Komparasi Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020: Basis Sama, Wajah Beda, Fitur Makin Bertambah

24/01/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Komparasi Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020: Basis Sama, Wajah Beda, Fitur Makin Bertambah
Hyundai Tucson mengalami facelift signifikan di awal tahun 2020. Apa saja perbedaan antara Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020 dengan Hyundai Tucson XG CRDi 2017?

Hyundai Tucson pertama kali debut di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, dan debut versi diesel di tahun 2017. Sang medium SUV ini cukup sukses di mata konsumen di Indonesia sebagai salah satu model yang sukses dari segi penjualan, dan di sisi lain banyak menerima prestasi positif di Tanah Air.

Tampilan Hyundai Tucson 2016 di Indonesia

Sosok Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Tapi dengan masa life cycle yang sudah menginjak 4 tahun, rasanya sudah tepat jika Hyundai Tucson mengalami facelift untuk menyegarkan sosok Medium SUV. Dan per Januari 2020, PT Hyundai Mobil Indonesia merilis New Hyundai Tucson yang tersedia dalam pilihan mesin bensin dan diesel. 

Tampilan depan New Hyundai Tucson di Indonesia

New Hyundai Tucson debut di awal 2020

“New Hyundai Tucson dengan tampilan fresh ini melengkapi SUV-SUV Hyundai lainnya yang telah hadir di Indonesia dengan kualitas dan desain Hyundai global,” ujar Denny Siregar – PLT President Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

Meski berbasis sama, namun secara tampilan dan fitur yang ditawarkan jauh lebih banyak daripada edisi pra-facelift sebelumnya. Seperti apa saja bedanya? 

1. Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs New Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020: Eksterior

Eksterior kedua mobil ini memang secara visual memiliki ubahan signifikan antara versi produksi 2017 (pra-facelift) dan versi produksi 2020 (facelift). Tapi dimensi tidak ada perbedaan antara kedua versi mobil, yang berarti tetap berdimensi 4.475 mm (panjang), 1.850 mm (lebar), dan 1.665 mm (tinggi). 

Komparasi eksterior depan Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020

Perbedaan eksterior depan Hyundai Tucson XG CRDi 2017 (atas) dan Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020 (bawah)

Tapi dalam hal visual, New Hyundai Tucson GLS 2020 tampil lebih agresif berkat desain Redesigned Radiator Grille yang mendominasi fascia depan, dan secara dimensi terlihat lebih besar dibandingkan Hyundai Tucson XG CRDi 2017. Meski ada redesain dalam bentuk headlight, namun Hyundai masih setia menggunakan projector head lamps HID Xenon 4,300K dengan LED Positioning Lamp disertai teknologi Auto Light Control System. Untuk Hyundai Tucson GLS 2020 memiliki format desain LED daytime running light dan fog lamp yang berada salam satu area, berbeda dengan Hyundai Tucson XG CRDi 2017 yang memiliki desain LED Daytime Running Lights terpisah dengan fog lamp. 

>>> Review Hyundai Tucson 2020: Medium SUV Hyundai Bertambah Tampan

Komparasi eksterior samping Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020

Perbedaan eksterior samping Hyundai Tucson XG CRDi 2017 (atas) dan Hyundai Tucson GLS 2020 (bawah)

Dari sisi samping, Hyundai Tucson edisi facelift menampilkan ornamen chrome yang kental terasa di area Door Belt Line dan Door Handle. Redesain pun terjadi di sisi velg alloy 17 untuk Hyundai Tucson GLS 2020. Fitur tambahan untuk Hyundai Tucson terbaru ialah hadirnya fitur Folding mirror dengan side repeater dan puddle lamp di area kaca spion. Meski demikian, baik versi pra-facelift dan facelift dari Hyundai Tucson masih membawa bahasa desain Fluidic Sculpture 2.0.

Komparasi eksterior belakang Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020

Perbedaan eksterior belakang Hyundai Tucson XG CRDi 2017 (atas) dan Hyundai Tucson GLS 2020 (bawah)

Perbedaan signifikan baru terjadi di sisi belakang mobil. New Hyundai Tucson GLS 2020 memiliki format pintu bagasi yang lebih menarik di area plat nomor yang posisinya sejajar dengan reflektor belakang. Bentuk taillight Hyundai Tucson versi facelift juga mengalami redesain dengan format tampilan lebih pipih dan tetap mengedepankan teknologi LED. 

>>> Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017, Spesifikasi dan harganya

2. Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs New Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020: Interior

Komparasi dashboard Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020

Perbedaan dashboard Hyundai Tucson XG CRDi 2017 (atas) dan Hyundai Tucson GLS 2020 (bawah)

Konsistensi Hyundai dalam menyajikan format kabin premium tetap dibawa baik dari Hyundai Tucson XG CRDi 2017 hingga ke Hyundai Tucson GLS 2020. Memadukan detil dashboard berkelir black & beige, untuk dashboard Hyundai Tucson GLS 2020 mengalami ubahan desain di sisi dashboard atas plus kisi-kisi AC, sebagai bentuk penyesuaian terkait bentuk head unit baru berdesain "floating". Hal ini berbeda jika dibandingkan dashboard Hyundai Tucson XG CRDi 2017 yang secara desain cenderung konvensional karena posisi head unit berada di central cluster menyatu dengan bagian dashboard atas. Untuk kedua versi mobil ini sama-sama menggunakan setir berlapis kulit dan memiliki tombol multifungsi.

Komparasi jok Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020

Perbedaan jok Hyundai Tucson XG CRDi 2017 (atas) dan Hyundai Tucson GLS 2020 (bawah)

Jok Hyundai Tucson versi pra-facelift dan facelift sama-sama menganut material leather berkelir beige yang mencirikan kesan mewah. Hanya saja untuk Hyundai Tucson GLS 2020 terdapat peningkatan fitur berupa Power Seat Driver 8-Way + Lumbar Support khusus untuk jok di sisi pengemudi. 

>>> Hyundai Mobil Indonesia Segarkan New Hyundai Tucson untuk Hadapi Pasar SUV 2020

3. Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs New Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020: Fitur

Komparasi fitur Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020

Fitur New Hyundai Tucson GLS 2020

Salah satu fitur utama Hyundai Tucson GLS 2020 yang perlu diapresiasi ialah penggunaan head unit 7-inch display audio dengan support Android Autolink dan Apple Car Play. Head unit ini dibekali fitur Aux, USB, iPod dan Bluetooth.

Untuk urusan adu fitur, Hyundai Tucson versi terbaru sudah menggunakan smart key dengan immobilizer, dan terkait proses nyala-mati mesin bisa lebih mudah karena adanya Push Start Button. Hyundai juga mengedepankan fitur Rear USB Port dan Rear Air Ventilation System untuk menambah kenyamanan penumpang belakang sang medium SUV. Dan terkait kemudahan akses parkir, mobil ini dilengkapi Rear Parking Sensor dan Dynamic Guideline Camera untuk visual saat parkir.

Komparasi fitur Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Fitur Hyundai Tucson XG CRDi 2017 

Sekalipun memiliki usia lebih lama, Hyundai Tucson XG CRDi 2017 tak kalah mewah karena mengadopsi head unit 8 inci Multimedia Head Unit Monitor with GPS yang memiliki interface cukup lawas dan konvensional. Selain itu mobil ini dibekali fitur Panorama Sunroof, Power Window Control with Auto Lock Control, Follow me Home, dan Power Tail Gate untuk memudahkan proses buka tutup pintu bagasi. Sedangkan untuk memudahkan proses parkir, Hyundai Tucson XG CRDi 2017 sudah dibekali parking sensor dan Eagle Eye View untuk melihat visual mobil saat parkir dari berbagai sudut mobil.

Kedua versi Hyundai Tucson tetap menghadirkan fitur-fitur terdepan dalam hal keselamatan maupun keasyikan berkendara. Ya, kedua mobil ini sudah menggunakan struktur bodi Advanced High Strength Steels (AHSS), didukung fitur ABS + EBD, dan Dual SRS Airbag. Hanya saja Hyundai Tucson GLS 2020 memiliki fitur keselamatan aktif lebih lengkap karena adanya Down Hill Brake Control & Hill-Start Assist Control. 

>>> Klik sini untuk melihat promo saat membeli mobil Hyundai Tucson

4. Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs New Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020: Performa

Gambar menujukkan desain bagian Mesin Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Mesin Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Hyundai Tucson XG CRDi 2017 menggunakan mesin 2.0 liter 4-silinder 16 valve dengan Common Rail Direct Injecion (CRDi) dan eVGTurbo. Menghasilkan output tenaga 175 HP dan torsi 400 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi 6-percepatan otomatis Shiftronic, mobil ini dibekali 3 pilihan Drive Mode (Comfort-Sport-ECO).

area Mesin Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020

Mesin Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020

Di sisi lain, Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020 menggunakan mesin bensin 2.0 NU MPi Atkinson yang menghasilkan tenaga maksimal 154 HP dan torsi 196 Nm. Sekalipun menggunakan sistem penggerak dan transmisi seperti versi diesel, tapi fitur Drive Mode (Comfort, Sport, ECO) tetap tersedia sebagai standar.

>>> 20 Unit Hyundai Ioniq Akan Tersedia untuk Customer Grab Awal 2020

5. Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs New Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020: Harga & Kesimpulan

Hyundai Tucson XG CRDi 2017 tersedia dalam pilihan warna menarik, seperti Phantom Black, Pepper Gray, Galaxy Pearl, dan Pure White. Mobil ini tersedia dalam kondisi bekas di kisaran harga Rp325 jutaan sampai Rp400 jutaan. 

Sedangkan terkait New Hyundai Tucson GLS 2020 bermesin bensin, edisi facelift dari Hyundai Tucson ini dibanderol secara on-the-road di kisaran harga Rp464 jutaan. Tersedia pilihan warna Phantom Black,Platinum Silver,Pepper Grey dan White Cream untuk versi facelift Tucson terbaru ini

Komparasi final Hyundai Tucson XG CRDi 2017 vs Hyundai Tucson Gasoline GLS 2020

Manakah yang terbaik antara Hyundai Tucson XG CRDi 2017 (atas) atau Hyundai Tucson GLS 2020​​​​​​​ (bawah)?

Lalu apakah perubahan yang dimilik Newi Hyundai Tucson GLS 2020 sudah sepadan dengan harganya, jika dikomparasi dengan versi pra-facelift. Secara garis besar peningkatan yang dibawa Hyundai saat ini sukses memperpanjang masa bakti sang medium SUV. Meskipun ada beberapa fitur yang absen dari versi pra-facelift, namun Hyundai Tucson versi facelift kali ini sukses menempatkan dirinya sebagai pilihan terbaik untuk mengisi celah pasar Hyundai Kona dan Hyundai Santa Fe.

>>> Klik di sini untuk update berita terkini otomotif

Share this post:

Berita lain

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017

08/05/2019

Editor rate:

Setelah dua tahun bersaing di segmen medium SUV Indonesia, akankah Hyundai Tucson XG CRDi 2017 masih jadi pilihan tepat mobil SUV di tahun 2019?

Lihat juga

Review Hyundai Tucson 2019

23/11/2018

Editor rate:

Perusahaan berdarah Korea Selatan yakni Hyundai, baru-baru ini meluncurkan Tucson 2019. Beberapa pembaruan dalam mode Facelift dilakukan dalam rangka menyegarkan eksistensinya di pasar internasional. Beberapa teknologi serta fitur keselamatan terbaru telah disiapkan. Kira-kira apa saja pembaruannya? Mari kita intip bersama dalam review Hyundai Tucson 2019.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Alternatif SUV Kompak Dengan Harga Terjangkau

12/12/2019

Editor rate:

Kehadiran Hyundai Tucson mampu memberikan warna baru di segmen SUV kompak Indonesia. Simaklah review Hyundai Tucson GLS 2012 yang kami hadirkan berikut ini.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson GLS 2005: SUV Enak Dengan Harga Bekas Kini Rp 60 Jutaan

05/10/2019

Editor rate:

Inilah SUV yang cukup diperhitungkan merek lain asal Jepang. Kehadirannya mampu mencuri perhatian dengan bentuk tak lazim plus transmisi otomatis shifttronic. Lantas, dengan harga bekasnya yang kini hanya Rp 60 jutaan, layakkah ia untuk dimiliki?

Lihat juga

Hyundai Mobil Indonesia Segarkan New Hyundai Tucson untuk Hadapi Pasar SUV 2020

23/01/2020

Mobil baru

3 menit

PT Hyundai Mobil Indonesia menghadapi pasar SUV Tanah Air 2020 dengan memperkenalkan wajah baru New Hyundai Tucson yang lebih segar.

Lihat juga