Isuzu 'Nyaman' Dengan Posisi Traga

25/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) cukup nyaman dengan posisi Isuzu Traga saat ini, bahkan mereka belum ada niatan untuk mengubah apapun pada mobil niaga ini

Bisa dibilang PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) saat ini cukup nyaman dengan posisi Isuzu Traga di pasar mobil niaga. Sebab, Traga diterima pasar dengan sangat baik dan kini menjelma menjadi 'tulang punggung' PT IAMI.

Usia Jalan 4 Tahun

Sejak peluncurannya pada tahun 2018 silam, Traga usianya kini sudah berjalan 4 tahun. PT IAMI juga belum ada niatan untuk mengubah apapun yang ada pada mobil niaga ini, bahkan tak berniat untuk sekadar menambah varian.

Isuzu Traga Test Drive

Tak terasa, usia Traga sudah berjalan 4 tahun, sehingga belum ada rencana penyegaran

Hal ini ditegaskan oleh pihak Isuzu Indonesia, "Kalau (tambahan) tipe mungkin belum, tapi kita akan mulai menambah jenis-jenis aplikasinya (variasi)," ujar Attias Asril, Marketing Division Head, PT Isuzu Astra Motor Indonesia di acara NGOVSAN (Ngobrol Virtual Santai) yang diselenggarakan oleh FORWOT (Forum Wartawan Otomotif).

Ekspor Isuzu Traga

Next market untuk Traga adalah melakukan expor ke Myanmar dan Laos

Pria yang akrab disapa Aat ini juga menambahkan, penambahan variasi itu, "Misal dengan boks, kita juga mau membuat yang Blind Van, tapi basisnya tetap dari traga yang sekarang ini, jenis penggunaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar," jelas Aat dikutip Cintamobil.com.

>>> Banjir Peminat, Isuzu Segera Tambah Varian Isuzu Traga

Penjualan Masih Baik

Penerimaan konsumen akan produk Traga ini juga masih demikian baik, bahkan permintaannya naik secara signifikan. Hal itu ditunjukkan dari data presentasi yang dibagikan oleh PT IAMI pada saat acara NGOVSAN kemarin (24/8).

Isuzu Traga Bengkel Isuzu Berjalan

Penjualan masih baik, jadi 'bukti' riset IAMI akan sebuah kendaraan komersial berhasil

Data penjualan Traga adalah YTD (Year To Date) Juli 2021 ada growth (peningkatan) sebesar 111,6% dengan total 815 dengan market share 29,9%. Meski demikian, hal ini diakui Isuzu masih belum mencapai target yang dipatok 35% market share dengan kuantias 12.880 unit.

>>> 5 Keunggulan Isuzu Traga Ini Membuatnya Laris Manis Kala New Normal

Tentang Traga

Isuzu Traga diluncurkan tahun 2018 sebagai ‘pengganti’ Isuzu Bison yang tidak lagi dipertahankan karena penjualannya biasa-biasa saja. Bison kalah pamor dengan kembarannya si Mitsubishi L300 yang terus laris dan mencatatkan penjualan tinggi.

Promo Isuzu Traga

Traga 'nyaris' melenggang sendirian di kelasnya

Sebagai pengganti model lama, tentu Traga dibekali sejumlah keunggulan. Mesin Traga jadi salah satunya, selain bertenaga ia juga irit BBM karena menggunakan mesin berkode 4JA1-L, berkapasitas 2500 cc yang legendaris. Mesin ini bertenaga 80 HP dan menghasilkan torsi 192 NM.

>>> Review Isuzu Bison 2010: Embrio Kesuksesan Isuzu Traga

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top