Ini Isuzu Traga Blind Van, Mobil untuk Antar Barang yang Irit BBM

21/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Isuzu baru saja menghadirkan Traga versi blind van. Traga Blind Van dihadirkan untuk mengakomodir tingginya angka jasa pengiriman barang dari e-commerce.

Pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhir ini membuat sejumlah kebiasaan berubah. Paling terlihat adalah meningkatnya aktivitas jual beli yang dilakukan secara online. Di Indonesia, penjualan lewat e-commerce menjadi yang tertinggi bahkan mencapai 88,1% atau 9 dari 10 orang belanja secara online. 

Meningkatnya aktivitas jual beli secara online ini tentu berpengaruh juga terhadap kegiatan pengiriman barang. Namun dengan adanya sejumlah pembatasan, aktivitas pengiriman barang jadi bisa terhambat.

Isuzu Traga Blind Van

Traga Blind Van dihadirkan sebagai kendaraan ekspedisi untuk menjawab sejumlah pembatasan di jalan

>>> Isuzu 'Nyaman' Dengan Posisi Traga

Isuzu Traga Blind Van Bakal Gesit nan Lincah

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tampak melihat peluang di situ. Oleh karena itu, Isuzu menghadirkan mobil niaga guna menunjang aktivitas pengiriman tanpa khawatir dengan adanya pembatasan lewat Isuzu Traga Blind Van

"Sayangnya di kota besar banyak pembatasan, jalur, tinggi kendaraan atas dasar itu maka kita mengeluarkan Isuzu Traga Blind Van untuk menjawab tantangan dan juga menghindari batasan-batasan tadi," ungkap Marketing Division Head IAMI Attias Asril dalam sesi peluncuran yang dilakukan secara virtual, Kamis (21/10/2021). 

Mobil berbasis medium pick-up ini memang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga ada beberapa penyesuaian yang dilakukan. Traga Blind Van yang memiliki tinggi keseluruhan 2,050 mm ini dirancang untuk penggunaan didalam kota, sehingga dapat melewati jalan-jalan dengan batas ketinggian maksimum 2,1 m. Selain itu, radius putar yang minimum 4,5 m ini memudahkan saat bermanuver, khususnya dijalan sempit. 

Isuzu Traga Blind Van

Tingginya dibuat kurang dari 2.100 mm

"Basicnya medium pickup jadi dia punya dimensi yang lebih panjang sehingga yang kita harapkan kargo bisa maksimal. Kemudian ini sengaja kita desain kurang dari 2.100 mm harapannya bisa masuk tol dan kalau ke mal-mal bisa ke parkiran seperti biasa terus ada beberapa jalan yang juga mengatur tinggi ini bisa efektif lah," ungkap Product Marketing CV & LCV Manager, PT IAMI Arvin P Sumbung dalam kesempatan yang sama. 

Dengan dimensi panjang cargo 2,9 m, lebar 1,52 m dan tinggi 1,2 m, Traga Blind Van memiliki kapasitas cargo terluas dikelasnya, dengan volume 5,2 m3 mampu mengangkut barang lebih banyak sehingga lebih menguntungkan dan menghemat biaya operasional proses pengiriman.

Isuzu Traga Blind Van

Lebar pintu berukuran 1 meter untuk memudahkan pengambilan barang

>>> Isuzu Indonesia Bocorkan Fitur Isuzu MU-X 2022

Bakal Ada Traga Versi Minibus

Untuk memudahkan akses keluar masuknya barang, Traga Blind Van memiliki 2 pintu, yaitu pintu samping (Swing Door) dengan lebar 1 m untuk barang-barang yang kecil dan pintu belakang untuk barang yang lebih besar.

Isuzu Traga Blind Van

Mesin yang diusung Traga diklaim irit

Isuzu Traga menggendong mesin diesel 4JA1-L dengan kapasitas 2.500 cc yang diklaim irit dan bakal menguntungkan para pengusaha ekspedisi. Saat ini Traga Blind Van digarap oleh Isuzu bersama dengan perusahaan karoseri. Meski dikerjakan oleh karoseri Isuzu tetap memberikan garansi pada Traga Blind Van.

Sayang soal harga, Isuzu baru akan mengumumkannya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 11-21 November 2021. Petualangan Traga tak berhenti sampai di sini. Isuzu mengakui bahwa Traga juga akan dikembangkan sebagai kendaraan minibus ke depannya. 

>>> Isuzu Sudah Siap Hadapi Regulasi Euro 4

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top