Ini Perbedaan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport dengan Tipe Legender

30/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Beberapa minggu setelah Toyota Indonesia meluncurkan versi GR Sport untuk Toyota Fortuner, Toyota Thailand ikut meluncurkan versi GR Sport Fortuner Legender.

Toyota Fortuner GR Sport versi Indonesia dan Thailand ternyata memiliki banyak perbedaan. Sebagai permulaan, Fortuner GR Sport di Tanah Air masih menggunakan mesin 2GD-FTV 2,4 Liter dari tipe diesel standar. Sedangkan versi Thailand menggunakan mesin 1GD-FTV 2,8 Liter yang digunakan oleh Fortuner Legender.

Sama seperti trim GR Sport di Indonesia, Toyota Fortuner 2.8 GR Sport di Thailand juga dibekali dengan peningkatan kosmetik lewat penggunaan body kit dan penyematan emblem GR Sport. Namun, ada beberapa peningkatan lain yang membedakannya dengan Legender.

Gambar Toyota Fortuner Legender

Tipe Legender awalnya dibuat untuk menggantikan TRD Sportivo yang dipensiunkan

Body Kit dan Kaki-kaki Lebih Sporty

Toyota Fortuner 2.8 GR Sport menggunakan bumper depan yang lebih besar, sisipan berbentuk L di bemper belakang, dan velg 20 inci berwarna hitam. Tak hanya itu, mobil ini dibekali dengan kaliper rem berwarna merah dengan tulisan GR Sport serta suspensi dengan karakter yang lebih sporty.

>>> Menakar Persaingan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport di Indonesia

Gambar Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Sama seperti saudaranya di Indonesia, inti dari GR Sport adalah kosmetik yang lebih sporty dari tipe standarnya (Legender)

Tak hanya itu, di bagian dalam mobil juga Anda akan menemukan emblem GR Sport seperti pada sandaran kepala, bagian bawah setir, dan tombol start/stop. Mobil ini juga dibekali dengan konsol tengah dengan aksen serat karbon, kursi depan yang lebih sporty, dan pedal dengan desain berlubang bak mobil balap.

Adakah Fitur Yang Berbeda?

Perlu diingat bahwa Toyota Fortuner Legender sendiri awalnya didapuk sebagai pengganti TRD Sportivo sebagai tipe tertinggi di Thailand sebelum Toyota memutuskan untuk mengembalikan peningkatan kosmetik mobil dengan nama GR Sport.

Jadi, fitur-fitur yang tersemat sudah sangat lengkap dan sulit rasanya untuk menemukan fitur yang perlu ditambahkan saat versi baru ini diluncurkan.

Gambar Interior Fortuner 2.8 GR sport

Tampilan interior Fortuner 2.8 GR Sport

Baik tipe 2.8 GR Sport dan Legender 4WD sama-sama memiliki paket fitur keselamatan TSS (Toyota Safety Sense) yang meliputi Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Dynamic Radar Cruise Control, Blind Spot monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

>>> Toyota Hilux Revo GR Sport 2022, saat Mobil Pekerja Sejati Naik Kasta

Fitur lain di Legender 4WD seperti sistem audio JBL 11-speaker, layar infotainment 9 inci, power-adjustable front seat, Sport drive mode, automatic air-conditioning system di depan dan belakang, serta powered tailgate juga dipertahankan untuk Toyota Fortuner GR Sport.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top