Ini Dia Rolls-Royce Phantom Electric Pertama di Dunia

24/08/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Ini Dia Rolls-Royce Phantom Electric Pertama di Dunia
Rolls Royce Phantom electric pertama berhasil diciptakan oleh Lunaz, perusahaan yang mengubah sedan berkelas kerajaan Inggris itu menjadi kendaraan bertenaga listrik.

Era elektrifikasi kendaraan bermotor kini sudah merasuki hampir setiap produsen otomotif. Mungkin diantara ratusan produsen otomotif di seluruh dunia, Rolls Royce adalah satu diantaranya yang belum memiliki lineup mobil listrik maupun hybrid.

Namun jangan bicarakan hal ini dengan pihak Lunaz. Karena perusahaan tersebut sudah mampu menyulap Rolls Royce Phantom V lansiran 1961 menjadi kendaraan Rolls Royce bermesin listrik pertama di dunia.

Juru Bicara perusahaan yang berbasis di Inggris ini menjelaskan, untuk bisa menciptakan Rolls Royce Phantom electric tersebut, mereka harus melakukan restorasi ulang.

"Konversi dilakukan dengan melakukan restorasi dari awal bukan sekedar menukar mesin dengan sumber tenaga listrik," tulis Topspeed yang dikutip Cintamobil.com, Senin (24/08/2020).

>>> Rolls-Royce Cullinan Antar Rolls-Royce Pecahkan Rekor Penjualan Sepanjang Sejarah

Tampilan Rolls Royce Phantom Electric Ini Tetap Klasik

Electric Rolls Royce Phantom V

Tampilan eksteriornya dibiarkan terlihat klasik

Untuk tahap awal, mobil ini dipindai secara 3 dimensi untuk ditimbang bobotnya. Kemudian seluruh bagian mobil direstorasi ulang sebelum proses konversi dimulai. Dari luar tidak ada perubahan yang dilakukan Lunaz, termasuk tidak mengubah setiap lengkung sudut mobil dan juga penggunaan velg dan ban sesuai aslinya.

Selain tetap mempertahankan aura klasik pada sisi eksterior, bagain kabin mobil ini pun juga masih tetap ada nuansa vintage. Misalnya jok dibiarkan berkonfigurasi tiga penumpang di depan, tiga di belakang, dan dua pada jump seats di bagian paling belakang. Lunaz pun memberikan padanan warna yang klasik warna Argent Grey agar selara dengan tema eksterior. Kemudian lantai juga dilapis wol Alpaca yang kabarnya lebih lembut dari milik Rolls Ryce Culinan.

Detil klasik lainnya yang ada pada mobil ini antara lain telepon yang menggunakan tema pink, aksen kayu dengan tatahan rose gold, dan juga sistem pemisah antara ruang pengemudi dan penumpang belakang. Hal ini sebagai privasi antara penumpang dengan sopir.

>>> Porsche Tawarkan Head Unit Untuk Line-up Klasik, Kini dalam Dua Ukuran

Baterainya Bisa Dipakai Melaju Sejauh Hampir 500 Km dalam Sekali Charging

Lunaz Electric Rolls Royce Phantom V

Menggunakan baterai berkekuatan 120 kWh

>>> Review Rolls-Royce Silver Shadow II 1983: Langkah Sang Rolls-Royce Menuju Modernitas

Meski tampak begitu klasik, namun Rolls Royce Phantom listrik ini sudah dibekali berbagai repangkat teknologi modern. Diantaranya sistem infotainment lengkap dengan navigasi di bagian depan. Kemudian untuk penumpang belakang sudah ada layar hiburan terpisah. Lalu sistem audio yang ada pada mobil ini juga bisa dipisahkan antara kompartemen depan serta belakang. Serta padak onsol tengah jok belakang ada tempat untuk menampung minuman.

Tentu aja teknologi yang paling menarik adalah sumber tenaga dari Phantom electric ini. Karena oleh Lunaz, sedan mewah itu sudah menggunakan baterai 120 kWh yang sanggup membawa mobil tersebut melaju hingga 482 kilometer dalam sekali isi daya.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Jangan Salah, Rolls-Royce Cullinan Juga Bisa Drifting Loh

28/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Rolls-Royce Cullinan adalah sebuah Ultra-SUV asal Inggris yang terkenal dengan kenyamanan dan kemewahannya. Mobil ini memang punya mesin dengan tenaga serta torsi cukup besar, tapi apa cukup untuk melakukan drifting?

Lihat juga

Rolls-Royce Phantom Melompat Ke “Lubang Kematian”

09/10/2017

Pasar mobil

Pada tanggal 1 Oktober yang lalu, sebuah mobil Rolls-Royce Phantom sudah termasuk ke lubang di tengah jalan tapi untungnya tidak ada korban jiwa.

Lihat juga

Lucid Air, Mobil Listrik dengan Kemampuan Pengisian Daya Tercepat di Dunia

22/08/2020

Mobil baru

5 menit

Lucid Air bukan hanya akan menjadi mobil listrik dengan kemampuan daya jelajah hingga lebih dari 800 km, tapi juga memiliki kemampuan pengisian daya tercepat.

Lihat juga

Sejarah Mobil Listrik Nasional: 4 Model Prototipe Karya Anak Bangsa

21/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Selain mobil bermesin konvensional, tangan-tangan terampil dalam negeri turut mengembangkan 5 prototipe yang menjadi bagian dari sejarah mobil listrik nasional.

Lihat juga

Chevrolet E-10 Concept, Wajah Klasik Bermesin Elektrik

08/11/2019

Mobil baru

5 menit

Chevrolet E-10 Concept merupakan mobil konsep terbaru dari Chevrolet yang ditampilkan di SEMA 2019. Desainnya seperti pickup hotrod namun menggunakan mesin elektrik.

Lihat juga
 
back to top