syarat terpenuhi.

All New Seltos, model terbaru KIA resmi diluncurkan di Indonesia pada Senin, 20 Januari 2020. Menempati segmen compact SUV Seltos harus berhadapan langsung dengan Honda HR-V. Peluncuran ini menunjukkan keseriusan PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) baru berjualan di Indonesia. Bukan hanya KIA Seltos saja, PT KIA bahkan telah mempersiapkan dua model baru lain yang bakal diluncurkan tahun ini dengan status world premiere.

Masih CBU

Foto KIA Seltos saat diluncurkan di Jakarta, 20 Januari 2020

KIA Seltos resmi dijual di Indonesia

Secara strategi ada yang tidak berbeda dengan produk-produk KIA yang lain. Seltos saat ini masih berstatus Completely Built Up (CBU) atau impor utuh dari luar. Hal ini cukup berpengaruh pada harga jual di pasaran sebab Seltos menjadi lebih mahal dari harga asli di negaranya. Oleh PT KIA, Seltos dibanderol dengan harga termurah Rp295 juta untuk varian E, Rp320 juta untuk varian EX, dan Rp 355 juta untuk varian tertinggi EX+ (OTR Jakarta).

Di negara asalnya, Korea Selatan saat ini (Januari 2020) KIA Seltos dijual dengan harga termurah 19,650,000 WON atau setara Rp230 jutaan dan yang termahal 26,850,000 WON atau setara Rp315 jutaan. Jauh lebih murah dibanding harga Seltos di Indonesia, padahal spesifikasi mesin yang dipakai lebih tinggi. Semua tipe Seltos di Korsel dibekali mesin berkapasitas 1.600 cc. Sedangkan Seltos di Indonesia punya mesin 1.400 cc.

>>> Review Kia Seltos 2019: “Putra Hercules” Bergaya Milenial

Bakal diproduksi lokal?

Foto Interior KIA Seltos menggunakan setir kanan

Untuk pasar Indonesia menggunakan setir kanan

Terkait strategi CBU yang masih sama seperti saat dipegang PT KIA Motor Indonesia (KMI), PT KIA memberikan tanggapan. Menurut Marketing and Development Division Head KIA, Ario Soerjo, pihaknya sangat mampu kalau sekadar melokalkan produksi Seltos. Selain punya banyak sumber daya manusia mumpuni, Indomobil Group yang merupakan indukannya punya fasilitas perakitan yang memadai.

Hanya saja ada satu syarat yang belum terpenuhi saat ini, yaitu permintaan pasar. "Tergantung dengan economy of scale volume di Indonesia bagaimana. Kita tahu Indomobil punya fasilitasnya dan bukan group kecil juga, sekarang hanya tinggal tergantung penjualan atau permintaan pasarnya saja," tutur Ario usai peluncuran KIA Seltos di Kota Kasablanca, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Senada dengan penuturan di atas, Presiden Direktur PT Indomobil Sukses International (Tbk) Jusak Kertowidjojo juga mengatakan kalau pihaknya masih mengejar volume dibanding berpikir CKD. Minimal laku 30 ribu unit dalam per tahun. "Untuk CKD kita kan punya banyak pabrik, dan itu tidak masalah. Tapi, kita mesti dapat volume dahulu. Kalau satu CKD ini, perlu 30 ribuan unit. Kita kejar volume dahulu, baru CKD. Kalau tidak, yang tidak akan mungkin," tegas Jusak di tempat dan waktu yang sama.

>>> Dengan Harga Mulai Rp295 Juta KIA Seltos 2020 Dilengkapi Dengan 6 Driving Mode

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

[Infografik] Kia Seltos dan Pesaingnya di Segmen SUV Kompak Tanah Air

20/01/2020

Mobil baru

2 menit

Kia Seltos yang baru diperkenalkan masuk ke segmen SUV kompak Tanah Air. Berikut perbedaan Kia Seltos dengan dua pesaingnya, Honda HR-V dan Hyundai Kona.

Lihat juga

Kia Ungkap Rencana Perkenalkan 11 Mobil Listrik Hingga 2025

21/01/2020

Mobil baru

2 menit

Tak hanya mengembangkan mobil bertenaga mesin konvensional, Kia mengumumkan rencananya untuk mengembangkan 11 mobil listrik yang akan dirilis hingga 2025.

Lihat juga

Dengan Harga Mulai Rp295 Juta KIA Seltos 2020 Dilengkapi Dengan 6 Driving Mode

20/01/2020

Mobil baru

3 menit

Kami tidak hanya menghighlight mesin 1.4 cc turbocharged dan transmisi kopling ganda yang diusungnya, namun Kia Seltos 2020ini juga dilengkapi 6 driving mode.

Lihat juga

KIA Seltos 2020 Resmi Diluncurkan Oleh PT Kreta Indo Artha Harganya Sangat Menggoda

20/01/2020

Mobil baru

3 menit

Akhirnya compact SUV asal Korea yakni KIA Seltos 2020 secara resmi meluncur di Indonesia dengan harga jual yang amat mengejutkan.

Lihat juga

Harga Mobil KIA Mahal, Ini Alasannya!

17/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Harga mobil KIA dirasa cukup mahal dibanding kompetitor di kelasnya, ternyata ada alasan tertentu dari APM, Kreta Indo Artha (KIA). Menurut kalian bagaimana?

Lihat juga