Menakar Persaingan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport di Indonesia

27/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Baru-baru ini, Toyota Fortuner 2.8 GR Sport resmi diperkenalkan di Thailand. Rumornya, PT Toyota Astra Motor tertarik untuk meluncurkan mobil ini di Indonesia.

Toyota Motor Thailand Company Limited baru saja meluncurkan Fortuner GR Sport 2021. Meski memiliki nama yang sama dengan saudaranya di Indonesia, ada perbedaan besar yang membuat mobil ini cukup spesial.

Jika di Indonesia tipe GR Sport memiliki arti tambahan kosmetik dan beberapa fitur baru, Toyota Fortuner GR Sport di Thailand menawarkan nuansa sporty yang lebih nyata. Yaitu dengan penggunaan mesin 2.800 cc 1GD-FTV yang diambil dari Fortuner Legender. Tak hanya itu, mobil ini juga hanya diluncurkan dalam varian 4x4.

Gambar Toyota Fortuner GR Sport Thailand

Beda tampilan, beda mesin, beda fitur, mobil ini jelas lebih superior dibanding Toyota Fortuner GR Sport Indonesia

Belum lama ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) mematenkan emblem 2.8 yang menjadi sinyal kemungkinan peluncuran mobil yang sama di Indonesia. Pasalnya, belum ada mobil baru Toyota yang menggunakan mesin 2.800 cc, dan kandidat terbesarnya adalah Toyota Fortuner.

>>> Perbedaan Toyota Fortuner GR Sport di Thailand dan Indonesia

Siapa Rivalnya?

Jika memang Toyota Fortuner 2.8 GR Sport diluncurkan di Tanah Air, sebenarnya mobil ini akan melenggang begitu saja tanpa rival yang berarti. Karena, Big SUV terakhir dengan mesin diesel 2.800 cc adalah Chevrolet Trailblazer yang tak lagi dipasarkan saat ini.

Praktis, Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 menjadi satu-satunya rival yang sebanding dengan mobil ini. Namun, dengan apa yang ditawarkan Fortuner 2.8 GR Sport, kami tak akan heran jika mobil ini akan bersentuhan dengan Hyundai Palisade Signature AWD yang secara kelas ada di atasnya.

Gambar Pajero Sport Dakar Ultimate

Di luar selera dan harga yang lebih terjangkau, kami tidak melihat kelebihan Pajero Sport dibanding Fortuner 2.8

Mari kita bandingkan ke faktor besar yang menjadi pembeda Fortuner asal negeri gajah putih ini dengan Fortuner di Indonesia, mesinnya. Mesin 1GD-FTV memiliki tenaga 202,5 HP dengan torsi 500 Nm.

Sedangkan mesin 4N15 2,4 Liter dengan VGT dan Intercooler milik Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 'hanya' menghasilkan tenaga 178,5 HP dengan torsi 430 Nm. Di sisi lain, mesin R II CRDi 2,2 Liter dari Hyundai Palisade Signature AWD mampu menghasilkan tenaga 197 HP dengan torsi 441 Nm.

>>> Nissan Terra Facelift Debut di Thailand, Bakal Masuk Indonesia Juga?

Artinya, kedua mobil tersebut harusnya bisa dikalahkan dengan cukup mudah oleh Toyota Fortuner 2.8 GR Sport. Anda mendapatkan bobot yang serupa dengan Pajero Sport, namun dengan tenaga yang bahkan lebih besar dari Palisade.

Gambar Hyundai Palisade Signature

Dari segi performa, fitur, dan harga, justru Palisade lebih mendekati sebagai rival meski kelasnya berada di atas

Perlu diingat bahwa Hyundai Palisade memiliki kelas di atas Fortuner dan menawarkan kelegaan serta kenyamanan kabin yang lebih baik. Meski begitu, Fortuner 2.8 GR Sport yang dibekali dengan TSS (Toyota Safety Sense) seharusnya bisa bersaing dengan deretan fitur yang ditawarkan oleh Palisade.

Sebentar, kami melupakan Nissan Terra 4x4 yang dibekali mesin YD25DDTi berkapasitas 2,5 Liter paling bertenaga di kelasnya. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 190 HP dengan torsi 450 Nm. Cukup mendekati performa Fortuner 2.8 dengan harga yang tentunya di bawah Palisade.

Gambar Nissan Terra 4x4

Soal performa, Nissan Terra sebenarnya lebih baik dibanding rival sekelasnya meski kalah populer

Apakah Fortuner 2.8 Punya Peluang Untuk Sukses di Indonesia?

Kami tidak pernah meragukan kemampuan konsumen Indonesia untuk menginginkan mobil baru yang sebenarnya di luar rasionalitas. Mengemban nama besar Toyota Fortuner, seharusnya mobil ini akan diminati bagi penggemar SUV (dan merek Toyota tentunya) yang memiliki kantong cukup tebal.

Dengan startegi marketing dan kuota yang tepat, kami rasa Toyota Fortuner 2.8 GR Sport bisa dijual dengan baik. Bayangkan, hatchback Toyota yang harganya hampir menyentuh Rp 1 miliar saja bisa ludes dengan cepat bak kacang goreng.

>>> Masih Pre Order, Toyota GR Yaris Sudah Laku 6.000 Unit

Gambar Toyota GR Yaris

Kalau TAM bisa menjual GR Yaris dengan mudah, kenapa tidak mencoba 'tantangan' untuk menjual Fortuner di atas Rp 800 juta?

SUV ini dibanderol 1.879.000 Baht atau setara Rp 809 jutaan di Thailand. Sementara Fortuner GR Sport di Indonesia harganya 'cuma' Rp 605 jutaan itupun model yang paling mahal.

Bagaimana dengan harga Pajero di Thailand? Pajero Sport 2.4D GT-Premium 4WD yang jadi tipe tertinggi dibanderol 1.633.000 Baht atau setara Rp 721,8 juta. Sedangkan Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 di Indonesia dibanderol Rp 738,7 juta.

Dengan perbandingan tersebut, kami berasumsi jika Fortuner 2.8 GR Sport diluncurkan di Indonesia seharusnya dibanderol di kisaran Rp 810 atau 820 jutaan. Tentu lebih murah dibanding Hyundai Palisade Signature AWD yang menyentuh Rp 1 miliar.

Gambar Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Jika Anda tertarik membeli mobil ini saat diluncurkan di Indonesia, pilih warna merah

Kami rasa TAM bisa menjual mobil ini dengan cukup baik di Tanah Air. Apalagi dengan segala perbedaan dan keunggulan yang ditawarkan jika dibanding saudaranya sendiri, atau rival-rival terdekatnya.

>>> Harga Setara, Pilih Nissan Terra atau Toyota Fortuner GR Sport

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top